logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Pramuka Indonesia Dan Sandi Morse

Sampurasun ... Rampes ... 

Masih tentang Kepramukaan, ini tentang sandi morse, sekalian mamang lihat tuh buku panduannya, dan kali ini mamang mau nulis tentang Pramuka Indonesia dan sandi morse. Sandi morse adalah sistem representasi huruf, angka, dan tanda baca dengan menggunakan sinyal kode. 

 

Sandi morse diciptakan oleh Samuel F.B. Morse dan Alfred Vail pada tahun 1835.


Pramuka Indonesia Dan Sandi Morse
Photo di ambil di sekolahan MTs Mekarwangi Pagaden Barat

Sandi morse juga digunakan dan dipelajari di dunia kepramukaan atau kepanduan. Dalam dunia kepramukaan sandi morse disampaikan menggunakan senter atau peluit pramuka. Sandi morse disampaikan dengan cara menuip peluit dengan durasi pendek untuk mewakili titik dan meniup peluit dengan durasi panjang untuk mewakili garis.

Kode morse adalah contoh bentuk komunikasi digital awal.
Morse dapat dilakukan dengan :
1.       Suara / Bunyi : missal dengan peluit, terompet dsb
2.       Sinar / Nyala : missal dengan senter, lampu, api dsb
3.       Gerak : missal bendera, asap, lambaian tangan dsb
4.       Tulisan : missal dengan sandi, kode dsb
5.       Denyut Listrik : missal pada kabel telegraph


Huruf Morse
Untuk mempermudah menghafalkan, penulis menyusunnya dalam kelompok-kelompok tertentu.

Huruf yang terdiri dari titik (.) saja, yaitu :
E = .    I = ..  S = …  H = ….

Huruf yang terdiri dari garis (- ) saja, yaitu :
T = -  M = --  O = ---  KH = ----

Huruf yang berlawanan, terdiri atas :
A = .-      berlawanan dengan    N = -.
U = ..-     berlawanan dengan    D = -..
V = …-    berlawanan dengan    B = -…
W=.--      berlawanan dengan    G = --.
P = .--.    berlawanan dengan    X = -..-
R = .-.     berlawanan dengan    K = -.-

Huruf yang berbalikkan, terdiri dari :
Y = -.--   dengan  Q = --.-
L = .-..    dengan  F = ..-.

Huruf yang tidak ada lawannya, adalah :
J = .---      C = -.-.      Z = --..

Photo di ambil di sekolahan MTs Mekarwangi Pagaden Barat


Sandi morse biasanya dihapalkan dengan cara membuat mnemonic dari setiap huruf, dengan menggantikan garis dengan huruf vokal 'o' dan titik dengan vokal lainnya. Di antara mereka dapat disisipi konsonan apapun. Dengan kode ini bisa dengan cepat menguasai sandi morse.
Berikut daftarnya:
A
.-
anok
B
-...
Bonaparte
C
-.-.
coba-coba
D
-..
dominan
E
.
es
F
..-.
father Jona
G
--.
golongan
H
....
himalaya
I
..
Islam
J
.---
jagotoro
K
-.-
komando
L
.-..
lemonade
M
--
motor
N
-.
nona
O
---
omonov
P
.--.
pertolongan
Q
--.-
qomodaso
R
.-.
rasohe
S
...
sahara
T
-
tong
U
..-
uniform
V
...-
Versikabo
W
.--
Wibowo
X
-..-
xoxterextox
Y
-.--
yoshimono
Z
--..
zoroaster

 Semoga ini tulisan tentang Pramuka Indonesia dan sandi morse bermanfaat

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

27 komentar

SOLAAAARRRRR....
mamang....

Balas

keingetan dulu jadi mang.....

Balas

tepuk pramuka.... plok.... plok...plok.... plok...plok.... plok...plok.... plok...plok.... plok... heheheh mengenang ya mas

Balas

Jadi ke inget waktu kemah mang

Balas

udah lupa yg namanya sandi morse ........ sekarang malah belajar sandi blog

Balas

saya tidak pernah tau kayak gini mang memang ndak pernah ikut pramuka kok, hehehehe

Balas

jd ingat jaman SD dlu Pak.., sy waktu pramuka dpt pangkat merah dua, lumayanlah drpd gk sama sekali *smile

Balas

tepuk sambeel, plok plok plok
hfzz hahhh...

Balas

tapi jago tali temali kelihatannya deh

Balas

sandi aulia bagus juga

Balas

saya kalo morse udah lupa, kalo semaphore masih inget, soalnya mudah dipraktekin. lagian kemaren anak saya ada ujian semaphore, saya ikutan ngajarin, jadi inget lagi.

Balas

Wah aku jadi terkenang kenangan dulu .
#kesannya sekarang udh tua banged ya . Ckck
udh lupa malah mang sama sandi morse,
semapur jg lupa" inged, inged" lupa .

Balas

sandi morse sampai sekarang masih diajarkan apalagi dalam kemiliteran masih menggunakan ya sob

Balas

Dulu sempat jadi utusan lomba Pramuka Siaga sekecamatan Mang, dan hafal sandi morse. Sekarang lupa mang, karena nggak dipakai:)

Balas

kenangan yang indah ya mas

Balas

masih lah dikit - dikit hapal sandi morse nih mang , tpi jngn d tes yaa :D hehehe ..

Balas

heheheh lebih asik sandi blog dan sandiauliah hehehe

Balas

kalau mamang ikut kemarin hari minggu mas ehheeh.... ikut nimbrung hehehe

Balas

duh matep dong dapat dua pangkat ... siip deh

Balas

wah mantap mas... bisa buat pemandu kereta dan kapal air .... jadi hakim garis juga cocok heheheh

Balas

terkenang mantan ya heheheh..... mamang juga dah lupa tuh ehheeh

Balas

iya katanya sih begitu sob

Balas

waaah mantap mas.... hebat, hebat...

Balas

hehehhe tadinya mau mamang tes.... biasanya kalau penggemar bola... semaphore pasti hapal ya mas....

Balas

hahahah awas nyiprat ke muka hihihihi

Balas

sandiwara juga mang

Balas

Alamat Warung Benih MANGYONOcom
Kmp. Gardu 1 RT 009 RW 03
Ds. Bendungan
Kec. Pagaden Barat
Kab. Subang – Jawa Barat
(Belakang TKA Assalam atau PAUD Assyafaah)

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger