logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

MP3, Tari Bajidor Kahot

MP3, Tari Bajidor Kahot.

Masih seputar Jaipongan...  Sebelumnya mamang Nulis tentang Bajidor Kahot dan Jaipongan.  Di era tahun 2000 an muncul satu nomor nama tari yang dikenal dengan nama Tari Bajidor Kahot. Tarian ini dengan cepat menjadi satu trend.  Tari Jaipongan ini berasal dari daerah Jawa Barat tetapi sampai ngetrend ke Amerika 

Tari bajidor kahot merupakal kolaborasi antara kesenian Sunda, Bali, Jawa dan Betawi 

 
 
Tari ini menggunakan properti kipas dan selendang. Tari bajidor Kahot adalah tarian kreasi baru yang diangkat dari kombinasi antara Ketuk Tilu dan Jaipongan.

Kliningan-Bajidoran merupakan sebuah bentuk pertunjukan rakyat yang diduga mulai muncul sekitar tahun 1950-an. Kemungkinan besar merupakan perkembangan dari ketuk tilu, sebab unsurnya yang paling esensi didalamnya masih tampak sajian kliningan-bajidoran, yaitu sinden sebagai transformasi dari ronggeng dan bajidor transformasi dari pamogoran. Sementara lagu dan tarian disajikan dengan gaya kliningan-bajidoran.

Pertunjukan kesenian ini merupakan ekspresi dari masyarakat Karawang dan Subang, Arena Bajidoran menjadi ajang pertemuan masyarakat, bertemunya gaya kreasi, dan disadari atau tidak menjadi ajang persaingan status dan gengsi. 

Aslinya tarian ini berdurasi 13 menit tetapi untuk kebutuhan panggung dan waktu pertunjukan maka durasinya di pangkas menjadi 5 menit. Pada beberapa situs di internet disebutkan bahwa tarian ini menitik beratkan pada goyang pinggul. Tetapi sebenarnya tidak sedemikian simplenya. Karena menarikan Bajidor Kahot dan beberapa nomor tari jaipongan lainnya tidak melulu hanya bergoyang pinggul tetapi juga lengan, bahu, kepala, tangan dan ketrampilan step-step kaki.

Bajidor Kahot berangkat dari sebuah tarian rakyat yang bertemakan pergaulan, yang menceritakan tentang keceriaan para mojang. Itulah sebabnya tarian ini ditarikan oleh remaja-remaja putri yang cantik jelita.

Berikut lirik lagu Bajidor Kahot

.................................................
Ngengklak dikalang dipaer nyi lenjang
Dangdanan necis disandingan ku nu geulis
Rengkak nu merenah nu neuteup kabengbat manah
Duh.. gending rongkah tambah motah

Kemprung dipanggung geus jadi kagandrung
Sok gararetek sapeuting teu ngarengkenek
Tepak kendang ngajak ngengklak Adu manis ear senggak
Kabengbat duriat najan ucul eusi pesak

Eh.. duh bajidor pada kahot
Moal kapok nyaahna nya beuki pogot
Moal ngejat bajidor teu weleh pogot
Moal arek moal rek eleh jajaten
 ........................................

Kalau di Translate ke Bahasa Indonesia mungkin begini....

Ngengklak diarena bersanding dengan nona lenjang (Ramping kali ya ) 
Riasan necis bersanding dengan yang cantik
Rengkak yang serasi yang melihati tergoda sampai kelubuk hati
Duh.. gamelan rongkah tambah motah

Kemprung dipanggung sudah menjadi kekaguman
Selalu gararetek semalam engga ngarengkenek
Tepuk gendang mengajak ngengklak Adu manis ear senggak
Tergoda cinta sekalipun keluar isi saku

Eh.. duh bajidor jadi ternama 

Tidak Kapok sayangnya makin keasyikan 
Tidak akan beranjak malah tambah keasyikan
Tidak akan terjadi kalah kepintaran


Hehehehe masih belum sempurna , itu menurut mamang tuh heheheh....
Kurang lebihnya begitu kira - kira liriknya ya... kalau ditulis semua nanti mamang ndak kebagian Bajidoran heheheeh


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

28 komentar

cantik cantik mang,gak nahaaaan

Balas

heheheh tahan saja mas sampai nanti malam heheheheh

Balas

haduh...mojang parahyangan memang bikin kita berangan-angan, andai hatinya sudah dalam genggaman, pastilah tak ragu untuk diajak ke pelaminan heheh

Balas

angan melayang ke awang awang nya kang.... suit ... suit heheheh

Balas

Tergoda cinta sekalipun keluar isi saku.
hahaha... ahh, besok saya isi saku saya dengan batu aja deh, hihi

Balas

heheheh asal batu permata, mas zac heheheh

Balas

seperti denger kesenian bali mang

Balas

Aduh...parah nih otakku. meski udah di translate kok masih bingung yah mang?

Balas

iya non kolakborasi katanya

Balas

heheheh masih campur ya... mamang translate ke mbah google ndak mau katanya puyeng hehehe

Balas

Wah, tarian yang kaya ya.... Salah satu jenis jaipong ternyata!

Balas

lestarikan teruus dan katakan pada dunia kalau indonesia kaya akan budaya...

Balas

iya betul sob... terimakasih sudah berkunjung

Balas

terimakasih supportnya sob

Balas

indonesia banget mang..
budaya indonesia yang kaya memang harus dijaga kelestariannya, biar tak aus dimakan jaman.

Balas

Tariiiik Mang,,,der ach ngiluan ngibing bari nyawerr hahaha,,,,Lanjuuutt

Balas

gedupraakkkk yang nggak nahannn hahaha

Balas

cantik-cantik euy,,, pengen nonton langsung dan kenalan sama penari nya, mana tau kan bisa di ajak jalan2 ke sumatera hihii

Balas

pasti belum tau mbeso ya

Balas

hehe siapkan recehnya kang...
mbeso apaan mas...

Balas

mojang priangan mas memang cantik - cantik heheheh...

Balas

mang saya ada perlu sama, mamang,,, ini nom hp saya... tolong di sms ya. 085710880117. ada yang tau nomnya mang yono gak?

Balas

tring.... kinclong ya hehe

Balas

ooooh sip kang nanti mamang hubungi ya.... masalah apa ya kang...

Balas

sepertinya minat sama kesenian lengser ya kang, untuk acara pernikahan ya... nanti mamang bantu deh ... tapi mamang nggak punya grup lengser cuma mempublikasikan saja kalau yang minat ya mamang siap membantu....

Balas

Alamat Warung Benih MANGYONOcom
Kmp. Gardu 1 RT 009 RW 03
Ds. Bendungan
Kec. Pagaden Barat
Kab. Subang – Jawa Barat
(Belakang TKA Assalam atau PAUD Assyafaah)

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger