logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Jembatan Gantung Angsana - Cikaum Sudah Teriak

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes.. 

Kemarin hari minggu mamang mau ke Cikaum lewat Sasak Gantung  ( dibaca Jembatan gantung) Angsana,  jembatan ini makin memprihatinkan kondisinya. 



Jembatan ini terbuat dari bambu yang dianyam serta bantalan dari kayu, ini merupakan jembatan yang menghubungkan daerah kampung Angsana, Desa Mekarwangi Kecamatan Pagaden Barat dengan Kp. Cikaum Kecamatan Cikaum. Dan ini merupakan jembatan satu satunya yang terdekat, ada sih jembatan yang menghubungkan kecamatan Cikaum dengan kecamatan Pagaden Barat terletak di Kampung Saya, yaitu jembatan yang menghubungkan Kampung Gardu Desa Bendungan dengan Kampung Pangadungan Desa Sindang Sari kecamatan Cikaum yang biasa warga menyebut dengan Bendungan  Macan.



Jembatan Gantung Angsana

Tetapi bagi warga Angsana Bendungan Macan ini sangat jauh dan untuk memper cepat mau ndak mau harus lewat Jembatan Gantung Angsana ini, termasuk saya kemarin lewat sini juga, eh pas lewat sini terbayang pada waktu AbeGeh berarti sekitar 30 Tahunan lebih , kalau mau main ke tempat pacar sering lewat sini, maklum deh pacarnya waktu itu rumahnya deket Jembatan Gantung Angsana - Cikaum . *tapi bukan penghuni jembatan gantuh loh.. kira kira hehehe

Kondisi Jembatan Gantung Angsana ini sekarang makin memprihatinkan karena bambu mulai dan kayunya mulai lapuk serta kawat penggantung atau biasa disebut Seling kawat/tambang kawat sudah mulai karatan. Jembatan yang membentang sepanjang kira – kira 150 meter dan lebar 1,5 meter.


Warga kampung atau anak – anak sekolah yang mau sekolah ke SMP Cikaum dari Pagaden Barat lebih banyak milih jalur lewat sini, karena lebih dekat dan waktu nya sedikit cepat. Soalnya kalau lewat Bendung Macan kampung Gardu jalannya harus muter, jadi lebih jauh dan waktu banyak terbuang, bisa – bisa anak sekolah kesiangan karena harus muter.

Dari semenjak saya masih ABeGeh, jembatan gantung ini sudah ada, berarti sekitar 30 Tahunan... ups, keceplosan, jadi umur saya ketahuan sudah tuwa eheheh.

Kalu dulu jembatan ini  dibangun dengan modal pribadi, sekarang mungkin sama... dari modal pribadi juga... hehehe. Ndak mungkin kan kalau modal pemerintah, masa pemerintah ndak kuat ngebangun jembatan permanen, apa karena mempertahankan seni dari jembatan gantung ... hehehe... mungkin belum ding... eheheh... lagi sibuk mungkin ya. 


Jembatan ini tidak bisa di lewati kendaraan roda empat, kalau roda dua masih bisa, motor dan sepeda itu aja harus dituntun atau di jalankan dengan pelan - pelan.. Kalau mobil pengen lewat sini ya harus di pretelin dulu rodanya jadi tinggal dua ... heheh.  # bisa – bisa dilempar panci sama penunggu jembatan gantung.

Biasanya pengendara yang lewat sini suka memberi sumbangan secara sukarela, besarnya macem-macem,  dari mulai mengasih seribu rupiah sampai 5 ribuan rupiah, tetapi ada juga yang suka bilang “entar pulangnya ya”. Uang tersebut biasanya di msukan ke kotak yang disediakan oleh pengelole pribadi, dan hasil sumbangan tersebut dipergunakan untuk memperbaiki kerusakan.

Mamang sebagai Warga Pagaden Barat mohon deh kepada Pemkab Subang yang baru dan semangat baru... Hidup Subang!!!..  Untuk secepatnya membuat jembatan permanen  di angsana ini karena mamang nanti mau beli mobil, kan kasihan mamang mau lewat kesini ndak bisa, bisa sih bisa, tapi harus dipretelin dulu hikhikhik.. kasihan deh mamang.

“Jangan lebay deh mang memangnya mamang jadi apanya?, suara mamang ndak mungkin didengar, kecuali pakai sepeker mesjid... terus mamang mau ndak bikin jembatanya ...

Jembatan san fransisco

“Saya siap deh ngebangun jembatannya dengan harga miring, tapi nanti jembatannya dijamin ndak miring loh... eheheh , kebetulan kan saya di kontruksi, asal ada dananya saja hehehe... kalau model sih gampang, mau copas jembatan suramadu .. boleh... copas Jembatan san fransisco .. boleh juga... hehehe   dah ah capruk )


Jembatan Gantung Angsana - Cikaum Sudah Teriak

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

31 komentar

hehe kalo lewat situ jembatannya ikut goyang2 gak mang :) ntar insyaallah kalo mamang jadi bupatinya bisa segera di rehap mang

Balas

mengerikan kalo jembatan yang terbuat dari anyaman bambu.

Balas

di pegaden ada jembatan golden gate ya Mang..

Balas

bisa berbahaya itu mang, apalagi pas rame penggunanya....

Balas

wah bahaya tuh mang kalau udah lapuk kaya gitu membahayakan orang yang menggunakan jembatan ini, harus cepat di perbaiki biar aman yah mang :)

Balas

Klo saya pernah juga waktu liburan ke sawarna ada jembatan gantung persis kayak di gambar itu

Balas

iya mas jembatannya goyang kiri - kanan dan naik turun... dulu waktu masih ABeGeh suka naik sepedah ke situ dengan agak kenceng... dan suka diomelin yang punya jembatan hehe

Balas

iya mas tapi mau gimana lagi ... orang pemkab nya belum peduli... ini yang buat dari inisiatip sendiri

Balas

itu rencana mas dan saya yang mau bikin nanti hehehe...

Balas

iya sih kang... tapi ke jembatan permanen jaraknya cukup jauh sekitar 10 KM.

Balas

iya mas, tapi itu selama 30 tahun lebih pakai dana sendiri.

Balas

ngeri ya mas, takut selingnya putus hehehe

Balas

Waktu hari raya idul fitri kmaren di sawarna roboh jembatannya gara2 sesek pengunjung :D

Balas

wah wah... harusnya kalau lewat jembatan gantung , jangan bergerombol ya mas

Balas

itu dari sampai sekarang memang mantak waas mang, kade palaur euy :o

Balas

Iya kang waas pisan... tapi menghawatirkan kang dan tidak bisa dilewatin mobil.

Balas

Serem Juga yah Mang Jembatannya Terbuat Dari Bambu Pasti Klo yang Lewatnya Banyakan Huu Pasti Goyang Kanan Kiri Tuh Kaya Pnyanyi Dangdut wkwkwk :D

Balas

Saya doakan biar bisa cepet jadi BUPATI heihiehiehiheee

Balas

iya sob... kalau ada pengendara 5 orang , tetep yang lewat satu per satu... kalau lima =- limanya bisa ambruk tuh... pernah sih waktu saya abg lewat situ sambil lompat - lompat, eh dikejar yang punya jembatannya hehehe

Balas

kang asep, hehehe ndak mau ah kang jadi Bupati, nanti takut ndak bisa memenuhi janji saya sewaktu umbar janji kampanye ... hehehe

Balas

dari dulu saya paling takut lewat jembatan yg kayak gini @_@

Balas

takut bila lewat jembatan gantung...

Balas

iya mbak, selain itu keamanannya kurang terjamin, pagar pengamannya saja pakai tali doang...

Balas

tapi kalau ndak lewat ini, harus muter 20 km mbak, perahu ndak ada dari atas jembatan ke bawah sungai saja tingginya 15 meteran

Balas

Kalo yg udah biasa ngelewatin...keliat biasa ya mang :)

Balas

Kotak komen fbnya...kata para master...malah bikin buat berat loh mang..

Balas

tapi tetap ngeri mas udah pada lapuk

Balas

iya mas saya mau buang kotak komen fbnya.. tapi lupa caranya... udah utak atik eh kehapus semua... jadi error

Balas

kalo saya pasti ga mau lewat sana mang, soalnya sejak kecil paling takut lewat jembatan kaya gitu, hehe... semoga aja warga Angsana dan Cikaum segera mendapat jembatan baru yang lebih layak dan aman...

Balas

bukannya enak Teh Hana... seperti naik ayunan hehehe...

mudah - mudahan didengar sama orang Pemkab Subang, dan itu sesuai yang diharapkan warga angsana dan sekitarnya.

Balas

takut dong kalau lewat jembatan itu kang

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger