logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Memanfaatkan lahan kosong dengan menanam pisang

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes..  

Ngomong – ngomong soal Pisang,  tanaman ini merupakan tanaman yang tumbuh bagus, bila ditanam di daerah dataran rendah yang berhawa hangat... hangat, serta tanahnya subur dan  gembur. Nah untuk itu kita Memanfaatkan lahan kosong dengan menanam pisang.


Berhubung di pekarangan Mamang ada lahan kosong meskipun tempatnya agak jauh sih dari rumah saya, tapi dekat dengan rumah kakek dan nenek saya, tanah ini beberapa minggu yang lalu saya beli, kan sayang kalau tidak dipergunakan atau ditanami apa - apa, tapi kalau mau ditanami tumbuhan yang berkayu dan jangka lama saya ndak mau, karena tanahnya sudah dibangun pondasi rumah... meskipun pondasi ini sudah ada sejak 3 tahun yang lalu, sayang juga kalau dibongkar, pondasinya permanen dan di cor beton pula... eheheh. Sengaja saya Memanfaatkan lahan kosong dengan menanam pisang



Memanfaatkan lahan dengan menanam pisang

Untuk pengambilan bibit yang mau ditananm gunakanlah anak-anaknya yang sudah tinggi satu  meter.
 

Mengambil pisang anakan tidak boleh sembarangan dan asal cabut saja tapi harus dibingkar tanah di sekelilingnya. Setelah tanah sekitarnya dibongkar dan anakannya dipisahkan dari induknya, maka daun-daunnya harus dipotong tinggal tangkai-tangkainya saja atau boleh juga di potong pada batang bagian atas semuanya. Begitu pula akar-akarnya dibuang hingga yang tersisa hanya bonggolnya saja .



Untuk menanam pisang tidak boleh terlalu dekat jarak antara pohon yang satu dengan pohon yang lainnya. Hal ini bertujuan untuk rumpun anakan yang nantinya terbentuk tidak akan berdesak-desakan. Jarak lubang penanaman kalau saya biasanya dua sampai empat meter antara pohon yang satu dengan yang lain.


Setelah dua minggu biasanya akan muncul daun pertama.
Untuk memanennya atau sampai berbuah biasanya dibutuhkan waktu 14 bulan, tapi tergantung jenis pisangnya ding... dan Faktor tanah juga dapat berpengaruh. Memanfaatkan lahan kosong dengan menanam pisang


Nah untuk pisang yang sudah berbuah, dan kalau buah pisang sudah tidak tumbuh sisiran-sisiran lagi, sobat diwajibkan memotong jantungnya, supaya buah-buah yang sudah terbentuk  dapat tumbuh pesat dan cepat berisi, jantungnya boleh dimasak atau diolah menjadi sayuran sesuai selera.

Untuk Jantung pisang, sobat pasti sudah mengenalnya bahwa jantung pisang dapat dimasak dan diolah sebagai sayur sesuai selera kita atau pun cuma dirbus dan di colekan ke sambal pedas... mantab.. hehehehe , namun tidak semua jenis  jantung pisang yang dapat dibuat sayur dan enak dimakan.

Untuk  jenis pisang yang enak di makan dan diolah Jantungnya ini menurut Mamang, ndak tau menurut sobat – sobat dan master dibidangnya perpisangan.. heheheh...

Jantung  pisang Batu atau pisang kelutuk , yang banyak bijinya itu loh, kalau di daerah sunda di kenal dengan nama Cau Keu’eus, pisang batu mentahnya saja enak di buat campuran rujak bebek atau rujak petis, tanpa irisan pisang Batu mentah rasanya belum sempurna, serta daunnya bisa digunakan untuk pembungkus

Jantung pisang Kepok dan jantung pisang Mas.

Nah, untuk mengetahui buah pisang yang siap dipanen, yaitu dengan melihat  garis segi pada buah pisang, kalau buah-buah  pisang itu sudah tidak begitu kelihatan jelas lagi garis-garis seginya, meskipun warna kulit buahnya masih hijau, namun sobat sudah saatnya untuk ditebang atau di panen. Sudah kemanggang. Istilahnya....

Jenis lain yang enak pula buahnya adalah pisang Ambon, baik Ambon kuning, yang kulitnya memang kuning kalau sudah kebrangus, maupun Ambon Lumut, yang kulitnya tetap hijau walaupun sudah mateng. Jadi apabila anda memeram Ambon Lumut, jangan tunggu lama-lama sampai kulitnya berwarna kuning langsung sikat saja... hehehe, makanlah walaupun kulitnya masih hijau.... Karena sampai kapanpun kulitnya tetap hijau........

Selain enak dimakan langsung, pisang Ambon juga enak kalau dimakan sebagai sale .. perlu diingat bukan selai lho, tapi sale...  Nah biasanya pisang ini diberikan kepada bayi dan bagus untuk bayi karena dagingnya yang lembut, anak saya juga yang kecil tiap hari diberi pisang Ambon , cuman agak sulit menceri buah pisang yang satu ini.





  Salam dari Mang






"Pergunakanlah lahan pekarangan disekitar kita, apalagi buat nanam pisang. Karena pisang banyak manfaatnya bagi tubuh kita.. Betul Tidak?"















 

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

46 komentar

Wah kalau didaerah saya (jawa tengah) setiap rumah entah itu di bagian belakang, samping bahkan didepan rumah, pohon pisang tumbuh subur mas :D pokoknya kalau ada area tahah sisa dikit aja kebanyakan ditanam pisang

Balas

Aku juga suka nanam pisang, mang
Apalagi di lahan sempit...

Balas

wah hebat dong sob.. kalauperlu daun pisang kan ndak perlu jauh - jauh ngambilnya yah

Balas

kalau pisang memang bagus mas di tanam pisang, apalagi di lahan belakang hehee

Balas

hufff...obrolan bapak bapak...

Balas

satu lagi tips kalau mau nanam pusang Mang, tapi khusus di daerah sini...kalau mau nanam pisang, harus menyiapkan sarung atau goni bekas atau jas hujan bekas untuk membungkus batang pisang bagian bawah...buat apa? Buat menghindari serangan babi hutan...soalnya si B2 itu suka ngerusak tanaman pisang, dibongkar-bongkarnya kebun pisang tetangga saya waktu itu. padahal nanamnya cuma di pinggir jalan depan rumah...

Balas

Wahhh Hebatt Mamang Memang Kreatif yahh Lahan Yang Kosong Dimanfaatkan Dengan Baikk :) Saya Jadi Kagum :D

Owh Iyaa mang Follback Suksess hehe Hatur nuhun Atoss Follow Blogg Abdi :D

Balas

lahan kosong memang tidak baik untuk di anggurkan, dalam artian tidak ditanami apa-apa. Dengan menanam pohon pisang,sedikit banyak kita bisa memanfaatkan lahan kosong tersebut agar tidak nganggur. Pohon pisang juga panen nya bagus. apalagi kalau harga pisang bisa mahal. tentu mang yono harus bagi-bagi buah pisang kepada kita semua :D

Balas

pisang pilihan yang tepat mang, disamping menghasilkan, merawatnya juga ngga ribet

Balas

di belakang rumah juga ada pohon pisang hidup liar mang, awalnya ada satu trus lama2 banyak karna tunas2nya.. tapi ya gitu campur jadi satu sama kandang ayam dan burung2an, kira2 gimana ya mang? hehehehe..

saya juga suka jantung pisang mang, kalo disini namanya ontong, dulu pas hamil gak boleh makan gitu sama orang2 yang masak disini katanya ntar bikin bayi jadi keriput kulitnya, tapi karna kepengen ya dimakan ajah, eeeh lahir kulitnya bagus tuh bersih kemerahan, sekarang adib kulitnya putih mulus, berarti cuma mitos ya mang,, heheuu.. ealah kok jadi cerita ini..

Balas

lahan depan belakang juga Ok ya...

Balas

pisang rawatannya enak Mang gak ribet kayak jeruk..hehe

Balas

wah ahli penyuluhan pertanian ya mang...
oya mang.. tuh halaman rumah mang yono ya.. kaya halaman rumah saya.. hehehe banyak pisangnya

Balas

saya g nanam pisang tapi tumbuh sendiri

Balas

kalo saya sih konkrit krit.
itu saja, sekian.

Balas

repotnya kalo ada pohon pisang, anak saya yang cowoq, bajunya jadi penuh getah yang nggak bisa ilang, hehe

Balas

ups ada PF yang dibawah umur hehehe...

Balas

binatang yang satu itu memang .. nggrasak nggurusuk, saya waktu main ke Kaltim juga sering denger binatang yang satu itu sang perusak, nanti saya praktekan deh tipsnya... ups kalau mau nanam sawit gimana mbak, harus tiap pohon pakai sarung atau karung ya ehehhe... katanya denger denger sang B2 seneng juga ke tanaman sawit yang baru ditanam...

Balas

daripada kosong lahanya nanti malah dipakai jemur padi sama tetangga heheeh... mendingan dimanfaatkan saja Kang..

hatur nuhun dah Follback ... salam sukses

Balas

hahah itu yang terakhirnya yang bikin mikir hahaha... panennya belum harus kirim kirim duluan, nanti malah dikira kampanye mbak master .. eheheh

Balas

tapi yang bikin ribet kalau nanam pisang pasti dahan / pelepah di potong sama anak - anak katanya buat bedil - bedilan dan kuda - kuda lumpingan.. eh ndak itu saja, gedebongnya juga dipakai buat mandi di kali, apalagi kebun saya berbatasan dengan kali. hehehe... mungkin saya juga dulu begitu ding... hehehe

Balas

saya malah males nanam pisang lahannya tak pakai nanam ubi sih mas

Balas

ini pisang kepok atau pisan molen sih mang?

Balas

di tata saja mbak biar rapih, baris - berbaris heheh.

wah berarti sama dong mbak di kampung saya juga orang hamil ndak boleh makan jantung pisang nanti anaknya jantungan, dan keriput... waktu itu istri saya sampai ndak jadi makan padahal sudah di oseng - oseng akhirnya yang makan jantungnya saya dan iya terbukti kulit saya jadi keriput sekarang eheheh

Balas

saya suka mainan gedebok pisang buat getekan atau perahu. kalau nanam sih belum pernah mang, bapak saya yang nanam. lahannya juga tandus untuk ditanami.

Balas

iya Bli.. kalau jeruk malah ndak bisa saya.. waktu itu pernah nanam jeruk lima pohon .. pas mau berbuah eh daunnya rontok semua dan batangnya kering, padahal dirawat dikasih pupuk... dan belakangan ini nyoba saya nanam jeruk Bali dan Jeruk mangdarin tapi ndak saya rawat eh malah tumbuh subur dan sudah berbuah, mungkin jangan dirawat ya Bli ... hehehe

Balas

ubi kiriman dari kang lembu ya mas ehehe

Balas

hahah lagi belajar mas pay.. nanti kalau kerja dikampung kan ndak namu lagi heheeh... nanam pisang kan paling mudah mas, musim kemarau juga tumbuh, iya kan?

Balas

hahah iya mas anak saya juga seneng mainan pelepah dan gedebong pisang... berani kotor itu bagus hehehe... katanya mas... katanya ehhehe

Balas

kebiasaan mas agus sama dengan saya waktu kecil sampai esempe.. main getekan dari gedebong pisang, sambil mandi dikali tanpa baju dan celana celana dalam juga ndak pake.. tapi cuek saja... hehehe

Balas

Hehe, di kontrakan yg lama ada pisangnya, giliran mau berbuah, eh waktunya pindah...

#selamat deh buat pengontrak yg baru...

Balas

Sekarang pangkal pohon pisang juga bisa dibikin keripik, kulit pohonnya banyak yang nyari buat bungkus tembakau, ada juga yang memanfaatkan kulit pohon pisang sebagai bahan dasar pembuatan handuk. jadi menanam pohon pisang itu banyak sekali manfaatnya ya mang.
Tapi ada cerita mistis dibalik pohon pisang mang, katanya yang namanya kuntilanak sukanya tinggal di pohon pisang :D

Balas

bagus buat Agree, tapi nggak bagus buat Bu Chio kayaknya...

Balas

kalau terlalu rapat nanti di sangka pagar lagi mang hehehe, kalau di daerah saya pisang Ambon gak bisa mang, ketika sudah mulai mau berbuah batangnya akan layu, dan akhirnya mati, entah karena struktur tanah atau gimana saya kurang tau

Balas

Disamping rumah ada lahan kosong tapi sudah dimanfaatkan dengan tanam pisang dan memelihara ayam siang :)

Balas

saya cuma bantu habisin buah pisang yg sudah dtanam org tua saya,,,,

kok sama bhasa daerahnya mang?
pisang klutuk,,,

Balas

kasihan mang anak2nya dipisahkan dari induknya hiks hiks *korban sinetron

semoga tumbuh dgn subur y mang pisangnya...

Balas

wah mang yono ganti gambar profilnya hehehe

Balas

hahahaha.. aturan pindah kontrakannya pas sudah nebang panen pisang mas

Balas

wah baru tau saya kang, keripik dari bonggol pisang.... semuanya berguna ya kang termasuk pelepahnya buat nyambuk orang lewat hehehe.

mungkin enak adem kang... pasti di pohon pisang klutuk warna ungu ya hehehe

Balas

heheh... Iya mungkin dari tanahnya mas... atau dari hama mungkin

Balas

wah hebat sob... udah duluan nanam ya

Balas

kali - kali belajar nanem May ehheeh...

hehehe itu sebagian bilang pisang klutuk adajuga yang bilang pisang keu,eus

Balas

biar mandiri kang... dilatih sejak dini... eheheh

Balas

itu akun satu lagi mas.. akun ini tadi buat nulis postingan dipakai temen saya, buat postingan nanti terbit jam 18.00 teng hahaha

Balas

walaupun bisa ditanami dg banyak tanaman, ttp di daerah saya pohon pisang masih menjadi "rajanya pekarangan rumah" karena hampir tiap pekarangan/sekitar rumah ada tanaman pisang.

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger