Meningkatkan sinyal modem Internet

Meningkatkan sinyal modem Internet

Sampurasun... Rampes.. Mamang sekarang tidak  jengkel  lagi mau berinternetan atau akses ke blog langsung ciuuus dengan sinyal 3G  full...  

Stabil dan tidak lelet lagi mungkin sudah pada tahu ya, ya sudah ini untuk yang belum tahu saja tentang bagai mana cara atau trik  Meningkatkan sinyal modem Internet 3G sehingga akses internet kita lebih stabil, hehehe  mungkin bagi anda ini lucu sekali karena di jaman sekarang BTS tersebar dimana – mana, tapi lain halnya dengan di tempat Mamang yang tinggal di kampung yang jauh ke BTS, Ini juga mamang di kasih tahu sama teman yang mengerti tentang elektro.


Meningkatkan sinyal modem Internet
Modem saya.

Tadinya Mamang juga selalu dibuat jengkel karena sinyal HSDPA dari operator yang Mamang pakai selalu timbul tenggelam dan  bahkan menghilang..mungkin karena jauh dari BTSnya.sehingga internet sering lambat atau sering putus.


Saat ini masalah itu sudah tidak terjadi lagi karena sinyal HSDPAnya selalu` full  walaupun Mang berada di ruangan yang tertutup  tembok atau di ruangan yang biasanya tidak mendapat sinyal

Yang Mamang lakukan adalah menempatkan modem jauh di atas, di daerah yang lebih terbuka yaitu di luar rumah, di atap lantai dua untuk menjadikan sinyal yang tertangkap  kuat dan stabil, tidak timbul tenggelam lagi.


Cara yang digunakan adalah memperpanjang kabel USB modemnya. hingga 10(sepuluh )meter  (standarnya 1 atau 1,5 meter), ini memang melawan teori yang katanya kabel USB itu maksimal panjangnya sekitar 5 meter. tapi kenyataannya panjangnya ditambah ..BISA. Mungkin ini akan tergantung dari jenis kabel yang digunakan, merk/jenis modem, dan kekuatan power port usb komputernya.

Modem yang saya gunakan adalah Huawei E153 dan kartu Perdana Tri

Bagaimana cara menyambungnya?, jenis kabel apa yang digunakan?

1. Siapkan kabel USB standar (kabel USB ke modem) yang berkualitas baik. 


2. Kalau mamang pakai  kabel telepon dengan memiliki 4 kabel dengan panjang 12 m  tapi belum tentu cocok dengan modem anda, nantinya panjangnya mungkin harus  dikurangi
peralatan  untuk penyambungan : Solder, timah, isolasi, gunting / tang pemotong
 
Cara pengerjaannya:

1. Potong (bagi dua) kabel USB modem, kemudian kupas masing- masing ujungnya.
    Kabel USB di dalamnya memiliki 4 kabel.


2. Siapkan kabel Telepon atau kabel yang memiliki 4 kabel ( lupa Nama ), kupas kedua ujungnya..
3. Sambungkan kabel USB dengan kabel “lupa Nama” , perhatikan warna kabel agar jangan  sampai tertukar, solderlah setiap sambungan kemudian beri isolasi

Memilih dan menentukan warna kabel  bebas, yang penting warna kabel USB di ujung yang satu harus bertemu kembali dengan warna yang sama di ujung yang lain,  kabel USB warna merah harus bertemu kembali dengan kabel berwarna merah , hitam harus bertemu hitam dan seterusnya .. tidak boleh tertukar .. kalau tidak, bisa bisa modem atau port USBnya malah rusak..

4. Agar sambungan antar kabel kuat dan koneksinya bagus, solderlah dengan baik kemudian beri isolasi untuk mencegah konsleting.

5. Periksalah sekali lagi, kalau sudah yakin sambungannya benar, baru bisa dicoba, kalau belum yakin jangan dicoba-coba.  kalau masih belum mengerti coba tanyakan atau minta bantuan ke teman yang mengerti tentang elektronik.

6. kalau sudah benar-benar yakin, silakan coba , nyalakan komputer dan sambungkan modemnya, kalau modem sudah terdeteksi oleh komputer berarti tinggal menempatkan modem di area yang paling bagus untuk menerima sinyal. Bila belum terdeteksi  berarti kabelnya harus dibuat lebih pendek lagi..

7. Setelah modem terbukti berfungsi, kemudian tempatkan modem di daerah yang sekiranya sinyal dari operatornya paling kuat.
Yang harus diperhatikan :
-   Hati-hati terhadap bahaya petir, kalau sudah cuaca mendung dan kita tidak yakin dengan penangkal petir gedung / rumah kita.. lebih baik turunkan saja. Tempatkan di area yang tidak mendapat sinar matahari langsung. Hati-hati  juga terhadap hujan.. kalau kena air hujan ya berakhirlah...

 Nah segitu tips Meningkatkan sinyal modem Internet semoga bermanpaat..... 
Selamat menikmati 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar