logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cerita Orang Desa Mengadu Nasib Di Jakarta (2)

Sampurasun .... Rampes... 


Yuk kita lanjutkan cerita Yono...  Yono merantau ke Jakarta sudah hampir 2 tahun. Semua yang Yono lakukan demi bertahan hidup di Jakarta, dan yang terpenting buat Yono adalah  “halal“. Berbagai suka dan duka dia lalui selama merantau di Jakarta. Setelah sekian tahun hidup bersama Nenek dan Kakeknya, selalu dalam pengawasan dan perlindungan Nenek dan Kakeknya, maka merantau adalah hal yang tidak mudah. 


Yono harus mulai menyiapkan makanan sendiri, menjaga diri sendiri, merawat diri sendiri, tapi Tapi Yono sadari cepat atau lambat dia pasti akan berpisah dengan orang tua dan membentuk keluarga baru.Apabila dia tidak bisa mengurus diri sendiri bagaimana nanti dia bisa mengurus anak dan istri.Tapi apa yang terjadi Ekonomi Indonesia mulai goyah pada awal 1998, yang terpengaruh oleh krisis finansial Asia sepanjang 1997 - 1999. 


Cerita Orang Desa Mengadu Nasib Di Jakarta (2)
Mahasiswa pun melakukan aksi demonstrasi besar-besaran kegedung DPR/MPR sampai akhirnya terjadi pembakaran gedung – gedung, penjarahan, di jalan – jalan sepi kendaraan yang ada hanyalah asap dan api yang menghitam di atas kota Jakarta, dan terpaksa Yono pulang kerja harus jalan kaki dari Grogol Jakarta Barat sampai dengan rumah pamannya di daerah Sunter, tapi Yono tetap semangat karena baru mendapatkan kabar gembira dalam pengurangan karyawan di tempat dia bekerja, Yono masih tetap bisa bekerja, lain dengan nasib teman - temannya  atau seniornya yang tereliminasi dan harus keluar dari perusahaan.



Seperti bias pagi – pagi dia harus berangkat ketempat kerja yaitu di kawasan Jl.Sudirman tepatnya di proyek Gedung Graha Niaga 2 yang terkena imbas moneter dan terpaksa proyek pembangunan harus ditutup sementara dan melakukan pembongkaran bedeng - bedeng proyek, Yono dengan membawa 2 buah kardus bekas air kemasan yang berisi nasi bungkus titipan pamannya, untuk di jual ke teman – teman ditempat kerja, Alhamdulillah 40 nasi bungkus, yang berhasil di jual 38 bungkus, ada yang kontan dan ada yang ngutang, yang 1 bungkus di makan Yono hehehe.

Setiap jam 6 sore para pekerja proyek pulang, ada yang ke barak proyek, ada yang ke kontrakan proyek termasuk Yono, dia pulang ke rumah pamannya meskipun turun hujan sangat lebat dan bajunya basah kuyup. 

Tapi tetap naik Bus  ke arah Terminal Senen, dan langsung naik metro mini ke arah Sunter sengaja dia duduk paling belakang karena bajunya basah dan kotor ( kasihan deh Yono ) di tengah perjalanan bus berhenti dan segerombolan orang  naik langsung menodongkan pisau mulai dari arah depan  meminta menyerahkan dompet dan barang berharga lainnya, satu orang anteng nodong pisau ke arah sopir, di arah pojok belakang Yono semakin menggigil dan komat – kamit sambil meraba kantong sakunya yang berisi uang hasil jualan nasi di proyek. Tiba saatnya salah satu penodong itu ke arah Yono, tapi apa yang terjadi dia langsung memalingkan mukanya, langsung turun dari Bus dan diikuti turun oleh teman – temannya, mungkin pikir penodong, kasihan tuh orang bajunya basah kuyup bau lagi.

Bersambung... 

“ Merantau selain berfungsi untuk mencari pekerjaan atau pengalaman hidup, merantau juga berfungsi sebagai suatu perjalanan spiritual dan batu ujian bagi kaum lelaki dalam menjalani kehidupan. Kehidupan yang keras, jauh dari sanak saudara diharapkan menjadi cobaan untuk menempa jiwa, kegigihan, dan keuletan si pria dalam meningkatkan derajat penghidupannya”

Terimakasih sobat sudah membaca Cerita Yono Bagian ke 1   dan Cerita Yono bagian ke 2 yang berusaha untuk bertahan di kota Jakarta....

Bagaimana kisah Yono selanjutnya, nantikan dalam cerita Yono  yang akan datang....


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

85 komentar

mang yono (wah berasa manggil nama ndiri, hehe...)

salam kenal ya, pak.
bila berkenan folbek di ujungkelingking.blogspot

Balas

kisah mang yono yang insiratif dan kerja keras tanpa peduli dengan apapun yang penting halal, mungkin perampok tadi tetanggaa mamang tuh, ehehe
krisis 97 memang sangat terasa ya mang uang 10 ribu yang tadinya banyak berikutnya malah jadi uang recehan, kasihan bos mamang

Balas

sama ya namanya mas hehehe...

salam kenal kembali , mas

oke, langsung meluncur hehehe

Balas

mungkin sudah terbiasa mas, jaman sekolah juga dah belajar kerja di bengkel sekolah bikin kusen rumah dan bangku ...

hahaha mungkin juga ya dia malau ketemu tetangganya padahal perampoknya serem mas

betul mas, tapi Alhamdulillah masih bisa bertahan 17 tahun di Jakarta

Balas

saya jadi kangen sama yang ada di sana .. hiks.

Balas

Kisah yang menginspirasi, cuma kalimat terakhir yang belum bisa kebayang, seperti apa ya ...? he he he

Balas

Patut ditiru Mang.., tanpa kerja keras dan tekat yang kuat, kita tidak bisa mendapatkan hasil yang memuaskan..

Balas

seperti apa enaknya ya..

Balas

Tepatnya dimana Miz..?

Balas

tuh kan ....bikin penasaran saja. Mang Yono jahat ...sejahat Ibu Kota :(

Balas

punjang juga nih Cerbungnya( cerita bersambung ) mang hehe,,,

Tapi ini biasa dijadikan contoh buat anak muda sekarang,jangan hanya mau enaknya saja,sementara orang tua kerja keras,Seperti tokoh yang ada dalam cerita tadi,

Tapi sekarang Mamang sudah succes yah Mang,,,,,

Balas

ikutan salam kenal donk,,

Balas

tepatnya dibawah pohon asem mas boku

Balas

syukurlah tragedi penodongan itu berlalu dengan aman. hepi ending. sempat deg2an bacanya tadi. saya bisa menjiwai, soalnya saya pernah punya pengalaman sejenis ini.

Balas

tapi nggak secantik ibu tiri.

Balas

patut emang koq. hidup patut

Balas

ikutan salim...ben dinehi amplop

Balas

ternyata begitu menginspirasi sekali, bisa jadia mtivator buat temen2x yang lain. Semua kalau dilaksnaakan dng sungguh2x pasti hasilnya akan baik.

Balas

mang akuh baru berkunjung lagi, emangnya ada cerita ke 1 ya, ternyata mamang jagoan juga sampai penodong ngak berani pasti ada apa - apanya nihh

terus cerita seterusnya bagai mana?

Balas

tahun 97, akuh belum lahir kayaknya wkwkwkwk

Balas

bikin penasaran ya Pak, dasar mamang.

akuh pernah ketemu di Pulau Bangka, Pak

Balas

hahaha berarti sekarang masih ABeGeh ya non

Balas

pasti sama kakandanya ya miz... apa sama mamang hehehe

Balas

sambil baris dan antri yah

Balas

ceritanya makin manis mungkin seperi makan klepon

Balas

betul sekali mas boku, apalagi izazah yono kan cuma tamatan STM, sedangkan saingannya di perusahaan Ir atau S1, S2 sampai S cendol hehehe

patut orang mana ya mas

Balas

heheheh Nanti kalau kepanjangan ceritanya pada baca judulnya doang, Mbak

ibu tiri siapa tuh mas, boleh titip salam ndak heheeh

Balas

Begitulah kisah Yono, yang merantau kejakarta cuma modal nekat, kang.

non penasaran ya, kan udah pernah mamang ceritakan hehehe

Balas

iya mas, coba kalau terjadi mau dari mana tuh ganti uangnya, sedangkan penumpang di depan semuanya dompetnya di rampas. sungguh pengalaman yang mengerikan.

tapi ndak terjadi apa - apa kan mas zach juga

Balas

betul sekali Mbak, seorang karyawan rendahan juga kalau bekerja sungguh - sungguh pasti dinilai sama atasannya hehehe

Balas

iya kemana aja non?. ....ada tuh lihat di arsip blog.

hahah mungkin karena kebetulan saja, yang ada baju mamang basah ehehehe.

mungkin seterusnya mamang terima terasi dan kricu dari Bangka ahhaaha... ngarep

Balas

berarti klepon kehujanan .. he he

Balas

maksudnya kang Zach, dia juga pernah punya pengalaman nodong di bis mang ... wkwkwkwk

Balas

kalau yang terasa dan kricu, saya juga mau

Balas

jakarta oh jakarta , mengadu nasib d sni harus pnya skill, entah apapun skill nya yg penting hrus punya pegangan :)

Balas

kita berdua kan.. tapi situ ketangkep saya nggak

Balas

skill memang perlu sikil

Balas

perasaan baru kemaren saya baca selintas soal perjuangan mamang bagian 1, di g+ ternyata udah banyak keselang oleh artikel lainnya...akhirnya saya baru sadar kalau saya sudah sangat jarang mampir kerumah ini...hapunten nya' mamang nu kaseptea...sakali deui hapunten pisan.
kalau inget peristiwa 1998,malam setelah kejadian saya pake mobil,masuk kejakarta dari bandung...ngga sadar kalau abis rusuh..maklum waktu itu saya masih muda dan jarang mikir...setelah ditangkep polisi, barulah saya mikir....loh ko' malah cerita sendiri...?!(tuh kan...terbukti kalau saya emang jarang mikir?!)

Balas

ngga ada indah P...biarlah ada nawang wulan disinih...halaaah

Balas

Miz bolehlah sama yang lain...asal jangan kang zach...hiii ngeriih

Balas

m'ba iis ini kalau komentar suka ngangeni deh ih

Balas

saya udah keseringan antri..mending lewat belakang aja ya mang :)

Balas

haha...ada aja emang kang dede.. :)
cerbung temennya jaka sembung dong..

Balas

sy di kejadian itu..juga kebetulan bis ngantar temen kerja di daerah jembatan dua mang..dan pas pulangnya dari grogol alhamdulillah masih dpt bus...cuma muter2 ngindar dari kerumunan masa...

Balas

mesti naiknya metro mini u24 ya mang...hehe

Balas

ada hikmahnya kehujana basah kuyup ya Mang.....

semoga Mamang dikaruniai kesehatan dan rejeki yang lancar

Balas

seng penting halal.. Inspiratif ommm

Balas

silahkan kang WS tertib ya

mas budi, lewat belakang siapin amplop hehe

Balas

mas zac, tahun itu saya ikut angkat bambu runcing mas * maksain hehhe*

ckkckc. nawang wulan masih n'duk - n'duk kang

Balas

sama kecup basah gaya kang Cilembu.. halah

Balas

yang nangkep siapa mas, terus yang ditangkep di beri apa?

Balas

pegangan harus pake skil

Balas

hehehe saya nulisnya mungkin yang keseringan, kang Ci...

iya kang waktu itu ndak boleh ada mobil masuk ke Jakarta, takut mau jarah dan bikin rusuh, temen saya aja ada yang ikut Jarah toko pakaian dia ngambil BH eh ketangkep dibawa ke POLSEK dan BH nya suruh dipake... Yang penting nyantai kayak dipantai kang ya, nanti kalau kebanyakan mikir malah rontok rambutnya.

Balas

Yang nangkep cewek cantik mang ..

Balas

harus dicolong selendangnya dulu mas CT

Balas

sudah bersertifikat halal

Balas

iya mas, banyak mobil yang dibakar tuh, penjarahan dan asap di mana - mana sungguh mengerikan

dan jalan tol juga bebas kendaraan ya mas, motor boleh lewat dengan geratis,

Balas

iya mas u24 kadang kadang soalnya harus jalan kaki dari danau sunter ke rumah paman. tapi ini kejadian di metromini P10 penodong naiknya di jalan angkas dan turun pas mau melewati asrama polisi kemayoran, mungkin tuh penodongnya pernah lihat saya sebelumnya mamang pernah tinggal 1 tahun di komplek asrama Kemayoran ikut paman juga...

Balas

iya mbak, meskipun menggigil kedinginan ditambah lagi menggigil ketakutan jadi menggigil plus plus eheheh

Amiin, terimakasih do'a-nya ya mbak Khusna

Balas

betul sekali sob... terimakasih kunjungannya


meskipun belim pasang poto fropil logo Halal hehehe

Balas

wah mangkin seru aja mang kisahnya, berarti masih bersambung nih mang, ditunggu lah...
oya mang mampir yah kalo mau ke malingping

Balas

kaya bagi bagi BLSM aja mas ngantri

Balas

klepon kecemplung adonan gula mas

Balas

kangen pingin nimpuk sandal ya pak...hehheeeee

Balas

mana jatahku nich...arep nggoo tuku es

Balas

sudah lupa tuh wkwkwk

Balas

Pak Ci, ngangenin gituh_____

Mang Yono, n'duk - n'duk artinya apa?___

Pak Is, biar gak bisa terbang ya_____

Balas

maaaang akuh berkunjung lagi_____ jangan lupa pulang dari mesjid bawa sandal bagus buang sandal jelek____ wkwkwkwk

Balas

sarungnya juga ganti yg baru mang....kwkwkwkwww

Balas

@ budaya anti mas

# sabar mbak ... es kelepon

Balas

iya mas ceritanya masih panjang ehhehe...

oke mas, kalau jadi tapi, macetnya parah ndak ya mas?

Balas

#Nawang W.. hahahah ada - ada aja non ini, kata ustadz juga gitu ya hehehe

# Mbak Iis,..ckckkc sarung ustadz biasanya yang baru ehehheeh

Balas

wuaduh,,,,,,
Maya ketinggalan jauh ni

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger