logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Tips Menyusui Selama Puasa untuk ibu yang menyusui

Sampurasun.... Rampess... 

Puasa Ramadhan hukumnya wajib bagi setiap muslim, termasuk juga ibu hamil dan menyusui.

Alhamdulillah, Islam memberikan kelonggaran bagi ibu hamil dan menyusui untuk tidak berpuasa dengan berpuasa di lain waktu dan membayar fidyah berikut ini mamang mau nulis Tips  yang didapat dari Ibu dokter cantik dan Eteh Bidan cantik tentang menyusui selama berpuasa untuk ibu yang menyusui dan tidak berlaku bagi bapak – bapak   Tips Ini mamang dapat pada waktu anak kedua mamang lahir hehehe. 

Tips Menyusui Selama Puasa untuk ibu yang menyusui
Alhamdulillah anak mamang sudah 1 tahun lebih, tapi tetep masih minum ASI ibunya....
 Jangan di cubit ya..


“Walaupun ibu tidak makan selama 14 jam, komposisi ASI nya tidak akan berubah atau berkurang kualitasnya dibandingkan saat tidak berpuasa” begitu kata bu dokter Cantik hehehe.

“Sangat dianjurkan pada para ibu yang masih menyusui eksklusif (usia bayi kurang dari 6 bulan) untuk menunda berpuasa atau tidak berpuasa. Agama Islam pun memberi keringanan bagi para ibu menyusui untuk tidak berpuasa selama Ramadhan. Sebab pada masa menyusui eksklusif, ASI adalah satu-satunya asupan cairan dan gizi bagi bayi. Pada masa ini, metabolisme tubuh ibu bekerja dengan giat untuk terus menerus memproduksi ASI dengan komposisi yang lengkap” ini kata Eteh Bidan Cantik heheeh

Bila memutuskan untuk menjalankan puasa Ramadhan kata bu dokter dan eteh bidan yang cantik, katanya begini tipsnya kalau tetap mau berpuasa:

Asupan menu dengan gizi seimbang
penting bagi ibu menyusui yang sedang berpuasa untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang. Pada saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Makan sahur akan menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas kita hari itu. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk anak.

Perbanyak konsumsi cairan
mulai dari berbuka hingga sahur. Jika bisa minum air putih sebanyak dua liter, ditambah dengan jenis cairan lainnya seperti juice buah, air madu dan susu. Minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil dan menyusui. Berbuka puasa dengan minum minuman hangat, akan merangsang kelancaran ASI bagi ibu menyusui.

Istirahat yang cukup
Merasa lemas saat berpuasa itu hal yang lumrah, apalagi jika si ibu baru saja menyusui. Cobalah untuk beristirahatlah sejenak, apakah dengan cara tidur atau sekadar relaks menenangkan pikiran. Perlu ibu menyusui ketahui, bahwa semakin sering payudara dihisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi, bila selama puasa ibu tetap rajin menyusui, ASI akan tetap lancar.

Tetap tenang dan percaya diri
Ibu hendaknya tetap tenang beribadah dan percaya diri terus menyusui, jangan merasa khawatir ASInya akan berkurang. Ingatlah bahwa menyusui pun juga ibadah.

Meminum madu, kurma
Dengan meminum madu, kurma dan habbatussauda, diharapkan kuantitas dan kualitas ASI tetap terjaga, karena madu, kurma merupakan vitamin alami dan komposisinya lengkap.


Selamat menyusui dan selamat berpuasa...

sumber: dokter cantik, bidan cantik, istri cantik

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

48 komentar

wah mantab nih sob.
visit me back ya..

Balas

nice info mang yono, apalagi buat para ibu2. aayahnya iya juga lho? hehehe

Balas

Tips yang sangat menarik untuk ibu-ibu yang sedang hamil ataupun sedang menyusui. Ini sangat penting untuk diperhatikan mengingat pada masa hamil dan menyusui merupakan masa yang cukup kompleks. Terutama asupan gizi itu harus seimbang.

Terimakasih banyak pak atas tipsnya :)

Balas

betul mang, khususnya untuk ibu yg menyesui gak usah khawatir akan kekeurangan air susu, karena menyesuai juga ibadah jd jangan begitu diributkan

Balas

hatur nuhun, kang.. penting nih bt istri saya (lg menyusui anak kedua) :)

Balas

terimakasi... oke langsung tariiik

Balas

siip dah .. ayahnya juga rebutan hehehe

Balas

apalagi kalau bayi dibawah 6 bulan, asi merupakan hal yang utama, karena belum da makanan padat atau makanan tambahan

terimakasih juga kunjungannya...

Balas

wah lha kok sama dengan ibuke hayyu mang, cocok nih mang sarannya. dihitung amalan sholeh mang,
mang yono ini memang guru saya

Balas

betul mbak, alhamdulillah istri mamang juga tetap menjalankan ibadah puasa. ... siip dah

Balas

sami sami kang. anak keduanya sudah berapa tahun kang?

Balas

ikut senang mang dengarnya, semoga selalu diberikan kesehatan agar puasa bisa jalan terus..

Balas

iya mas, meskipun sebagai lelaki ndak pernah menyusui, tapi sedikit sedikit harus tau, dan jangan malu bertanya apalagi dokter dan bidannya cantik pasti gampang diingat saran - sarannya hehehe..

guru umar bakri ya hehehe

Balas

saya juga angkat mas agus jadi kakak pertama :)

Balas

terimakasih atuh mamang tipsnya, saya teh jadi teu mungkin aje kelak udah punye istri lagi menyusui kan bisa mampir kesini lagi ya mang liat tipsnya oge :) hehhehe oke mama yono selamat menjalankan ibadah puasa..

Balas

aminn.. mudah-mudahan saja ya :)

Balas

makasih tips nya mang,,,,
sangat bermanfaat,,,,,,,,,

ank spa mang? imut"

Balas

kapan atuh punya istri... eheheh... silahkan..

terimakasih, dan selamat menjalankan ibadah puasa juga buat mas Andes

Balas

Tips yang sangat berharga Mang, khususnya bagi ibu2 yang sedang menyusui dibulan Ramadhan ini Mang..

Balas

Anak Mamang ya, kan Mamang juga imut..:)

Balas

Bentar lagi ah Mang, nanti kalau pas tanggalnya dikasih undangan..

Balas

Terima kasih Mang atas pencerahannya..

Balas

berhubung saya laki jadi nyimak aja ya gan

Balas

heheh imut imut kayak marmut hehe

Balas

mudah - mudahan bermanfaat ya mas

Balas

mantab tipsnya untuk ibu yang baru menyusui

Balas

angkat saya jadi murid mu guru

Balas

awas jangan nggondol janda tetangga lho ya

Balas

mang putranya kok ganteng gagah perkasa kayak gatotkaca,
asli putra mang yono kan mang?bukan putra tetangga

Balas

Apanya yang ditarik mang ?

Balas

Kalau memungkinkan barangkali air susunya bisa disedot dulu pake pompa ASI trus dikasih botol. Kalau gak salah khan bisa tahan 6 jam pada suhu kamar dan 24 jam di freezer

Balas

Buat yang sudah punya istri dan istrinya sedang menyusui anak.. semoga postingan diatas bisa membantu anda-anda semua...
Berterima kasihlah sama yang punya postingan...
(Makasih Mangyono)

Balas

Tarik Becak segera menuju ke TKP...
Bruumm... Bruumm... :P

Balas

iya kalau bapak- bapak jangan ya

Balas

ganteng seperti bapaknya ya hehehe

ya iyalah.... Dulu sih saya pengen punya anak perempuan mas, cuma dikasihnya anak laki - laki semua.

Balas

Nice tips pak,

sayang ane belum punya istri..hehehe

Balas

iya betul sekali mas, saya juga pernah tuh coba di preezer , dulu waktu bayi saya dalam keadaan darurat di rumah sakit, sedangkan ibunya di rumah sakit berbeda

Balas

Segera dilamar pacarnya mas .. he he

Balas

tambah lagi mang, siapa tahu dikasih anak perempuan, biar komplit .. he he

Balas

takut keduluan disambar orang

Balas

maunya sih begitu mas, tapi kalau teringat kelahiran yang kedua ini yang penuh perjuangan serta keputus asaan... dua saja cukup dah...

Balas

madu sama kurma ini yang hebat banget. kandungan gizi dan vitaminnya buanyak.

Balas

wiiiih lucu dan imut

co cweet

ini buat nanti juga kalau akuh sudah ada momongan

Balas

madu memang sangat penting untuk menjaga antibody si ibu dan untuk si bayi

Balas

informasi yang bagus, terimakasih .. salam kenal dari http://www.grosirperlengkapanbayibarulahir.blogspot.com

Balas

kadang kalo anaknya banyak menyusunya,lemes juga ,hihihi...
terimakasih petunjuknya

Balas

Alamat Warung Benih MANGYONOcom
Kmp. Gardu 1 RT 009 RW 03
Ds. Bendungan
Kec. Pagaden Barat
Kab. Subang – Jawa Barat
(Belakang TKA Assalam atau PAUD Assyafaah)

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger