logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Meningkatkan sinyal modem Internet

Meningkatkan sinyal modem Internet

Sampurasun... Rampes.. Mamang sekarang tidak  jengkel  lagi mau berinternetan atau akses ke blog langsung ciuuus dengan sinyal 3G  full...  

Stabil dan tidak lelet lagi mungkin sudah pada tahu ya, ya sudah ini untuk yang belum tahu saja tentang bagai mana cara atau trik  Meningkatkan sinyal modem Internet 3G sehingga akses internet kita lebih stabil, hehehe  mungkin bagi anda ini lucu sekali karena di jaman sekarang BTS tersebar dimana – mana, tapi lain halnya dengan di tempat Mamang yang tinggal di kampung yang jauh ke BTS, Ini juga mamang di kasih tahu sama teman yang mengerti tentang elektro.


Meningkatkan sinyal modem Internet
Modem saya.

Tadinya Mamang juga selalu dibuat jengkel karena sinyal HSDPA dari operator yang Mamang pakai selalu timbul tenggelam dan  bahkan menghilang..mungkin karena jauh dari BTSnya.sehingga internet sering lambat atau sering putus.


Saat ini masalah itu sudah tidak terjadi lagi karena sinyal HSDPAnya selalu` full  walaupun Mang berada di ruangan yang tertutup  tembok atau di ruangan yang biasanya tidak mendapat sinyal

Yang Mamang lakukan adalah menempatkan modem jauh di atas, di daerah yang lebih terbuka yaitu di luar rumah, di atap lantai dua untuk menjadikan sinyal yang tertangkap  kuat dan stabil, tidak timbul tenggelam lagi.


Cara yang digunakan adalah memperpanjang kabel USB modemnya. hingga 10(sepuluh )meter  (standarnya 1 atau 1,5 meter), ini memang melawan teori yang katanya kabel USB itu maksimal panjangnya sekitar 5 meter. tapi kenyataannya panjangnya ditambah ..BISA. Mungkin ini akan tergantung dari jenis kabel yang digunakan, merk/jenis modem, dan kekuatan power port usb komputernya.

Modem yang saya gunakan adalah Huawei E153 dan kartu Perdana Tri

Bagaimana cara menyambungnya?, jenis kabel apa yang digunakan?

1. Siapkan kabel USB standar (kabel USB ke modem) yang berkualitas baik. 


2. Kalau mamang pakai  kabel telepon dengan memiliki 4 kabel dengan panjang 12 m  tapi belum tentu cocok dengan modem anda, nantinya panjangnya mungkin harus  dikurangi
peralatan  untuk penyambungan : Solder, timah, isolasi, gunting / tang pemotong
 
Cara pengerjaannya:

1. Potong (bagi dua) kabel USB modem, kemudian kupas masing- masing ujungnya.
    Kabel USB di dalamnya memiliki 4 kabel.


2. Siapkan kabel Telepon atau kabel yang memiliki 4 kabel ( lupa Nama ), kupas kedua ujungnya..
3. Sambungkan kabel USB dengan kabel “lupa Nama” , perhatikan warna kabel agar jangan  sampai tertukar, solderlah setiap sambungan kemudian beri isolasi

Memilih dan menentukan warna kabel  bebas, yang penting warna kabel USB di ujung yang satu harus bertemu kembali dengan warna yang sama di ujung yang lain,  kabel USB warna merah harus bertemu kembali dengan kabel berwarna merah , hitam harus bertemu hitam dan seterusnya .. tidak boleh tertukar .. kalau tidak, bisa bisa modem atau port USBnya malah rusak..

4. Agar sambungan antar kabel kuat dan koneksinya bagus, solderlah dengan baik kemudian beri isolasi untuk mencegah konsleting.

5. Periksalah sekali lagi, kalau sudah yakin sambungannya benar, baru bisa dicoba, kalau belum yakin jangan dicoba-coba.  kalau masih belum mengerti coba tanyakan atau minta bantuan ke teman yang mengerti tentang elektronik.

6. kalau sudah benar-benar yakin, silakan coba , nyalakan komputer dan sambungkan modemnya, kalau modem sudah terdeteksi oleh komputer berarti tinggal menempatkan modem di area yang paling bagus untuk menerima sinyal. Bila belum terdeteksi  berarti kabelnya harus dibuat lebih pendek lagi..

7. Setelah modem terbukti berfungsi, kemudian tempatkan modem di daerah yang sekiranya sinyal dari operatornya paling kuat.
Yang harus diperhatikan :
-   Hati-hati terhadap bahaya petir, kalau sudah cuaca mendung dan kita tidak yakin dengan penangkal petir gedung / rumah kita.. lebih baik turunkan saja. Tempatkan di area yang tidak mendapat sinar matahari langsung. Hati-hati  juga terhadap hujan.. kalau kena air hujan ya berakhirlah...

 Nah segitu tips Meningkatkan sinyal modem Internet semoga bermanpaat..... 
Selamat menikmati 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

23 komentar

infonya mang yono bermanfaat mang, mang yono memang kreatif memanfaatkan kabel telpon untuk memperpanjang kabel usb,
besok2 tak cari kabel telpon depan rumah ah biar bisa panjang kabel usb ku, sinyal jadi kuaaaaaaat dan greng
hehehe

Balas

ya mas Agus memanpaatkan kabel telpon sisa proyek heeheh daripada di buang kan sayang .... tadinya mamang juga mau bikin yang panjang 20 meter tapi kepanjangan tidak terdeteksi setelah di potong jadi 12 meter jadi jreng..... tapi kalau hujan di turunin saja ya mas

Balas

Wah bisa saya tiru nih tips nya, kadang2 saya juga mengalami sinyal lelet mang, mksh tips nya yah?

Balas

iya mbak indah , boleh dicoba, mang juga sebelum pakai cara ini sinyalnya timbul tenggelam, mau buka blog saja harus nunggu bermenit menit hehehe..... sama - sama mbak

Balas

kalau hujan nanti modemnya basah kuyup, atau bisa di sembunyikan di bawah teduhan apa gitu mang,

Balas

kalau punya mamang di tempel di plapon Beranda lantai dua jadi ndak kehujanan... bisa juga pemasangan modem menggunakan katrol supaya bisa di turun naikan.. tapi tinggi 3 meter juga bagus bisa di pasang di emperan plapon rumah..

Balas

bisa ditiru nih, ditempatku sinyalnya cuma satu, aku pakai modem smarfren bisa apa tidak

Balas

kayak ngerek burung perkutut aja mang

Balas

heheh kan biar praktis mas... kalau terjadi hujan tingal cepet2 diturunin hehehe

Balas

silahkan... bisa mbak, yang mobi juga bisa ... temen saya juga pakai mobi CDMA malah lebih panjang kabelnya

Balas

Wah kreatif juga euy si mang Yono,kalau saya pake WIFI eh disambar petir jadi 36 jam saya tidak dapat melayang di dunia lain hehe,,ini barusaja selesai perbaikan langsung terbang dech hehehe

Balas

heheheh demi dunia lain kang ..mang juga kalau Guguludugan ya langsung off internetan pernah sih kena petir tapi kena ke antene Tv karena lebih tinggi sampai intalasi listrik hangus semua.. makanya mang wanti - wanti kepada yang mau coba cara ini kalau ada petir jangan ke dunia lain heheeheh

Balas

wAHHH mamang antena modem saya tinggginya melebihi tiyang listrik kwkwkwk..jadi atutt..sarannya pokoknya kalau ada hujan jangan kedunia lain gitu ya??? misal ni kita lagi nggak konek dng internet tapi antena tetep kesamber petir apa akan terjadi masalah besar* Ya Allah lindungilah Antena Modem saya dari sambaran petir *memohon dengan sangat

Balas

wah lebih tinggi yah... kalau hujan sih boleh tapi kalau ada petir mendingan turun dari udara aja hehhehe... kalau antenandak konek kemungkinan kecil kena petir... amiin

Balas

modem ane selalu full signal. tapi koneknya agak lambat. mungkin masalah pada provider yang ane pake :D

Balas

wah mamang kurang mengerti masalah itu mas... cuma ini yang mamang ngerti mah ini juga di kasih tau sama teman yang mengerti elektro

Balas

di daerahku bbrp provider sinyalnya sukup kenceng. jadi cukup dgn modem tanpa dimodifikasi. btw tips nya bermanfaat.
folbek ya ?

Balas

wah bagus sekali sobat.... di tempat mamang baru pemasangan tiga BTS yang di perkirakan rampung satu bulan lagi.... jadi harus nunggu satu bulan lagi hehe... terimakasih ... oke

Balas

nyampe berapaan kecepatannya om :D
btw mantap om :D

Balas

sampai wuuuus HSDPA : 2100 MHz (IIIII)...... terimakasih kunjungannya

Balas

nama kabelnya klw ndak salah dropwire ada juga kabel telp yg isi 4 namanya Kabel 2Mb atau kabel E1.
klw pakai kabel 2Mb pakai merk siemens yg bagus, tembaganya lunak dan tidak mudah putus. dan malah ada grounding nya

Balas

wah malah mbak indah yang tau namanya..... mamang malah ndak tau namanya maklum ndak beli, sisa proyek heheheh

Balas

wahhh saya sekarang ada angin aja langsung turun dari dunia ini hihihi..makasih mang..jadi lebih ati2..sebelumya hujan badaipun masih lanjut aja hehehe

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger