Skip to main content

Cara Menanam Pohon Buah Naga

Sampurasun... Rampes... 

Yuk menanam Pohon buah naga...kali ini mamang mau nulis tentang Cara Menanam Pohon Buah Naga, mamang juga baru pertama kali nih, kalau ada yang kuran tolong di tamba saja ya



Katanya sih jenis buah naga ada berbagai macam, akan tetapi yang pernah mamang  lihat di Bangka Botanical Garden baru dua macam jenis buah naga.  buah yang pertama adalah buah yang memiliki daging berwarna agak gelap, sedangkan yang satu lagi buah yang dagingnya berwarna putih. 


Cara Menanam Pohon Buah Naga
Buah naga sendiri sering dikonsumsi sebagai tambahan ketika membuat es campur atau tidak jarang orang mengkonsumsi langsung buah tersebut, hal ini dikarenakan rasa buah naga sangat menyegarkan serta memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Cara mengembangbiakkan buah naga menurut mamang sangat mudah, salah satu cara yang mamang  gunakan adalah dengan menstek dahan buah naga yang telah dewasa dan memiliki ukuran batang yang cukup besar.  Gunakan pisau yang tajam ketika anda akan melakukan penyetekan untuk mempermudah.  


Yang perlu kita perhatikan setelah batang terpotong dan siap untuk kita tanam di media adalah jangan sampai tertukar mana batang yang merupakan bagian atas dan mana batang yang merupakan bagian bawah kasihan kalau ketuker jadi nungging heheheh.  


 Media tanam yang mamang  gunakan untuk membibitkan buah naga adalah campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan sekitar 2:1.  Media ini saya campur dalam pot kecil yang nantinya akan menjadi tempat dimana bibit ditanam.  Dalam sebuah buku tentang tata cara tabulampot yang pernah mamang baca menyebutkan bahwa selain tanah dan pupuk kandang, media tanam yang bisa gunakan untuk menanam buah naga dicampur juga dengan pasir dan kompos. 
   

Setelah proses pencampuran media selesai, langkah selanjutnya adalah menanam bibit buah naga dengan cara membenamkan sekitar 25% dari panjang keseluruhan bibit.   

Letakkan bibit buah naga tepat ditengah pot. Padatkan  media disekitar bibir pot, siram dengan air secukupnya dan simpan bibit ditempat yang terkena sinar matahari sesuai kebutuhan tanaman buah naga.

Perawatan selanjutnya adalah lakukan penyiraman,walaupun tanaman buah naga bisa bertahan dengan kondisi yang kurang air,akan tetapi sebaiknya penyiraman dilakukan sebelum media tanam terlihat benar-benar kering. 
Apabila bibit sudah tumbuh dan sudah memunculkan tunas-tunas baru, sebaiknya segera dipersiapkan untuk memindahkan bibit kedalam media yang lebih besar atau langsung ke tanah tanpa media pot.  Pasang tiang-tiang penyangga yang fungsinya untuk menopang anak cabang tanaman agar tidak menjuntai yang bisa menyebabkan cabang patah atau bisa juga dengan satu tiang di tengah bisa dengan menggunakan tiang beton, batang pohon bulat, atau pun bisa ditanam dekat pohon palem, biasanya akar di batang pohon buah naga akan menempel pada tiang penyangga tersebut silahkan baca juga cara pembuatan tiang penopang untuk tanaman buah naga

Sampai saat ini, buah naga yang mamang tanam di rumah sudah setinggi 1 Meter.






Terimakasin Sobat sudah membaca tulisan mamang tentang Cara Menanam Pohon Buah Naga semoga bermanfaat... okay





Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar