Tradisi Memberi Beras Pada Acara Hajatan Di Pagaden Barat

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes...  


Panen padi kecamatan pagaden barat sedang berlangsung, meskipun bulan puasa Ramadhan tapi tetap panen padi dilaksanakan. meskipun tidak serempak, karena dibeberapa tempat atau desa padinya belum siap dipanen. 


Biasanya pada musim panen atau setelah musim panen padi seperti ini, acara hajatan diadakan entah itu hajatan sunatan anak, perkawinan atau syukuran, atau bahkan membangun rumah. 

 

radisi Memberi Beras Pada Acara Hajatan Di Pagaden Barat

Tim Jurutulis Beras dan uang untuk perempuan. 
Untuk laki - laki sengaja ndak di poto bikin sepet dimata hehehe

Contohnya sekarang pas bulan puasa ramadhan saja undangan sudah berdatangan, tapi acaranya setelah bulan Ramadhan. Kalau surat undangan itu untuk laki – laki atau bapak - bapak sedangkan untuk perempuan atau ibu – ibu berupa sabun detergen yang ditempeli undangan dan jumlah yang ditagih

Berbicara tentang hajatan ditempat saya ada cara ngasih beras atau makanan , kue, daging , bumbu atau pun berbentuk uang ( Kondangan),  satu kebiasaan di kecamatan Pagaden Barat dan kecamatan sekitarnya jika ada acara hajatan. Para warga tersebut berduyun - duyun memberikan bantuan kepada yang malaksanakan hajatan. Perlu diketahui yang memberi bantuan itu di catat nama dan alamat serta barang yang diberikan termasuk uang kondangan dalam buku,  sehingga jika nanti si pemberi bantuan mempunyai acara hajatan maka akan di kembalikan seperti itu lagi ( seperti arisan ya hehe). Biasanya kebanyakan orang pada kasih beras ada yang kasi 1 liter ( tidak dicatat Cuma numpang prasmanan doang hehehe) ada yang kasih 5 liter, 10 liter atau 5 kilogram, 50 kilogram bahkan berkilo – kilo, jadi yang punya utang beras bersiap – siap saja deh untuk mengembalikan eheheh.
Seni galura lengser mapag pengantin

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar