logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Lemang Makanan Khas Malingping Banten Selatan

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... 

 

Pagi – pagi Hp jadul saya berdering...  beeerr kwkwkwk... beeerrr kwkwkwkw ...

 Pas saya terima, ternyata saudara saya, ngabarin mau pulkam dengan keluarganya.

 

Lemang Makanan Khas Malingping Banten Selatan

 “Assalamu'alaikum .... Halooo... kasep, gimana kabarnya?” suara dari seberang sana.
Wa 'alaikum salam wa rahmatullah... Haloo uga... Mang, Alhamdulillah sehat” Jawab orang kasep hehehe...

Nanti, mamang mau pulang ke Subang sama keluarga... terus mau pesen oleh – oleh apa?

Ndak usah merepotkan mang, ndak usah... Kalau ada belikan LEUMEUNG Malingping saja hehehe” jawab saya dengan menolak dan meminta secara halus hehehe

Kalau dengar kata LEUMEUNG ( Lemang) jadi rindu Lemang Makanan Khas Malingping Banten Selatan  yang terkenal  kuliner LEUMEUNG (lemang) yang terdapat di Malingping, Lebak, Banten Selatan. Kuliner yang satu ini terbuat dari beras ketan berbumbu ditambah santan kelapa kental, kemudian dimasukkan kedalam bilah-bilah bambu yang kemudian dibakar diperapian hingga matang. Nikmatnya  leumeung ketika dimakan hangat-hangat, atau dimakan sesaat bilah bambunya baru dibelah. 


Biasanya dimakan dengan Telor asin, bila dibiarkan lama dibuka, akan menyebabkan leumeung mengeras, sehingga mengurangi selera makan. Leumeung Malingping biasanya ditambahi dengan kacang merah, sehingga perpaduan antara santan kental, beras ketan dan kacang merah, akan memberikan sensasi nikmat yang tersendiri.


Sebagai kuliner khas Malingping, tapi hati – hati kalau mau dibawa pulang harus dikemas / bungkus dengan baik karena jika tidak dikemas dengan baik, kita akan terkena areng yang melekat pada batang bamboo leumeung (bahasa sunda”mehong”). 


Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

42 komentar

kalau denger soal makanan kayaknya saya suka pisan..hehe

Balas

Lemang juga makanan khas di daerah saya Mang, bahannya dari ketan (di daerah saya juga disebut pulut (melayu)), santan kelapa ditambah sedikit bumbu. dibungkus dgn daun pisang muda, dimasukkan didalam potongan bambu lantas dipanggang dengan api yg bahan bakarnya kayu api. di bulan ramadhan ini banyak yang jual lemang. Lemang juga jadi bahan makanan istemewa suku Dayak.
Trims info lemangnya, sedap tuh....heheheh....

Balas

pernah merasakan, cuma dari cianjur..yg ini blom..spertinya mantap

Balas

Ye,, katanya merepotkan tapi kok nitip sih mang?wkkwkwkwk :D

Balas

wah,,baru tau ni, keliahatannya enak ni mas, bisa dijadikan menu tujuan kuliner tahun depan :)
terima kasih infonya mas :)

Balas

ternyata banten dan makassar sama-sama ada lemangnya ya....ya namanya juga satu bangsa dan satu negara...:-)

Balas

boleh dicoba mas HeQris...

Balas

berbeda-beda tapi tetap satu yah mas...

Balas

suka menghayal dulu ya kang..

Balas

oooh ternyata ada juga ya mas.. cara masaknya dan bahannya sama tuh... lemang memang sedap...

Balas

mungkin beda - beda tipis mas

Balas

hehehe kan basa basi mas... yang penting enjoy aja mas heheeh

Balas

iya tuh boleh dicoba mas

Balas

kan Indonesia Kaya Raya, Bang...

Balas

Entah sama atau tidak, sepertinya saya pernah merasakan masakan lemang ketika ada di Pontianak. Rasanya gurih, mungkin karena berbahan ketan plus santan plus ini dan itu yang dibakar.

Balas

ternyata lemang bisa menyatukan bangsa. Merdeka

Balas

saya tidakk suka,tidak ada di meja saya sih

Balas

kayak sumpah palapa

Balas

sepertinya enak mang, tp percuma sini tidak ada sih

Balas

disini juga banyak di pinggir jalan, mang...
namanya walung lemang lemang...

Balas

sama engga tuh lemang banten dan makasar. kalo sama perlu ditelusuri jejaknya dan bisa jadi bahasan menarik...

Balas

aku malah ga tau mang...
semacam ketan bakar kali ya..?

*emang ketan dibakar :D

Balas

Tahu sumedang nyimak heula kang,hhehe

Balas

kayak di tempat saya, ada mendoan.
ehh...

Balas

wah asa hayang mam yeuh :D , ah ulah ah engke batal deui puasana , hehehe

salam kenal mang Yono

Balas

siang2x lihat orang jualan makanan jadi kepingin mau beli...sayang di jogja gak ada kayak gituan mang.

Balas

makasih gan udah share

Balas

ane anak banten tapi gatau makanan ini gan hehe

Balas

Kayaknya enak tuch makanannya :)

Balas

biar ketauan pembuat asal muasalnya ya...

Balas

mungkin sama mas... bahannya juga sama kan dan pembuatannya juga dengan di bakar...

Balas

Enak sih mas... iya ya ndak ada, mau saya kirim takut kelamaan di jalan dan jadi keras hehehe

Balas

masak ketan ndak pake panci hehehe

Balas

silahkan disimak.... tahu ... tahuuu

Balas

kalau mendoan saya malah belum nyobain mas

Balas

hahahah ... tunggu bedug magrib dulu... sakedapdeui bedug hehehe...


salam kenal kembali..

Balas

mending bikin sendiri aja Mbak ,, gampang kok hehehe

Balas

masa sih... ini biasa di jual di depan pasar Malingping Kab,Lebak banten...

pasar malingping tau kan?

Balas

biar bambunya pada gosong tapi dalemannya bersih dan daunnya juga tidak hangus...

Balas

jadi laper nih....

Balas

Alamat Warung Benih MANGYONOcom
Kmp. Gardu 1 RT 009 RW 03
Ds. Bendungan
Kec. Pagaden Barat
Kab. Subang – Jawa Barat
(Belakang TKA Assalam atau PAUD Assyafaah)

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger