logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Gara – gara Bus Patas AC- 02 saya merokok lagi.

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes.. 


Ini kejadiannya hari senin kemarin, pas saya kembali ke Jakarta dari kampung halaman, saya naik bus patas AC- 02 dari Terminal Kp. Rambutan padahal seringnya saya naik Bus Transjakarta tapi dengan rasa kantuk yang sangat saya males harus transit, di cawang. 


Akhirnya saya putuskan untuk naik bus ini, dengan membayar sesuai tarip biasanya, tapi alangkah terkejutnya saya, pas saya kasih uang ke kernet, katanya kurang 2 ribu lagi, saya tanya, padahal orang lain ndak ada yang nanya, kenapa bisa naik secara tiba – tiba, dia bilang katanya jam kerja... Ooooh kalau pas jam kerja taripnya naik ya, saya baru tahui hehehe. ya udah daripada saya adu mulut, saya pasti kalah karena kernet itu giginya agak tonggos mirip Bang boneng, gimana jadinya kalau saya sampai adu mulut, pasti dah mulut saya gerowak.. hehehe. 


Karena kernetnya minta tambahan 2 ribu lagi maka saya kasih dengan uang 100 ribu karena cuma uang itu yang nangkring di dompet.. hehehe, dia bilang nanti kembaliannya, sekarang ndak ada kembalian. 

Setelah bus hampir sampai ke tempat tujuan saya, saya tanya lagi uang kembalian,  kernetnya bilang masih ndak ada kembalian, saya minta uang  100 tadi, dan saya turun untuk menukarkan uang ke warung, dengan cara membeli rokok. Kenapa membeli rokok , ya itulah salah saya. Dan mulai saat itu saya merokok lagi.... kasihan deh saya, gara - gara  bus yang naikin tarip seenaknya. Padahal saya berusaha berhenti merokok sudah Berawal dari Bulan Ramadan saya  memulai kebiasaan baru yang menyehatkan, dan menghilangkan kebiasaan yang tidak seha, yaitu kebiasaan merokok.
Gara – gara Bus Patas AC- 02 saya merokok lagi.

Biasanya saya merokok sebanyak 3 -12 batang per hari selama 23 tahun ya sejak sekolah SMP meskipun secara sembunyi – sembunyi dan kalau mau merokok kebiasaan saya buka seragam sekolah, kenapa buka seragam sekolah?. Jawabannya, Ya biar dikira bukan anak sekolah hehehe.

Terkadang saya mencoba untuk berhenti selama sebulan. Tetapi, saat saya melihat seseorang dengan rokok di tangan membuatku ingin merokok saya beranikan diri untuk minta rokoknya, sebatang eheheh, lagak preman eheheh. Akhirnya karena  minta rokok tadi terlalu sering, saya pun membeli rokok lagi dan akhirnya merokok lagi.


Istri saya padahal sangat memerhatikan kesehata saya dan beberapa kali menunjukkan artikel tentang kanker paru-paru dan infeksi dada akibat bahaya merokok. Saya  memiliki dua orang anak dan dia tidak mau anak-anak melihatku merokok, karena kalau melihat saya merokok pasti rokok yang sedang saya pegang dipukul pakai sendal atau alat apa yang bisa memukul, itu tidak berlaku pada saya saja , sekalipun orang lain yang merokok pasti diperlakukan sama, tapi itu dulu waktu  masih kecil, kalau sekarang anak saya cuma menghindar atau menjauhi orang yang merokok, nah untuk menyalurkan bakat terpendam meroko, saya terpaksa merokok di taman atau di luar rumah.

Tetapi Awal ramadhan saya  memberitahu anak dan keluarga bahwa saya akan berhenti merokok selama Ramadan. Karena saya tidak bisa merokok di siang hari selama masa puasa, jadi saya berpikir bahwa jika saya bisa berhenti merokok siang hari tidak ada alasan mengapa saya tidak bisa berhenti sama sekali. ... Betul Tidak?


Beberapa pekan pertama itu sulit. Tidak makan atau minum apa pun selama siang hari memang susah, tapi bagi saya tidak merokok lebih susah dan sulit... hehehe.

Semua orang pasti telah mengetahui bahwa merokok adalah merupakan sebuah kebiasaan buruk yang bisa merugikan kesehatan sendiri atau pun kesehatan orang lain yang berada di sekitar kita, terlebih lagi jika mengkonsumsinya dalam jangka waktu bertahun – tahun lamanya. Dan jika Sobat - sabit bertanya kepada para perokok atau kepada saya, maka saya akan menjawab bahwa saya telah mengetahui efek negatif dan bahaya yang ditimbulkan dari rokok. Meskipun begitu, nyatanya banyak pecandu rokok  termasuk saya yang merasa begitu kesulitan untuk menghentikan kebiasaan buruk ini.... Betul tidak?

Tahukah Sobat - sabit jika faktanya sebatang rokok mengandung lebih dari 4.000 zat kimia yang didalamnya terdapat senyawa dari zat-zat berbahaya seperti arsenik, aseton, butan, sianida dan juga karbon monoksida?. Tahu ndak sobat – sabit ehehe?. Zat-zat berbahaya tersebut ada di dalam setiap batang rokok. Bahkan bukan hanya itu saja, akan tetapi juga terdapat lebih dari 700 jenis zat kimia berbahaya yang dicampurkan kedalam rokok guna semakin menambahkan kenikmatannya.... katanya sob... katanya.. hehehe. Bahan-bahan tambahan yang dicampurkan kedalam rokok inilah yang membuat sebuah rokok memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda dengan merk-merk rokok lainnya, kalau ndak percaya coba tanya pabrik rokok hehehe.

Kalu melihat bahaya dan efek dari rokok saya harus berhenti merokok lagi ni, itu gara gara kemarin saja saya jadi merokok lagi. Berarti saya harus mempraktekan tips di bawah ini sesuai yang pernah saya praktekan juga, tapa apakah saya bisa, sekarang kan bukan Bulan ramadhan. Ya udah deh, saya harus yakin dan bisa, kudu bisa, sabisa bisa, pasti bisa.. Bisa ... yuuuk... mareee...

Mengurangi konsumsi rokok secara perlahan dan bertahap.
Misalnya jika hari ini Sobat mengkonsumsi rokok 1 bungkus, besok harus Anda kurangi menjadi 1/2 bungkus, atau jika sobat hari ini mengkonsumsi rokok 1 batang besok harus dikurangi jadi setengah batang, dan jika hari ini mengkonsumsi rokok dengan cara membeli , besok kita merokok minta teman saja hehehe..  Dan begitu seterusnya dikurangi hingga Sobat atau saya benar-benar bisa berhenti merokok secara total.... Aseeek.

Mengganti rokok dengan cemilan sehat.
Saat sobat – sabit termasuk saya baru berhenti merokok biasanya akan ada kesan "kehilangan / kangen" nah untuk gantinya bisa dengancamilan sehat seperti, permen, susu atau apa saja yang sekiranya menyehatkan.


Niat dan target serta usaha yang maksimal, Lakukan olahraga yang teratur, Berdoa agar diberi kemudahan dan kelancaran dalam proses berhenti merokok.

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

36 komentar

pengalaman teman saya, diganti permen, mang...

btw, kl niat kuat pasti bisa... ayo cemungudh, mangg!!!

Balas

sangat disayangkan sekali mang, udah bagus2x berhenti, eh malah rokok lagi. kan uang yg 100 ribu bisa dibelikan jajanan buat anaknya atau oleh2x buat istri tercinta malah lebih barokah dan tentu dpt pahala krn menyenagkan anak dan istri.

Balas

ternyata yg pertamax udah keduluan, kirain aku yg pertamax...hehee

Balas

nanti kalau meriang lagi, baru ingat stop ngrokoknya ya Mang...

Balas

Iya mas ini juga mulai dari awal lagi, ehhehe, rokoknya kan dah habis, saya kasihkan juga ke satpam..... mudah - mudahan bisa.. orang lain saja bisa, masa saya ndak bisa ya ehheeh.

Balas

iya Mbak, tapi mulai sekarang berheti lagi deh rokoannya... betul sekali ya mbak, disamping roko itukan merugikan kesehatn diri sendiri dan orang lain.

Balas

heheh iya Mbak, sekarang juga udah batuk - batuk lagi, padahal waktu kemarin kemarin damai bebas asap rokok " kata isti saya". disamping merugikan kesehatan diri sendiri atau yang disekitar saya pula... betul tidak? hehehe

Balas

Mbak Iis, ndak apa kan keduax juga heheeh

Balas

bahasa arabnya: lammaa ta' ngudud.

bacanya pake qalqalah ya..

Balas

hahaha.. bisa aja mas zach heheh..

ada juga seperti bacaan ini.. minum es kelapa muda hehehe

TAROKALAPA ALA CAINA YUPLIMUNA AMIIS ...

Balas

ngerokok mati, gak ngerokok juga mati. ??????????

Balas

iya sih sob... tapi kasihan orang yang deket merokok eheheh

Balas

kalau ga udah kecanduan dan tiba-tiba ga merokok apa rasanya seperti kangen setengah mati sebelum ketemu yg tercinta ya

Balas

emangnya boneng gak bilang gini mang ? gila lu ndro, hehehe

Balas

harus berhenti. titik

Balas

saya naik onta aja deh

Balas

berhentilah merokok mang, jangan alasan terus dong ah...mamang ini, hehe

Balas

Kata org, yg sulit utk berhenti merokok hanya mulainya utk berhenti.

Alhamdulillah, suami saya bukan perokok. Tp hmpr semua sodara laki2 saya merokok deh. Hiks

Balas

ahahaa.. asikk nih idenya mang yono, terpaksa merokok di taman atau di luar rumah hanya untuk menyalurkan bakat terpendam :) enak dong pastinya mamang sambil nglamun liatin cewek2 cantik di taman :D hehehe..
keep spirit mang..

Balas

saya juga mau berhenti merokok tapi masih banyak yang jualan rokok mang, terpaksa deh saya batalin dulu niat untuk berhenti merokok :D

Balas

wah sudah lama banget ya mang merokok nya. 23 tahun itu bukan waktu yang sedikit loh hehehe :D

semoga saja bisa berhenti dari kebiasaan merokok nya :)
demi menjaga kesehatan :)

Balas

sepertiorang linglung dan serba salah mbak, perasaan ada yang kurang ehheeh... nah begitu tepatnya seperti kehilangan pacar ehheeh

Balas

iya deh mas.. iya... jangan tobat sambel ya heheeh

Balas

iya deh mbak, saya juga mau mulai berhenti kembali... mudah - mudahan bisa...

Balas

hehehe iya mas, tapi sekarang mau coba berhenti biar deh bakat terpendam dan sudah cape - cape berlatih selama 23 tahun jadi kelabu ehehe

Balas

kalau mikir kesitu saya juga suka bingung, nanti kalau main ke proyek pasti tiap mandor kasih saya rokok atau uang rokok, terus kalau saya berenti merokok dia mau bilang apa, .. uang permen gituh ehheeh

Balas

iya udah lama mbak, tapi saya belum ahli, contohnya kalau hisap rokok pasti asapnya dikeluarin ndak di telen... hehehe

terimakasih suportnya mbak... mudah - mudahan saya ... bisa.. heheeh

Balas

Kok pikirannya sama dengan boku Mang? Boku rasanya jengkel banget sama perusahaan rokok, Boku berniat mau membakar tu semua rokok satu persatu, niat Boku sih ngurangi rokok, walaupun levelnya "ngurangi rokok teman". Tapi yang penting ada niat dulu mang, entah terlaksanannya kapan...?

Balas

Bahkan Mang Yono dah dapat sertifikat perokok lho Mbak hehehehe....

Balas

iya mas Boku.. mudah - mudahan lancar dan terkendali ya, saya setuju mas, dengan membakar roko satu persatu nanti perusahaan rokok pasti keteter dan angkat tangan eheheh..

Balas

Mending uang permen Mang, dari pada uang "Gas" entar mamang keciduk lagi,..hehehehe...:)

Balas

kalo dirokok, masih jalan terus kan..?

Balas

dan siap siap gangguan janin dan kehamilan, mang...

Balas

mau berenti mah jangan pelan pelan. bikin kelamaan manyun. mending langsung stop.

paling enak mah cari pacar lagi mang. tapi yang berani ngancam, kalo masih merokok ga bakalan dirokok. udah tamat dah
mampus...

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger