Skip to main content

PANDAWA LIMA

Sampurasun.... Rampes... 

Kali ini mamang mau nulis tentang Pandawa yang merupakan keturunan dari Pandu Dewanata, sering disebut dengan Pandawa Lima


1. YUDISTIRA

Adalah putra sulung (paling tua) di Pandawa, dia merupakan raja Amarta  yang mempunyai sifat bijaksana, pemurah dan hati yang bersih. Dalam hidupnya hampir tak pernah berkata bohong

PANDAWA LIMA

2. BIMA
Atau sering disebut Bratasena, merupakan putra kedua Pandu Dewanata dari dewi Kunti Nalibrata, mempunyai perawakan yang tinggi besar, bersikap tegas dan memiliki sifat gagah berani, teguh, kuat, tabah, patuh dan jujur, cenderung tempramental. Bima menganggap semua orang sama derajatnya, makanya dia gak pernah berkata kata halus dengan siapa saja termasuk tidak pernah duduk dihadapan mereka. Bima merupakan titisan dari Batara Bayu.

3. ARJUNA
Punya julukan Janaka karena terkenal punya banyak istri, Permadi (tampan) dan sebutan lainnya. Arjuna adalah putra ketiga di Pandawa, dia gemar berkelana, bertapa dan berguru mencari ilmu. Guru nya yang paling terkenal yakni Resi Dorna dari Padepokan Sokalima. Mempunyai paras rupawan sehingga banyak digilai para wanita,  Arjuna memiliki sifat cerdik dan pandai, pendiam, teliti, sopan-santun, berani dan suka melindungi yang lemah.

4. NAKULA
Merupakan anak Pandu Dewanata dari istrinya yang bernama Dewi Madrim, Ia mahir menunggang kuda dan pandai mempergunakan senjata panah dan tombak. Nakula mempunyai watak jujur, setia, taat, belas kasih, tahu membalas guna dan dapat menyimpan rahasia.

5. SADEWA
Dia merupakan putra paling bungsu di Pandawa, meskipun Sadewa merupakan yang paling muda, namun ia dianggap sebagai yang terbijak di antara mereka. Sadewa merupakan ahli perbintangan yang ulung dan mampu mengetahui kejadian yang akan datang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar