logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Mengenal Kueh dari Daerah Sunda

Sampurasun.... Rampes.... 

Ketemu lagi dengan mamang, kali ini mamang mau nulis tentang Kueh khas Sunda biasanya bisa dijumpai di acara pernikahan, khitanan atau acara – acara lainnya, atau bisa juga pada saat kita bertamu kerumah saudara atau tetangga atau teman atau pun kenalan heheheh karena Indonesia masih dikenal sebagai negara yang penduduknya ramah. 

Jangankan dengan sesama saudara atau kerabat dekat. Dengan tamu baik tetangga maupun orang asing pun, masyarakat Indonesia cenderung memperlakukannya dengan hangat dan bersahabat .

Mengenal Kueh dari Daerah Sunda

Tradisi bertamu atau mengunjungi rumah seseorang saat ini memang cenderung menurun. Kesibukan sering menjadi alasan utama. Apalagi, kemajuan teknologi kini mendukung berkurangnya intensitas tatap muka antar seseorang dengan kecanggihan teknologi cukup SMS atau haloo di telepon atau facebookan dengan buat setatus eheheh atau pun twitteran termasuk G+ heheheh.
Hidangan yang disuguhkan di meja tamu pun kadang adalah hidangan yang spesial, khas dari tempat asal sang tuan rumah, kalau tidak ada pun sang tuan rumah rela untuk mencarinya hehehe.

Di daerah Sunda sendiri, ada beberapa makanan kecil yang sering disajikan saat momen tertentu untuk menyambut tamu .
1. Opak

Opak



Opak adalah salah satu cemilan populer di kalangan masyarakat Sunda. Dengan bahan utama beras ketan, opak mengandung banyak karbohidrat. Opak bisa dikategorikan sebagai 'kerupuk'. Namun, pembuatannya berbeda dengan kerupuk pada umumnya. Opak dimasak dengan dibakar di atas bara api.


2. Ranginang
Ranginang

Ranginang pun termasuk cemilan kategori 'kerupuk' karena rasanya yang kriuk. Namun, pembuatan ranginang mirip seperti membuat kerupuk pada umumnya dan terbuat dari beras ketan

3. Tape Ketan
Tape Ketan
Makanan yang satu ini juga terbuat dari bahan utama beras ketan. Bedanya, beras tersebut difermentasikan dengan ragi sehingga rasanya menjadi manis asam.

Penyajian tape ketan bermacam-macam. Bisa dengan dibungkus daun pisang  daun jambu air, daun kemiri yang menimbulkan aroma khas, atau hanya dengan dimasukkan ke dalam toples. Tape ketan termasuk makanan basah yang awet karena bisa bertahan sampai seminggu. Semakin lama usia tape ketan, semakin banyak air hasil fermentasi yang keluar dan menambah cita rasa tersendiri. Air manis tersebut aman untuk diminum selama tidak terlalu banyak karena bisa mengakibatkan perut menjadi panas di dalam.


4. Ali Agrem

 Ali Agrem
Mungkin saat bersilaturahim dari rumah ke rumah kemarin ada yang menemukan cemilan yang satu ini, ali agrem. Sekilas, bentuknya seperti kue donat sehingga mungkin kita akan terkecoh.

Ali agrem adalah salah satu kue tradisional khas Sunda. Dengan bahan utama tepung beras dan gula merah, kue ini memiliki cita rasa yang manis dan legit.

Sebagaimana kekayaan alam dan budayanya yang beragam, kekayaan kuliner Indonesia pun perlu dilestarikan. Apalagi, beberapa proses pembuatan cemilan Sunda pun tergolong sederhana dan mudah.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

21 komentar

yang 3 teratas itu, ada juga mang di mojokerto

Balas

Ranginang makananku waktu masa SD, sekarang sudah ndak tau lagi dimana penjualnya di medan.

Balas

saya suka rengginang, tape ketan, opak, kucur, onde-onde.
namanya hampir sama ya mang cuma beda daerah aja

Balas

oooh ada ya di tempat mbak Nia... tapi namanya mungkin berbeda ya

Balas

di Pekanbaru ada mas hehehe

Balas

iya mas ndak tau deh asalnya dari mana dan siapa yang bawa heheheh

di daerah mojokerto ya mas, deket dong sama mbak Nia hehehehe

Balas

kolontong, bugis, papais, sama nagasari aja WS mah senengnya mang...klo opak giginya gak kuat nih hehehe

Balas

senang nih dapat bagian, meski hanya photo doang, bikin liur menetes nih Mang, duh.. postingnya bikin ngiler. Mana belum sarapan lagi. Nih sudah menjelang makan siang nih Mang. Semuanya saya suka....,

Balas

waduh belum sarapan... nanti digabung jadi makan siang ya hehehe

Balas

sip kang eta ogen sami heheheeh....

Balas

nomor satu, dua tiga saya kenal dan pernah makan, tapi yang nomor empat belum pernah sama sekali.

Balas

ada dong di Pekanbaru, coba aja cari di pasar...
atau kalau nggak ada, main aja ke Pelalawan sinih, biar tak kasih...

Balas

semuanya bikin pengen, terutama poto teratas, pengen nyubit pipinya...

Balas

heheheh iya mbak, caby ya ini anak mamang yang kedua, ganteng ya hihihi

Balas

main kesini aja mbak nati mamang kenalkan ... hehehe

Balas

di tempat saya ada mas tape ketan sama ranginang ( rengginang)... ciri khas pokoknya...hehe

Balas

Itu yang nomor dua namanya Ranginang atau Rengginang,Mang?
Coz di tempatku namanya Rengginang...
Kalau lebaran,Ibu biasanya selalu bikin makanan satu ini....

Btw,follback sudah...
Af,baru sempat singgah...
Ditunggu kunbalnya,Mang.... :)

Balas

iya mas pokonya khas banget deh heheheh

Balas

kalau di tempat mamang "sunda " namanya "ranginang" mungkin di daerah jawa tengah atau jawa timur "rengginang" heheeh

siip, terimakasih mbak...

Balas

Alamat Warung Benih MANGYONOcom
Kmp. Gardu 1 RT 009 RW 03
Ds. Bendungan
Kec. Pagaden Barat
Kab. Subang – Jawa Barat
(Belakang TKA Assalam atau PAUD Assyafaah)

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger