Panen Padi Pagaden Barat Pas Bulan Puasa Ramadhan

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes...  

Memasuki Kampung Gardu Desa Bendungan di Kecamatan Pagaden Barat, Kabupaten Subang


Mata termanjakan oleh hamparan kuning pesawahan dan sebagian mulai di panen oleh para petani termasuk Mang Yono juga ikut – ikutan panen padi.

Panen Padi  Pagaden Barat Pas Bulan Puasa Ramadhan

 Berpose dengan anak perempuan. 
Aslinya ingin punya anak perempuan eheheh



Alhamdulilah panen padi berjalan dengan lancar meskipun Panen pada bulanpuasa Ramadhan dan tetap menjalankan ibadah puasa para pekerja melakukan pemanenan padi pada waktu malam hari setelah shalat Tarawih atau dini hari sebelum sahur atau bahkan melakukan sahur di sawah.

Desa Bendungan, sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani. Hamparan sawah, kebun dengan komoditi lainnya

Satu hektar lahan padi dengan menanam benih jenis si Denok bisa mencapai hasil panen sekitar 6 - 7 ton per hektar.

Kenaikan harga beras di pasaran memicu naiknya harga gabah di tingkat petani, dan berbeda dengan panen sebelumnya harga gabah yang anjlok. Alhamdulillah. Di Kampung mamang,  sejumlah penggilingan beroperasi kembali karena mulai ada stok gabah lagi.

Alhamdulillah mamang hari Sabtu 20 Juli 2013 ikutan panen padi juga, walau sawah tidak luas, tapi bisa ikut – ikutan jual gabah ke tengkulak, gabah basah ( tapi tidak diguyur air dulu tentunya ehehee). dengan harga Rp.4000/ kilogram itu dengan padi si Denok sedangkan untuk padi Ketan dengan harga Rp. 5000/ kilogram dan sisanya cukup buat makan untuk waktu tiga bulan kedepan serta kasih keorang yang hajatan ( Tradisi di kecamatan Pagaden Barat kalau ada yang hajatan pada kasih beras dan bila kita mau hajatan bisa di Tagih).

 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar