Lemang Makanan Khas Malingping Banten Selatan

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes... 

 

Pagi – pagi Hp jadul saya berdering...  beeerr kwkwkwk... beeerrr kwkwkwkw ...

 Pas saya terima, ternyata saudara saya, ngabarin mau pulkam dengan keluarganya.

 

Lemang Makanan Khas Malingping Banten Selatan

 “Assalamu'alaikum .... Halooo... kasep, gimana kabarnya?” suara dari seberang sana.
Wa 'alaikum salam wa rahmatullah... Haloo uga... Mang, Alhamdulillah sehat” Jawab orang kasep hehehe...

Nanti, mamang mau pulang ke Subang sama keluarga... terus mau pesen oleh – oleh apa?

Ndak usah merepotkan mang, ndak usah... Kalau ada belikan LEUMEUNG Malingping saja hehehe” jawab saya dengan menolak dan meminta secara halus hehehe

Kalau dengar kata LEUMEUNG ( Lemang) jadi rindu Lemang Makanan Khas Malingping Banten Selatan  yang terkenal  kuliner LEUMEUNG (lemang) yang terdapat di Malingping, Lebak, Banten Selatan. Kuliner yang satu ini terbuat dari beras ketan berbumbu ditambah santan kelapa kental, kemudian dimasukkan kedalam bilah-bilah bambu yang kemudian dibakar diperapian hingga matang. Nikmatnya  leumeung ketika dimakan hangat-hangat, atau dimakan sesaat bilah bambunya baru dibelah. 


Biasanya dimakan dengan Telor asin, bila dibiarkan lama dibuka, akan menyebabkan leumeung mengeras, sehingga mengurangi selera makan. Leumeung Malingping biasanya ditambahi dengan kacang merah, sehingga perpaduan antara santan kental, beras ketan dan kacang merah, akan memberikan sensasi nikmat yang tersendiri.


Sebagai kuliner khas Malingping, tapi hati – hati kalau mau dibawa pulang harus dikemas / bungkus dengan baik karena jika tidak dikemas dengan baik, kita akan terkena areng yang melekat pada batang bamboo leumeung (bahasa sunda”mehong”). 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar