Cara Menanam Pohon Pisang Ala Mang

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes..


Setelah sebelumnya mamang nulis tentang  Memanfaatkanlahan kosong dengan menanam pisang sekarang mau berbagi tentang Cara menanam pohon pisang ala Mang atau budidaya tanaman pisang, walau banyak juga master – master yang nulis tentang ini, tapi mamang tetep saja mau nulis... hayooh.. Ini adalah cara saya menanam pohon pisang, mungkin ada banyak kekurangannya, tapi mungkin juga ada kelebihannya walau secuil... yuk kita simak yuuuk.



Cara Menanam Pohon Pisang Ala Mang
Untuk langkah pertama siapkan bibit, Bibit dapat dibeli dari tempat lain atau bisa juga ngambil di kebun sendiri kalau ada tetangga yang punya, bisa minta tetangga, kalau tidak dikasih ya bilang saja mau beli, kalau tidak dikasih juga .... Terlalu ehehe . 


Setelah dipotong dari indukan, bersihkan tanah yg menempel di akar. Simpan bibit di tempat teduh sekitar satu hari atau lebih dikit juga tidak apa - apa hehehe. 

Ini bertujuan sebelum ditanam agar luka pada umbi mengering. Buang juga pelepah daun atau bisa juga di potong pada ujung batang atas, kalau yang saya biasa lakukan yaitu memotong pada ujung batang bagian atas, tinggal tebas , sudah beres dah hehehe.


Selanjutnyasebelum  masuk kelangkah kedua, di pastikan kita akan menanam pohon pisang di lahan atau pekarangan kita sendiri, khan gak baik kalau menanam di lahan orang lain, nanti yang memanennya siapa hayooh, dan usahakan juga penanaman pisang jauh dari rumah kita, ini bukan mitos, cuma menghindari, siapa tahu dikemudian hari ada angin dan pohon pisangnya roboh tidak mengenai Rumah kita eheheh.



Pengambilan anakan pohon pisang
Anakan pisang ambil dari indukan 
dengan cara menggali tanah disekelilingnya








Buang seluruh akar pada bonggol anakan pisang
Buang seluruh akar pada bonggol anakan pisang
Tetapi kulit bonggolnya jangan dikupas .. ehhe


Untuk Langkah kedua Pembuatan Lubang Tanam : Ukuran lubang tanam biasanya persegi 30 x 30 x 30 cm atau terserah sobat saja dah.. hehe.. ndak perlu pas – pas banget kale kalau buat percobaan mah, ukurannya kurang kurang 5 cm tidak masalah eheheh.
Biar seragam arah keluar buah pada penanaman pertama
Biar seragam arah keluar buah pada penanaman pertama
A. Arah bonggol
B. Arah Keluar Buah Pisang

 Untuk Langkah ke tiga Penanaman, Penanaman dilakukan menjelang musim hujan yaitu di bulan September dan bulan Oktober, pas bula sekarang nih. Sebelumnya lubang bagian dari dasar lubang tanam diberi pupuk organik seperti pupuk kandang/kompos sebanyak 10 sampai 15 kg. Karena pemupukan organik sangat berpengaruh terhadap kualitasrasa buah nantinya.

Posisi penanaman bibit pohon pisang harus tegak, nah perlu diperhatikan arah bonggol yang dipotong ke induknya harus satu arah, misalnya menghadap ke utara semua, kenapa satu arah? Ini biar seragam arah keluar buah pertamanya, kalau arah bonggol yang dipotong ke induknya arah ke utara nanti keluar buahnya kebalikan dari utara, berarti ke selatan, kalau arah bonggolnya ke timur berarti nanti arah keluar buahnya ke Barat dan seterusnya... Paham?... hehehe

Untuk Langkah ke Empat Penjarangan, Ini dilakukan bila pohon pisang yang ditanam sudah keluar anakan bertujuan untuk mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan, anakan di perlukan dalam satu rumpun harus terdiri 4 batang. Untuk pemotongan anakan dalam satu rumpun terdapat anakan yang masing-masing berbeda umur . Setelah 5 tahan rumpun dibongkar untuk diganti dengan tanaman yang baru.

Untuk Langkah ke Lima Penyiangan dan pemotongan pelepah, Daun-daun yang mulai mengering dipangkas agar kebersihan tanaman dan sanitasi lingkungan terjaga. Pemangkasan daun-daun ini dilakukan setiap waktu dan penyiangan rumput di area pohon pisang 

Untuk Langkah ke Enam Pemupukan dan pengairan, pemupukan tanaman Pisang biasanya memakai ure setiap enam bulan sekali, dengan membuat larikan di sekitar pohon pisang dan setelah itu larikan ditutup kembali dengan tanah. Untuk pengairan dilakukan dengan cara disiram atau mengisi saluran air yang berada di antara barisan tanaman pisang.

Untuk Langkah ke Tujuh Pemeliharaan Buah, Jantung pisang yang telah berjarak 20 cm dari sisir buah terakhir harus dipotong agar pertumbuhan buah tidak terhambat. Setelah sisir pisang mengembang sempurna. Untuk menjaga agar tanaman tidak roboh akibat beratnya tandan, batang tanaman disangga dengan bambu yang dibenamkan sedalam 30 cm kedalam tanah.
A. Arah bonggol waktu penanaman pertama.
B. Arah keluar Buah Pisang berlawanan dengan arah bonggol.

Pada umur 1 tahun rata-rata pisang sudah berbuah. Saat panen ditentukan oleh umur buah dan bentuk buah. Ciri khas panen adalah mengeringnya daun bendera. Dan dengan siku-siku buah yang hampir bulat.

Buah pisang dipanen bersama dengan tandannya. Tandan pisang disimpan dalam posisi terbalik supaya getah dari bekas potongan menetes ke bawah tanpa mengotori buah. Selamat makan buah pisang dari kebun sendiri. Terimakasih Sobat sudah membaca Cara menanam pohon pisang ala Mang




Salam dari mamang

“Jadilah Seperti pohon pisang”
Karena pohon pisang berbuah hanya sekali lalu mati dan digantikan oleh Anakan pisang baru 
 “Hidup ini hanya satu kali janganlah di sia-siakan dan apa pun yang dimiliki harus di amalkan kepada generasi penerusnya.... Betul Tidak?”




 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar