logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Calung dan lirik lagu mawar bodas

Sampurasun.... Rampess...

MANGYONO.com - Calung dan lirik lagu mawar bodas

Ketemulagi dengan mamang, siip dah, kali ini mamang mau nulis tentang Calung dan lirik Lagu Mawar Bodas atau Mawar Putih hehehe.. Calung merupakan alat musik tradisional yangberasal dari Jawa Barat dan menjadi cirikhas

Budaya Sunda yang selama ini ada dan bertahan di sana, sering kali orang  menganggap sama antara Calung dengan Angklung, pada dasarnya alat musik ini sama-sama terbuat dari bambu yang dibentuk sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan nada-nada harmonis, bedanya adalah pada cara memainkannya, kalau Angklung dimainkan dengan cara digetarkan atau digoyang-goyangkan, sedangkan Calung dimainkan dengan cara dipukul, Calung terbuat dari bambu hitam yang memang khusus digunakan untuk membuat calung, karena suara yang dihasilkan akan lebih baik bila menggunakan jenis bambu ini.

Baca juga : Angklung dan lirik lagu manuk dadali

Calung dan lirik lagu mawar bodas


Mawar Bodas

Mapay jalan satapak
Ngajugjug ka hiji lembur
Henteu karasa cape na
Sabab aya nu diteang

Hujan angin dor dar gelap
Henteu aya keur ngiuhan
Sanajan awak rancucut
Beut asa karunya teuing
Pajar cenah asal nepi
Ka tempat anu di tuju

Rek ngalongok mawar bodas
Tepang nu jadi impian
Sugan tea moal gagal
kembang geus aya nu boga

Balik teh asa hoream
Leumpang ge asa ngalayang
Teu kasawang ti anggalna
Teu kapikir ti tadina
Anjeun ulah nyeri hate
Lantaran ta can pasini

Reff:

Neangan pipanyakiteun.....
Neangan pipanyakiteun...
 

Dibawah ini terjemahan lirik lagu mawar bodas dalam bahasa indonesia hasil tanya kesana-kemari.

Mawar Putih
Menyusuri jalan setapak
Menuju ke sebuah kampung
Tak terasa lelahnya
Sebab ada yang dicari

Hujan angin disertai suara halilintar
Tak ada tempat untuk berteduh
Walau tubuh basah kuyup kedingan mengingil
Aku tak peduli biar saja
Yang penting asalkan sampai
Ketempat yang dituju
Ingin menengok mawar putih
Yang sebentar lagi kan ku petik
Semoga tak akan gagal

Kembang sudah ada yang punya
Mau pulang terasa malas
Langkahpun terasa melayang
Tak terbayang sejak awal

Tak terfikir sebelumya
Kalau akan jadi sakit hati
Malas sekali tak sudi
Di pikirin.. jadi penyakit
Di pikirin.. jadi penyakit


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

42 komentar

callung dan angklung suara yang dihasilkan irama sahdu yang menghanyutkan ya sob

Balas

calung, angklung, sama kolintang. itu dari bambu semua kan mang...
tapi butuh latihan keras untuk bisa menguasai alat musik calung ini...

Balas

mana suara Mamang, manaa??
hehe..
Mawar putih pun ada lagunya ya Mang? biasanya kan Mawar merah atau melati putih.

atau kalo BungaDiman, warnanya macem-macem, Mang.

Balas

ada dua lagi dari bambu: mercon bumbung dan celengan, Mbak.

Balas

betul sob... serasa di masa muda heheheh

Balas

mbak khusna Kolintang atau kulintang bukanya alat musik yang terdiri dari barisan gong kecil yang diletakkan mendatar atau dari bahan dasar kayu ya ini kan alatmusik dari minahasa ya. ehheehe

mas zac ... nah itu betul tapi untuk mercon bumbung minyak tanahnya mahal, pakai karbit ya heheheeh

Balas

tuh kan salah lagi deh mamang di translate jadi artinya lain ya mas heheheheh

Balas

Bungadiman tuh istrinya Pakngadiman..

Balas

lagu ini tiap hari saya dengerin Kang..

walau nggak begitu ngerti artinya..xixixi

Balas

heheheh siiip deh mas...
ceritanya seorang perjaka mau menyun ting gadis desa tapi malah sudah keduluan ada yang mempersunting hehehhe

Balas

hahaha ide yang bagus mas heheheeh

Balas

Dangdutan dulu masss .

Balas

wah untung ada translitenya jadi ngerti lirik lagunya...

Balas

angklung musik tradisional tapi mempunyai kesulitan tinggi ya mas dalam memainkan calung / angklung

Balas

Saya suka ketukar tukar dengan angklung aja nih. Seperti angklungnya Mang Udjo yang kondang itu. Apakah sama dengan Calung ya?

Balas

begitu deh kira kiranya hehehe

Balas

pokoknya mamang harus salah
hihihi

Balas

sama dengan jaelangkung? enggaaak kang!

Balas

iya kang harus sering latihan dan ketekunnan hehe

Balas

mas Asep, kalau angklung dengan cara di goyang goyangkan sedangkan calung dengan cara di pukul seperti kentongan hehe

mas zac, nah kalau jaelangkung sama dengan angklung bergoyang goyang haha

Balas

ohhh...mawar bondas itu bhs sundanya mawar putih ya mang?

Balas

banyak kali budaya dan alat musik di jawa barat, keren dan saya sangat bangga sebagai orang indonesia. Semoga semakin banyak yang memainkan alat musik ini, kalau bukan kita, siapa lagi, dan kapan lagi. bagaimana indonesia bisa maju, kalau generasi penerus bangsa tidak cinta terhadap seni dan budaya, makasi mang sudah share. salam buat gubernur jabar.

Balas

oo.. ceritanya gitu toh.. si mawar putih sudah laku, cari mawar merah aja, atau mawar kuning..

Balas

yeah untung uda ditranslit sm mamang

Balas

dangdut koplo ya

Balas

saya juga baru ngerti.. kalo kulitnya putih brati kulitnya bodas ya?

Balas

pilih digoyang aja drpd dipukuli

Balas

mas Ks.. satu keluarga ya...

mas zac.. salah dikit harap maklum ehheeh

Balas

iya mbak... kemarin ada yang kirim email ke mamang gara - gara nulis pakai bahasa sunda semua dan minta dikirim email translatenya hehhehe

Balas

tarling cirebonan heheheh

Balas

betul sekali mbak.... golput jadi golbod hehe

Balas

tuh kan mbak Uswah pinter ehhehehe

Balas

hahahah tergantung maunya heheheh

Balas

siip mas.. betul sekali supaya anak cucu kita bisa merasakannya...
nanti mamang sampaikan,, minta tanda tangan juga ya mas eheheh

Balas

mawar yang ndak berduri saja mbak... hehehe semuanya berduri ya heeheheh

Balas

Calung dan angklung sama-sama warisan budaya sunda yang perlu dilestarikan, karena merupakan kebanggaan rakyat sunda ya mang...

Balas

Betul sekali sob... seratus dah

Balas

musiknya bikin kaget akuhh aja mang xixixxi

Balas

tapi ndak jantungan kan non hehehe

Balas

Alamat Warung Benih MANGYONOcom
Kmp. Gardu 1 RT 009 RW 03
Ds. Bendungan
Kec. Pagaden Barat
Kab. Subang – Jawa Barat
(Belakang TKA Assalam atau PAUD Assyafaah)

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger