logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Cara Menanam Pohon Pisang Ala Mang

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes..


Setelah sebelumnya mamang nulis tentang  Memanfaatkanlahan kosong dengan menanam pisang sekarang mau berbagi tentang Cara menanam pohon pisang ala Mang atau budidaya tanaman pisang, walau banyak juga master – master yang nulis tentang ini, tapi mamang tetep saja mau nulis... hayooh.. Ini adalah cara saya menanam pohon pisang, mungkin ada banyak kekurangannya, tapi mungkin juga ada kelebihannya walau secuil... yuk kita simak yuuuk.



Cara Menanam Pohon Pisang Ala Mang
Untuk langkah pertama siapkan bibit, Bibit dapat dibeli dari tempat lain atau bisa juga ngambil di kebun sendiri kalau ada tetangga yang punya, bisa minta tetangga, kalau tidak dikasih ya bilang saja mau beli, kalau tidak dikasih juga .... Terlalu ehehe . 


Setelah dipotong dari indukan, bersihkan tanah yg menempel di akar. Simpan bibit di tempat teduh sekitar satu hari atau lebih dikit juga tidak apa - apa hehehe. 

Ini bertujuan sebelum ditanam agar luka pada umbi mengering. Buang juga pelepah daun atau bisa juga di potong pada ujung batang atas, kalau yang saya biasa lakukan yaitu memotong pada ujung batang bagian atas, tinggal tebas , sudah beres dah hehehe.


Selanjutnyasebelum  masuk kelangkah kedua, di pastikan kita akan menanam pohon pisang di lahan atau pekarangan kita sendiri, khan gak baik kalau menanam di lahan orang lain, nanti yang memanennya siapa hayooh, dan usahakan juga penanaman pisang jauh dari rumah kita, ini bukan mitos, cuma menghindari, siapa tahu dikemudian hari ada angin dan pohon pisangnya roboh tidak mengenai Rumah kita eheheh.



Pengambilan anakan pohon pisang
Anakan pisang ambil dari indukan 
dengan cara menggali tanah disekelilingnya








Buang seluruh akar pada bonggol anakan pisang
Buang seluruh akar pada bonggol anakan pisang
Tetapi kulit bonggolnya jangan dikupas .. ehhe


Untuk Langkah kedua Pembuatan Lubang Tanam : Ukuran lubang tanam biasanya persegi 30 x 30 x 30 cm atau terserah sobat saja dah.. hehe.. ndak perlu pas – pas banget kale kalau buat percobaan mah, ukurannya kurang kurang 5 cm tidak masalah eheheh.
Biar seragam arah keluar buah pada penanaman pertama
Biar seragam arah keluar buah pada penanaman pertama
A. Arah bonggol
B. Arah Keluar Buah Pisang

 Untuk Langkah ke tiga Penanaman, Penanaman dilakukan menjelang musim hujan yaitu di bulan September dan bulan Oktober, pas bula sekarang nih. Sebelumnya lubang bagian dari dasar lubang tanam diberi pupuk organik seperti pupuk kandang/kompos sebanyak 10 sampai 15 kg. Karena pemupukan organik sangat berpengaruh terhadap kualitasrasa buah nantinya.

Posisi penanaman bibit pohon pisang harus tegak, nah perlu diperhatikan arah bonggol yang dipotong ke induknya harus satu arah, misalnya menghadap ke utara semua, kenapa satu arah? Ini biar seragam arah keluar buah pertamanya, kalau arah bonggol yang dipotong ke induknya arah ke utara nanti keluar buahnya kebalikan dari utara, berarti ke selatan, kalau arah bonggolnya ke timur berarti nanti arah keluar buahnya ke Barat dan seterusnya... Paham?... hehehe

Untuk Langkah ke Empat Penjarangan, Ini dilakukan bila pohon pisang yang ditanam sudah keluar anakan bertujuan untuk mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan, anakan di perlukan dalam satu rumpun harus terdiri 4 batang. Untuk pemotongan anakan dalam satu rumpun terdapat anakan yang masing-masing berbeda umur . Setelah 5 tahan rumpun dibongkar untuk diganti dengan tanaman yang baru.

Untuk Langkah ke Lima Penyiangan dan pemotongan pelepah, Daun-daun yang mulai mengering dipangkas agar kebersihan tanaman dan sanitasi lingkungan terjaga. Pemangkasan daun-daun ini dilakukan setiap waktu dan penyiangan rumput di area pohon pisang 

Untuk Langkah ke Enam Pemupukan dan pengairan, pemupukan tanaman Pisang biasanya memakai ure setiap enam bulan sekali, dengan membuat larikan di sekitar pohon pisang dan setelah itu larikan ditutup kembali dengan tanah. Untuk pengairan dilakukan dengan cara disiram atau mengisi saluran air yang berada di antara barisan tanaman pisang.

Untuk Langkah ke Tujuh Pemeliharaan Buah, Jantung pisang yang telah berjarak 20 cm dari sisir buah terakhir harus dipotong agar pertumbuhan buah tidak terhambat. Setelah sisir pisang mengembang sempurna. Untuk menjaga agar tanaman tidak roboh akibat beratnya tandan, batang tanaman disangga dengan bambu yang dibenamkan sedalam 30 cm kedalam tanah.
A. Arah bonggol waktu penanaman pertama.
B. Arah keluar Buah Pisang berlawanan dengan arah bonggol.

Pada umur 1 tahun rata-rata pisang sudah berbuah. Saat panen ditentukan oleh umur buah dan bentuk buah. Ciri khas panen adalah mengeringnya daun bendera. Dan dengan siku-siku buah yang hampir bulat.

Buah pisang dipanen bersama dengan tandannya. Tandan pisang disimpan dalam posisi terbalik supaya getah dari bekas potongan menetes ke bawah tanpa mengotori buah. Selamat makan buah pisang dari kebun sendiri. Terimakasih Sobat sudah membaca Cara menanam pohon pisang ala Mang




Salam dari mamang

“Jadilah Seperti pohon pisang”
Karena pohon pisang berbuah hanya sekali lalu mati dan digantikan oleh Anakan pisang baru 
 “Hidup ini hanya satu kali janganlah di sia-siakan dan apa pun yang dimiliki harus di amalkan kepada generasi penerusnya.... Betul Tidak?”




 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

24 komentar

Wah meuni lengkep pisan mang..cara menanam cauna, saya suka sama filosofi pohon pisang ini mang, ngena banget

Balas

ditanam di dalam pot bisa gak mang??

Balas

wah ternyata nanam pisang ada caranya juga ya,.. baru tahu saya hehehe keren banget nich gambar nya :)

Balas

dulu waktu di kampung serig bantuin bapak nanam pisang Mang...kurang lebih ya begitu...tapi biasanya bapak bikin lubang di tanah jauh hari sebelumnya untuk diisi kompos dan sampah daun

Balas

bisa mas...pisangnya :D

Balas

walah kalau saya ndak pernah mbak diisi kompos, langsung tanam hehehehe

Balas

gak mauuuuu jadi kayak pohon pisang.. seŇ£elah punya anak 1, matik!

Balas

Kayaknya menarik juga ya menanam pohon pisang,nanti ada waktu luang mau dicoba juga.

Balas

mungkin masih banyak yang kurangnya mas hehehe..

Mantab ya mas....

Balas

heheh potnya harus besar mas hehehe

Balas

Tentu ada mbak, malahan masih banyak yang kurangnya... belajar nulis sekalian belajar menggambar juga mbak heeheh

Balas

iya mbak katanya bagus kalau bikin lubang jauh - jauh hari terus dikasih kompos dan ditimbun lagi untuk sementara...

Kalau tanahnya bagus sih ndak masalah mas... katanya sih hehehe

Balas

hehehe betul juga ding hehehe...

Balas

menarik dan bikin asik mas... silahkan dicoba,... berani kotor itu bagus hehehe

Balas

saya lagi punya pisang brazil di rumah Mang. setinggi satu meter udah berbuah. katanya. punya saya belum

Balas

pisang brazil modelnya seperti apa mas, saya malah belum tau. ditanam di pekaranan atau di pot, mas?

Balas

Melakk Cauu Ning Hntee Sesah Sesahh Twing nyahh Mang Nembe Terang :D
Hatur Nuhun Mang Infona Bener Bener Bermanfatt :D
Gambarna Dwii Mani Sae Pisann Beuhh Si Emang Mahhh Bener" Kreatiff dahhh hehehe

Balas

boleh dicoba nih,,,,
tempat ane juga ada bibit pisang bagi yg berminat.. :D

Balas

mung sakedik terang cara ieu bray... mudah- mudahan tiasa manfaat nya... heheh nuju di ajar curat coret na kertas supados putra uink teu nyurat - nyoret tembok hehehe

Balas

tuh kan di Mitra Bibit juga ada bibit pisang... silahkan deh yang minat langsung pesan ke Mitra Bibit hehehe

Balas

mau coba juga aah... sepertinya nilai ekonominya tinggi..

Balas

Salam kenal mang, abdi oge blogger ti Subang mang,,,, tulisan amang sarae, abdi oge nulis tentang pertanian,,,

Balas

Mang bisa nggak anakan ditidurkan diatas tanah saja tanpa digali? Nuhun pisan Mang.

Balas

sampurasun mang, bade naros
1. lamun akar anakan kunaon kudu di potong geuningan, apa teu mati kitu ?
2. trus di bumi abdi aya cau batu, tp dipiceun euy, teu bisa di emam tuh da, paingan jantungna hungkul mang, cau batu teh bisa diolah jadi naon ny mang ? hatur nuhun

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger