logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Apakah sulit menjadi wira usaha?.

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes..   

Tak terasa mamang jadi karyawan sudah ada sekitar 17 tahun. Selama jadi karyawan tersebut saya tidak pernah ada masalah dengan pekerjaan, tapi di tahun ini mulai timbul rasa bosan dan malas dalam bekerja, karena setiap minggu harus pulang ke kampung dan bolak balik Jakarta - Subang 

 

Tiap minggunya pulang hari sabtu sampai rumah jam 10 – 11, sedangkan hari senin dini hari harus berangkat lagi ke Jakarta jam 2 atau jam 3, tapi sampai kantor kesiangan juga karena jalanan macet.


Apakah sulit menjadi wira usaha?.

Menjalani rutinitas seperti itu membuat saya jenuh apalagi gaji yang diterima walaupun lumayan nilainya menurut saya 5 koma alias tanggal 5 sudah koma gak ada duit lagi.... Hehehe

Istri sudah bantu berusaha membuka usaha kecil-kecilan di kampung untuk menambah pendapatan keluarga tapi hasilnya tidak cukup  untuk menambah pendapatan keluarga, sementara saya hanya bisa jadi karyawan gak bisa nyambil kerjaan lain karena waktu tersita di kantor  * wiiih gaya.

Kadang – kadang saya kepikiran Apakah sulit menjadi wira usaha?. Dan pengen buka usaha bengkel las di kampung, kok bengkel las?. Coba bayangkan saja, setiap tahun pertambah penduduk Indonesia rata-rata  2,7 juta jiwa, berarti kalau dipikir – pikir di antara itu pasti ada yang butuh rumah tinggal baru untuk setiap pasangan suami istri.





Berdasarkan angka tersebut, mamang  bisa menebak akan banyak bisnis yang dapat dikembangkan di Indonesia baik skala besar maupun skala kecil. Bisnis skala kecil misalnya tentang bisnis las, mungkin sobat akan bertanya hubungan apa bengkel las dengan pertumbuhan penduduk.

 Bengkel las bisa maju pasti karena ada pelanggan tentunya.  nah pelanggan salah satunya adalah mereka para pemilik rumah, bagi mereka yang membangun rumah baru tentunya butuh pagar yang berbahan dasar dari besi, teralis, kanopi sedangkan mereka yang telah mempunyai rumah membutuhkan pergantian atau renovasi pagar, renovasi teralis yang sudah bosan dengan model lama.... Betul Tidak?

Teralis bukan hanya sekedar berfungsi sebagai alat pengamanan dari maling atau binatang lainnya, tentunya  juga harus lebih arstistik, menarik, nyentrik, pokoknya ik.. ik.. dan ik ... hehehe, maka tukang bengkel las harus kreatif.

Sering mengikuti perkembangan model, karena model sangat tergantung pada waktu, sewaktu - waktu model bisa berubah ukurannya, demikian juga motifnya, kembangnya, ukirannya, frofilnya dan sebagainya sangat menentukan para pelanggan untuk selalu berlangganan dengan bengkel mamang.

Untuk memperbanyak langganan atau konsumen yang jangan dilupakan adalah faktor kualitas dan servisnya, agar langganan (customer) tidak berpaling kelain hati hehehe ... berpaling kebengkel lain maksudnya.

Didalam pengelasan atau bengkel las ada dua Macam yaitu bengkel las listrik dan bengkel las acetylin(karbit).

Bengkel las acetylin  yaitu untuk mengerjakan plat-plat tipis bukan rangka, misalnya, service radiator mobil dan servis kenalpot sepeda motor. Las acetylin tidak menggunakan listrik, tapi hanya menggunakan perpaduan antara gas karbit (acetylin) dengan O2 (Oksigen) yang diatur oleh blender....
Kalau ditempat mamang kerja ini ndak pernah pakai.
 
Bengkel las Listrik yaitu , sumber tenaga las listrik adalah travo listrik dengan bahan tambah yang disebut elektroda las atau lebih tenarnya dengan sebutan kawat las... hehehe.  Yang di gunakan yasitu Mesin las AC/DC mesin ini merupakan mesin las pembangkit arus AC/DC yang digunakan di dalam pengelasan las listrik. Yang ditambah dengan Elektroda las.

Elektroda las jenisnya menyesuaikan jenis baja yang dilas. Maksudnya, misalnya, mengelas mild steel cukup dengan tipe RD kawat las  RB dan LB untuk baja karbon tinggi, kalau untuk mengelas baja stainless  yang digunakan ya kawat las stainless juga.

Bengkel las listrik untuk mengerjakan pengerjaan kontruksi baja, misalnya pembuatan pintu gerbang besi, tralis jendela pintu, jembatan atau untuk kuda-kuda rumah dan rangka baja rumah.

Untuk membuka bisnis Las Listrik lebih murah. dengan modal 3 juta untuk membeli travo berkekuatan sekitar 1.300 watt ditambah kacamata las,grinda, gergaji tangan, nah untuk rincian biayanya, kurang lebih seperti ini:
1. Trafo las 1.300 watt                   : Rp 2 juta
2. Perlengkapan lain
    (grinda, gergaji, kacamata las) : Rp 2.5 juta

Tambah modal untuk memulai pekerjaan atau membeli material besi.

Nah udah deh ngelamunnya, sekarang saatnya kerja lagi hehehe... Itu hanya sebuah angan – angan atau rencana, waktunya belum ketahuan kapan dimulainya.. Apakah sulit menjadi wira usaha?. ya udah deh mending jalanin dulu saja pekerjaan yang sekarang... Betul Tidak?







Salam dari mamang


Dia yang mengeluh adalah dia yang tak pernah bisa bersyukur, padahal tanpa ia sadari, karunia dari Tuhan telah ia nikmati setiap hari.... Betul Tidak?”








Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

34 komentar

Kebanyakan orang tidak berani membuka lapangan kerja karena terbentur dengan modal :(

Balas

bener mas Imam, saya juga merasakan. untung ada pihak bank yang sedikit membantu mengenai permodalan untuk rakyat kecil seperti saya :)

Balas

Beriwirausaha memang tantangan bagi kita demi kemandirian masyarakat dalam menghadapi tantangan global.

Balas

sepertinya buka usaha bengkel sangat menjajikan Mang. saya punya temen yang kerjanya ngelas, dan sekarang temen saya sukses dengan bengkel Lasnya.

Balas

Memang sih kalau punya keahlian mendingan buka usaha sendiri, selain itu kita bisa mengatur semuanya sesuka kita dan tentunya kita bisa memperkerjakan orang, kan bagus juga yah mang :)

Balas

Betul mas- akang, makanya saya belum berani daptar Wira usaha .. ya itu terbentur modal dan pelanggan mungkin ... modal ada kalau pelanggan sepi kan bingung... intinya saya belum mantab dalam mengambil keputusan, entah sampai kapan, mimpi ini jadi kenyataan...hehe

Balas

Betul sekali sob... tapi saya masih belum bisa memulainya Beriwirausaha..

Balas

iya mas usaha Lasnya bukan usaha bengkelnya hehehe... tapi hati ini belum mantab mas... masih terbentur ini dan itu hehe

Balas

Iya begitu mas, tapi gimana ya, sayahnya masih betah ngerantau dan jadi kuli di Jakarta, itu masih angan - angan saja hehehe.

Balas

Untuk menjadi ramai dan sukses, tetangga saya harus sabar kurang lebih dua tahun dalam usaha las listrik. Yang terpentng bagi para usahawan termasuk tetangga saya adalah kemampuan menunjukkan 'hasil garapan' yang bisa memuaskan pelanggan. Jika kita bagus dalam penggarapan, sesuai jadwal, harga miring, maka dari mulut ke mulut promosi ini akan menyebar.
Jadi nggak harus dimulai dari modal besar, tapi dari bagaimana kita menghasilkan produk yang berkualitas

Balas

modal nya mang,,,,,

mudah" kita semua bisa sukses,,,
amin

Balas

kalau menurut saya cukup sulit mang untuk jadi wirausaha, soalnya saya tidak punya skill yang bisa dikembangkan dan juga tidak punya modal hehehehe :D

Balas

nih mang mbak Maya mau ngasih modal :D

Balas

wkwkwk potonya kocak banget dah, jijay . . . ^_^

Balas

poto keluarga.

Balas

yang penting berani dulu lah mang, jangan dipikir laku tidaknya. Adik saya yang berhenti ikut bengkel resmi, buka bengkel sendiri tiap hari pasti ada orang yang servis tapi tidak begitu ramai. nunggu 2 tahun baru benar-benar ramai mang. Tapi ingat Allah pasti memberi rejeki mang. Seandainya mang yono buka las di tempat saya, pasti deh saya jadikan langganan membikin rangka sepeda trail, sepeda trial, modifikasi CB100, pokoknya saya serahkan modifikasi motor ke mang yono. Adik saya biasa menyerahkan modifikasian ke las tetangga dan ramainya minta ampun, pengerjaan jadi molor bermingggu minggu.
Jadi mantapkan hati untuk membuka bengkel las mang. Pasti Laku.

Balas

tambahan deh mang, saya juga sebenarnya sudah bosan kerja, dengan mencoba bisnis forex sesuai dengan bidang kemampuan saya. Sudah terjuan ke dunia forex dan saya gagal karena psikologi saya kurang matang, akhirnya saya mencoba cari peluang lainnya. heehehe. Artinya rencana lain sebagai antisipasi harus tetap jalan.

Balas

kalau punya niat
pasti akan tepat
dg sukses usaha didapat
apalagi ngelas dah jadi bakat

Balas

mending wira usaha sendiri kang,gak jadi kuli terus.
kalo wira usaha sendiri,kita bisa berpangkat double....bos dan karyawan....hehe.
yg penting ada modal dan tekad,kecil-kecilan juga gak masalah.
bengkel las,menurut saya sangat bagus loh masadepannya.

Balas

Ternyata begitu ya mas, kalau sudah punya langganan .. enak mas, dikampung saya ndak ada yang buka bengkel las, kalau mau las cangkul dan yang lainnya repot, apalagi bagus ya kalau buka bengkel las keliling hehehe cuma repot bawa genset hehehe

Balas

oooh begitu ya mas, betul mas yang utama adalah memuaskan pelanggan dengan hasil garapan yang bagus...

terimakasih masukan dan suportnya mas.

Balas

oooke deh mbak may, jaminannya pakai apa ya?

kang Ucup, memang betul mbak maya orangnya baik deh..

Balas

skill urutan nomor 10 mbak, nomor 2 pengalaman hehehe... nah nomor 1 nya modal eheheh

Balas

heheh poto dokumen keluarga mas. di rumah malah di cetak dan ditempel didinding hehehe...

Balas

saya juga udah merintis ini Mang, cuma masih bagi hasil, soalnya tempatnya di jawa tengah sana. tapi saya akan renungkan strategi yang analog, yang Mamang punya. top Mang!

Balas

wah hebat mas agus bisnis forex kalau sayah ndak ngerti mas masalah bisnis yang gituan, betul mas kerja itu harus mempunyai bebrapa cadangan, biar satu gagal ada gantinya..

Balas

dengan tekad bulat
pasti akan didapat
tapi jangan lupa zakat
dan jauhi maksiat... at...at ...at..at hehehe... mbak anis memang siiip.

Balas

iya mas, kalau niat saya sudah bulat nanti, mau saya coba... biar pangkat stereo dan bilingual hehehe.

Balas

wah hebat nih mas Zac, bagi ilmu dan strateginya dong hehehe...

Balas

kayanya perlu ada keinginan yang kuat dan keberanian mang jika selama ini kita hidup dalam confort zone atau zona nyaman kerja kita..yang susah itu mulainya, kalo sudah jalan sepertinya berwirausaha ya sangat menjanjikan mang

Balas

betah amat mang sampe 17 taun. aku kerja paling lama 5 taun itu pun baru sekali. biasanya 2 3 tahun dah bosen trus buka usaha sendiri. tapi tetep sama 2 3 tahun juga bosen trus kerja lagi. ga bakat kaya meureun...

Balas

usaha sesuai dengan hobi, pasti nyenengin tuh...
hobi bertanam seperty saya y usahanya jual bibit.
jadi gag bosen.. :D

Balas

setelah ku baca artikel sampean agak menyentuh perasaan dan emang lucu karena ada sedikit persamaan atara pikiran saya saat ini untuk alih profesi yang sudah lama dan lama lama jadi bosan hidup di keramaian yang begitu berhimpita,usaha semakin bersaing ketat teknonogi semakin canggih yang tadinya orang ga bisa sekarang cepat di pelajarin 20tahun sudah ku tekuni dibidang cetak poto dari jaman benar benar di cuci pake air sampai yang digital Alhamdullillah bisa walaupun hanya bisa bisaan (maklum jaman dulu ga kenal komputer) GAPTEK LAH namun karena tuntutan jaman harus bisa secara AUTODIDAK coba coba selalu belajar sampai sampai komputer ngebul bau sangit kebakar sekarang udah bisa timbul bosan pengin coba yg lain ke teknik emang klo dilihat sangat menyimpang jauh mudah2an bisa berjalan kalaupun masih angan angan dan rencana soalnya sayang masih ada tempat dua tahun kedepan udah dibayar . semangat berusaha pantang menyerah yang penting halal bukan tipu tipu orang!!!!!

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger