--> Skip to main content

Permainan Kelereng Permainan Yang Terlupakan

Sampurasun.... Rampes..   

Blog Mang Yono. Masih ingat dengan Permainan Kelereng Permainan Yang Terlupakan , permainan ini sangat populer dijamannya, tapi sekerang namanya kian tenggelam dengan adanya permainan baru ber teknologi tinggi seperti seperti Playstation, Nintendo, dan sejenisnya.

Permainan Kelereng Permainan Yang Terlupakan. Di Indonesia, kelereng dikenal hampir di seluruh wilayah sampai pelosok negeri dengan berbeda – beda namanya tergantung daerahnya. 

Permainan Kelereng Permainan Yang Terlupakan
  •     Di Betawi menyebutnya dengan nama gundu
  •     Di Jawa menyebutnya neker.
  •     Di tataran Sunda terkenal dengan kaleci.
  •     Di Palembang disebut ekar,
  •     Di Banjar namanya kleker,
     Kalau di tempat anda namanya apa coba?.

Kelereng adalah bola kecil yang terbuat dari marmer ada juga dari kaca untuk permainan anak-anak. Ukurannya sekitar 1.25cm. permainan ini sangat bermanfaat karena dapat melatih kesabara. Biasanya permainan ini dimainkan oleh 3 - 4 anak atau 5 anak juga boleh hehehehe.

Caranya biasanya begini, tergantung daerahnya juga ding... Mungkin berbeda dengan didaerah anda.
- Gambar lingkaran kecil di tanah . masing – masing anak menaruh sebutir kelereng di dalam lingkaran tersebut.
- Lalu semua anak tersebut berdiri kira-kira satu meter dari lingkaran gundukan kelereng, di belakang sebuah garis lurus, Secara bergantian, lemparkan sebutir kelereng ke arah lingkaran. Anak  yang kelerengnya paling jauh dari lingkaran itu yang bermain lebih duluan.
- Dia harus memakai kelereng yang ada di luar lingkaran sebagai “Penyerang” untuk memukul kelereng di dalam lingkaran keluar. Kalau berhasil melakukannya, maka ia boleh menyimpan setiap kelereng yang kena jentik.
- Pemenang adalah anak yang mengumpulkan kelereng atau gundu terbanyak.

Terimakasih anda sudah berkunjung dan membaca tulisan mamang tentang Permainan Kelereng Permainan Yang Terlupakan semoga bermanfaat 

Baca juga :
Gasing / Gangsing / Panggal adalah permainan Nusantara, Indonesia
Permainan Egrang Atau Jajangkungan
Permainan Tradisional Gatrik
Permainan Engklek Atau Emprak 
Permainan Kelereng Permainan Yang Terlupakan
Permainan Perepet Jengkol
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments