logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pemeliharaan Tanaman Sengon

Sampurasuun.... Rampes... 

Setelah kemarin mamang nulis tentang Kayu sengon dan pembibitan sengon, kali ini mamang mau nulis tentang pemeliharaan terhadap tanaman sengon atau di sunda di sebut Jeungjing mungkin di daerah lain ada juga yang bilang pohon Albasia 

 

Ini mamang dapat kan dari buku pelajaran STM Pertanian saudara mamang yang sengaja mamang simpan dan belum sempat mamang coba dan ini Pemeliharaanya Tanaman Sengon :



Pemeliharaan Tanaman Sengon




               1. Penyulaman
yaitu penggantian tanaman yang mati atau sakit dengan tanaman yang baik, penyulaman pertama dilakukan sekitar 2-4 minggu setelah tanam, penyulaman kedua dilakukan pada waktu pemeliharaan tahun pertama (sebelum tanaman berumur 1 tahun). Agar pertumbuhan bibit sulaman tidak tertinggal dengan tanaman lain, maka dipilih bibit yang baik disertai pemeliharaan yang intensif.

2. Penyiangan
Pada dasarnya kegiatan penyiangan dilakukan untuk membebaskan tanaman pokok dari tanaman penggagu dengancara membersihkan gulma yang tumbuh liar di sekeliling tanaman, agar kemampuan kerja akar dalam menyerap unsur hara dapat berjalan secara optimal. Disamping itu tindakan penyiangan juga dimaksudkan untuk mencegah datangnya hama dan penyakit yang biasanya menjadikan rumput atau gulma lain sebagai tempat persembunyiannya, serta menghindari orang yang pacaran heheheh
Penyiangan dilakukan pada tahun-tahun permulaan sejak penanaman agar pertumbuhan tanaman sengon tidak kerdil atau terhambat, selanjutnya pada awal maupun akhir musim penghujan, karena pada waktu itu banyak gulma yang tumbuh di sekitarnya.

3. Pendangiran,
Pendangiran yaitu usaha mengemburkan tanah disekitar tanaman dengan maksud untuk memperbaiki struktur tanah yang berguna bagi pertumbuhan tanman.

4. Pemangkasan,
Melakukan pemotongan cabang pohon yang tidak berguna (tergantung dari tujuan penanaman) tapi hati hati naiknya ya, tidak boleh di lakukan pada saat hujan nanti terpeleset loh dan di usahakan memakai sabuk pengaman untuk jaga – jaga hehehe.

5. Penjarangan
Penjarangan dillakukan untuk memberikan ruang tumbuh yang lebih leluasa bagi tanaman sengon yang tinggal. Kegiatan ini dilakukan pada saat tanaman berumur 2 dan 4 tahun, Penjarangan pertama dilakukan sebesar 25 %, maka banyaknya pohon yang ditebang 332 pohon per hektar, sehingga tanaman yang tersisa sebanyak 1000 batang setiap hektarnya dan penjarangan kedua sebesar 40 % dari pohon yang ada ( 400 pohon/ha ) dan sisanya 600 pohon dalam setiap hektarnya merupakan tegakan sisa yang akan ditebang pada akhir daun atau panen raya

Bila ada kekurangan dalam tulisan mamang tentang Pemeliharaanya Tanaman Sengon mohon ditambahkan pada kolom komentar ya karena mamang juga belum pernah melakukannya.


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

21 komentar

sengon ini sekarang jadi tanaman favorit setelah jati ya mang, selain tidak memerlukan biaya macam2 kayak pertanian hasil kayunya juga laku keras untuk ply wood

Balas

iya betul mas, selain harganya lebih murah dari jati, kalau nanam jati kan mau nebang saja harus punya surat izin dulu, padahal kebun sendiri tuh ehheeh

Balas

wah bagus nih mang... temenku ada yang sukses nih bisnis kayu sengon di Bali... ingin nyoba ah...

Balas

Panen yang bagus kira2 umur berapa ya mang ? atao diameter kayunya seberapa gitu..??

Balas

tergantung untuk pemakaiannya kang kalau untuk dijual untuk kayu lapis atau palet Masa panen pun minimal 5 atau 6 tahun. Diameternya sekitar 19 cm sampai dengan 40 cm tergantung tanahnya. kalau untuk bangunan yang menghasilkan kayu kuat ini dengan waktu 7 tahun jadi diameternya juga lebih dari 40 cm ... ini juga kata tetangga mamang yang sudah mencoba tanam sengon

Balas

silahkan mas.. mamang juga baru mau coba, setelah tanya - tanya tetangga yang sudah menanam sengon, mamang jadi tertarik juga, tapi lahannya sedikit sih dan bibitnya juga mau nyemai sendiri sekalian belajar nyemai eheheh

Balas

Wah aku kayanya belum bisa nyoba nih mang .
Nyimak dulu aja yah .:D

Balas

woo ini bt kayu toh... tak kirain tanaman hias,, lha bentuknya ky pakis sih..

Balas

wah, tanaman ini kan buat mainan gw waktu masih kecil, gkgkgk..

Balas

hehehe silahkan mbak iin... nanti ya kalau sudah punya karyawan, suruh karyawannya saja yang nanam hehehe

Balas

iya buat kayu, mbak uswah... kalau di Jakarta buat tanaman hias di ada di semanggi tuh depannya Balai SARBINI hehehe

Balas

mainan petak umpet ya heheeh

Balas

ikutan sama mbak iin mang, nyimak dulu :D

Balas

wah keren nh mas yono, tp syangnya sya ga punya tnman sengonnya.
buat info aja lah, thanks mas yono

minta kmentarnya mas d link ini:
http://arie-apthanta.blogspot.com/2013/05/download-patch-37-pes-2013.html

Balas

oooh kirain mau ikut mbak iin kemana hehehe... silahkan kang

Balas

iya mas Arie ... disimpan saja infonya yah... oke mamang meluncur

Balas

iya nih mirip pakis mang :D

Balas

yaudah deh mamang ganti namanya menjadi pakis hehehehe

Balas

Saya sdh pernah coba mang...hasilnya pun lumayan...dalam rentang tahun 5-7 tahun, sdh ada lingkar yg mencapai 120 cm....intinya, klo kita rawat sungguh2 pasti menghasilkan...

Balas

Mang kalau dalam lahan seluas 1 ha idealnya bisa di tanami berapa pohon sengon..?

Balas

1 ha kurang lebihnya 1.250 pohon,
Coba saja pakai sengon solomon jaguar, pertumbuhan dan perkembangannya lebih singkat.

Balas

Alamat Warung Benih MANGYONOcom
Kmp. Gardu 1 RT 009 RW 03
Ds. Bendungan
Kec. Pagaden Barat
Kab. Subang – Jawa Barat
(Belakang TKA Assalam atau PAUD Assyafaah)

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger