logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Karedok Leunca Khas Jawa Barat

Sampurasun.... Rampes...   

Yuk sobat sudah saatnya makan nih kalau mamang ... ups bukan mamang tapi mantan pacar mau buatkan karedok leunca. Karedok atau keredok adalah makanan khas daerah di Indonesia. 

Terutama daerah jawa barat khususnya sunda, makanan tradisonal ini sangat sederhana akan tetapi mempunyai citarasa yang begitu nikmat bila kita mencicipinya.Ini terbuat dari leunca yang diracik dengan bumbu atau rempah-rempah tradisional.

Mau nganterin Karedok Leunca Khas Jawa Barat
Istri mamang sama anak mamang

Wah nikmatnya…Apalagi makan bersama keluarga di saung sawah... siip dah!


Sangat menggoda lidah tentunya rasanya yang berpareasi dari rasa asam, manis, asin semua ada disitu pokonya ada ada ajah ehheheh makanan ini hanya masyarakat biasalah yang mengkonsumsinya biasanya di desa-desa atau masyarakat kalangan menengah kebawah karena makanan ini sangat sederhana dan tidak membutuhkan uang banyak untuk membuatnya.

BAHAN:
  • 300 gram leunca
  • 2 cm kencur
  • 1 siung bawang putih atau bawang merah
  • 10 buah cabai rawit
  • 2 sdt irisan gula merah
  • 1 sdt garam
  •  Surawung atau kemangi
  • Terasi untuk yang suka terasi kalau tidak suka ya jangan deh
CARA MEMBUAT:
  1. cuci leunca buang tangkainya.
  2. haluskan semua bumbu, lalu masukkan leunca, uleg kasar. Aduk-aduk sampai bumbu tercampur rata.
  3. sajikan dengan nasi hangat, tempe goreng, ikan asin dan kerupuk.
Karedok Leunca Khas Jawa Barat

Untuk 4 porsi

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

18 komentar

baru dengar istilah makanan ini, klw bahasa jawanya apa yah mang?

Balas

hadeuh Mang Yono ngabibita wae nih,,jadi inget ka lembur,,,soalna di Jawa Timurmah tidak ada leunca Mang,,komo jengkolmah langka pisan heuheuheu

Balas

Leunca (Solanum nigrum L.) kalau bahasa jawanya "Ranti" @ mbak Indah,

Balas

iya mbak ini adanya di daerah sunda, leuncanya ndak di masak tapi mentahan ... kalau bahasa jawa mungkin ''pecel Ranti '' hehe

Balas

hehehe saatnya makan kang hehe...

waduh bisa begitu ya kang... masih mending di Jakarta ya kang yang jualan karedok leunca oge aya hehe

Balas

wah...makanan favorit WS ini mang...kalau makan sama karedock leunca pasti ngalimed mamamnya :D

Balas

siip, matak kabita nya kang WS... makanan ini kan asal mulanya dari daerah Sumedang larang hehe

Balas

Pak Dede, ranti bukannya tomat tu?

leunca mirip banget dengan cepokak, bulet kecil, tapi leunca jadi hitam waktu tua. pohon dan daunnya mirip banget sama cabe

Balas

pesen karedoknya satu Mang...

kalau di tempat saya, kalau mau makan karedok...ya nunggu acara hajatan warga banten

kalau mau makan rendang...nunggu acara hajatan orang minang

kalau mau makan arsik...nunggu acara hajatan orang batak

kalau mau makan kare...nunggu acara hajatan orang india

kalau mau makan bacem...bikin sendiri aja dah...

Balas

sperti apa ya rasanya.. mang ?

Balas

mudah mudahan banyak yang hajatan dari orang banten, minang, batak dan india jadi ndak masak - masak bacem hehe

Balas

kalo ada acara hajatan ... Gk mkan2 dong mbak

Balas

Oishi..., kayaknya Mang..heheheh, selamat pgi selamat beraktifitas hari ini Mang Yono!

Balas

baru lihat dan baru dengar tuh karedok lenca, disini sepertinya tidak ada mang

Balas

sperti apa ya... mungkin mirip asinan karena bahan untuk karedok dari bahan mentah ndak di masak dulu hehehehe

Balas

mantap mas.... semangat di awal bulan ya heheheheh

Balas

iya non di Bangka kan sayuran mahal tuh.... cocok tuh dengan makanan yang dipermentasi apa ya namanya Rusip ya kalau ndak salah heehehe

Balas

rusip memang tiada duanya wkkwkwkw

Balas

Alamat Warung Benih MANGYONOcom
Kmp. Gardu 1 RT 009 RW 03
Ds. Bendungan
Kec. Pagaden Barat
Kab. Subang – Jawa Barat
(Belakang TKA Assalam atau PAUD Assyafaah)

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger