Cara menyambung tanaman bunga Adenium

Sampurasun .... Rampes...

MANGYONO.com - Hari minggu adalah hari libur sekolah * Gayaa*, untuk mengisi kekosongan acara biasa saya isi dengan bersih – bersih halaman rumah termasuk pangkas – memangkas tanaman bunga atau pun rumput taman depan rumah sendiri, bukan rumput tetangga hehehee...  

Daripada nongkrong ndak karuan bersama party heheheeh, nah setelah beres dan waktu masih banyak, dan kebetulan ada tugas dari Guru sekolah hahahaha, langsung dah saya mencoba tehnik penyambungan pohon bunga Adenium atau istilah kerennya Kamboja Jepang heheh.. tehnik yang mamang gunakan yaitu tehnik Grafting V karena lebih gampang dan mudah dipraktekan, tehnik Grafiting V adalah cara yang paling aman, karena bidang perekatan antara batang atas dan batang bawah cukup besar, dan kedua batang dengan mudah dapat menyatu dan tidak mudah lepas.

Adenium putih - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium
Adenium putih - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium

Tehnik ini pernah mamang tulis juga pada waktu sebelumnya, Pohon bunga yang mamang jadikan uji coba yaitu bunga Adenium, yuk kita simak Tata cara pengerjaannya ....

Ke 1 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium



Persiapkan semua alat dan bahan seperti pisau, tali pelastik / Rapia, pelastik es mambo


Ke 2 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium

Pilih pohon bunga Adenium yang mau di sambung, mamang ambil pohon bunga Adenium yang bunganya  berwarna merah untuk batang bawah, sedangkan  Entress atau batang atas mamang pilih Adenium yang bunganya berwarna putih.

Ke 3 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium
Potong batang bawah secara horisontal, lurus, dan usahakan pemotongan sekali tebas langsung putus... wuuus.

Ke 4 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium
Buatlah sayatan berbentuk huruf V pada batang bawah dimulai dari tempat hasil potongan horisontal.

Ke 5 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium
 
Bagian bawah, untuk dijadikan pohon utama yaitu Adenium berwarna merah, sedangkan untuk Entrees/batang atas Adenium berwarna putih

Ke 6 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium


Buat potongan huruf V terbalik untuk entrees atau batang atas, kemudian potong bagian atasnya sehingga entress berukuran panjang 5-10 cm, dan terdapat beberapa ruas bakal mata tunas.

Ke 7 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium 


Rekatkan batang atas pada batang bawah mengikuti alur huruf V. Pastikan bahwa kedua potongan huruf V sebidang sehingga ketika direkatkan, tidak ada rongga.


Ke 8 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium
Ikat bidang sambungan dengan plastik pengikat / tali rapia, dengan hati – hati dan kuat. Setelah selesai pengikatan langsung ditutup dengan plastik es mambo atau pelastik sejenisnya

Ke 9 - Cara menyambung tanaman  bunga Adenium
 
Selesai dah. Mamang sengaja tehnik sambungan ini dibuat dua pada satu pohon bunga tetapi pada cabang yang berbeda, untuk menjaga kegagalan hehehe, maklum kan mamang bukan ahlinya. 

Nah ini mamang lakukan pada hari minggu tanggal 7 Juli 2013, tinggal tunggu saja 2  atau 3 minggu setelah penyambungan, apakah berhasil atau gagal, kalau gagal ya tinggal ulangi lagi sampai berhasil hehehe..


Jangan Sesali Kegagalan Karena Kegagalan Adalah Awal Dari Keberhasilan 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar