Cara Penanaman Jambu Air

Sampurasun .... Rampes ... 

Setelah sebelumnya mamang menulis tentang Cara menanam pohon buah naga yuk kita lanjutkan dengan Cara menanam Jambu Air.

 

Jambu air dapat ditanam dengan biji atau pun di cangkok

 
Cara Penanaman Jambu Air
 Dari Biji
 
# Biji berasal dari varietas unggul, berumur lebih dari 5 tahun
# Biji berasal dari buah masak pohon, yg besarnya normal & mulus. Biji dikeringanginkan selama 1-3 hari di tempat teduh.

 Bibit Okulasi atau cara sambung


Cara menyambung tanaman boleh anda lihat di Cara Menyambung dan sistim stek satu mata Model sambungan yg terbaik adalah sambungan celah. Batang bawah berasal dari bibit hasil perbanyakan dgn biji, sedangkan pucuk berasal dari pohon induk unggul. Setelah disambung bibit dipelihara dipolybag selama 2-3 bulan sebelum ditanam langsung.

 Bibit Cangkok

Cabang yg akan dicangkok berada pada tanaman yg unggul & produktif. Cabang yg dipilih tidak teralu tua/muda, berwarna hijau keabu-abuan/kecoklat-coklatan dgn diameter sedikitnya 1.5 cm. Setelah 2-2.5 bulan (sudah berakar), bibit segera dipotong & ditanam dipolibag dgn media campuran : pupuk kandang dan tanah. Bibit dipelihara di polybag selama 1 bulan sebelum ditanam.

Cara mencangkok boleh anda lihat di Memperbanyak tanaman dengan cara mencangkok

Untuk cara penanamannya

Bibit jambu air ditanam ke dalam lubang tanam berukuran 60 x 60 x 60 cm. waktu penanaman sebaiknya dilaksanakan persis pada awal musim hujan & pada sore hari. Pemupukan jambu air dapat diberikan sebelum berbuah dan sesudah berbuah, sebaiknya setelah dilakukan penyiangan, dengan Pupuk kandang atau urea dan sejenisnya.


Tanaman jambu air dapat berbuah setelah berumur 1-2 tahun, berbunga sebanyak 2 kali dlm setahun  biasanya pada bulan Juli & September biasanya satu bulan berikutnya sudah masak. Ciri-ciri buah yg dapat dipanen dinilai dari tingkat kematangan berdasarkan warna kulit buah, yaitu hijau muda, hijau tua, hijau sedikit merah hijau-merah & merah hijau. Kalau Jambu air mamang sudah masaknya Merah tua.

Terimakasih anda sudah membaca tulisan mamang tentang Cara Penanaman Jambu Air semoga bermanfaat

Blog ini tidak sedang Ikut Kontes.... meskipun Gambar ilustrasinya Putri cuantik hehehe
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar