logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Bendungan Leuwi Nangka, Dangdeur, Kab. Subang

Assalamu'alaikum..... Sampurasun.... Rampes.. 

Mang Yono sebagai petani di daerah Kecamatan Pagaden Barat cuma bisa berharap semoga secepatnya Bendungan Leuwi Nangka yang jebol tahun lalu dan sudah dibuat beronjong sementara supaya segera diperbaiki atau dibangun bendungan permanen karena khawatir tanggul bronjong tidak kuat menahan derasnya sungai ciasem, beronjong kan paling bisa bertahan setahun, itu menurut saya loh. 


Masa dari tahun 1928 Pemerintah Tidak bisa membangun Bendungan Leuwi Nangka, Dangdeur, Kab. Subang , kalah sama penjajah dong. ... Betul Tidak?


Bendungan Leuwi Nangka, Dangdeur, Kab. Subang

Jebolnya bendungan Leuwi Nangka yang terletak di Kampung Warasan Kelurahan Dangdeur Kab. Subang belum kunjungi dibenahi. Para petani mendesak Pemerintah secepatnya memperbaikin bendungan tersebut guna menekan ancaman kekeringan di ribuan hektare sawah di 3 Kecamatan... Termasuk sawah mamang tentunya.

“Saya mohon kepada pemerintah agar secepatnya memperbaiki bendungan Leuwi Nangka”

Bendungan Leuwi Nangka yang mengairi sekitar 4.387 Ha yang dibangun pada tahun 1928, pascajebolnya bendungan tersebut pada April 2012 lalu, sudah diatasi dengan perbaikan sementara, yakni menggunakan bronjong, serta mengalihkan arus sungai.

Bendungan dengan panjang awal sekitar 100 meter itu kini tinggal sekitar 40 meter dan dipasangi bronjong sekitar 8 meter. Kondisi ini tentu harus segera dibenahi karena mengancam lahan di 13 desa yang terdapat di 3 kecamatan kecamatan Pagaden Barat dan kecamatan Pagaden dan kecamatan Subang, terutama di 5 desa masing-masing Munjul, Margahayu , Bendungan, Gambarsari dan Neglasari kini sulitnya mendapatkan pasokan air dari bendungan leuwi nangka ..

Jika bendungan tidak segera diperbaiki maka kekeringan akan melanda  sekitar 4.387 Ha pertanian termasuk sawah mamang .. hikhikhik . Jebolnya bendungan Leuwi Nangka yang terletak di Kampung Warasan Kelurahan Dangdeur beberapa waktu lalu belum kunjungi dibenahi. Petani mendesak Pemerintah secepatnya turun tangan guna menekan ancaman kekeringan di ribuan hektare sawah di 3 Kecamatan.
 

Jika tidak diperbaiki ribuan hektar sawah di daerah tersebut terancam kekurangan pasokan air selama musim kemarau ini.
Bronjong yang menjadi alternatif pembendung air sementara yang teretak di pinggir Bendungan Leuwi Nangka   Subang pernah jebol beberapa  kali, karena tidak kuatnya menahan derasnya air.
 
Jumlah areal kekeringan mencapai ribuan hektar, untuk itu perlu secepatnya pemerintah melakukan upaya agar bendungan leuwinangka segera dibangun.

Pernah juga rombongan petani pagaden barat beberapa waktu lalu mendatangi Ketua Komisi B DPRD Subang Drs  H. Sarmita, Ketua Komisi C Ir Beny Rudiono, serta Drs Lutfi  anggota DPRD Subang asal Pagaden Barat dari Praksi PAN.  

Bronjong yang dibuat secara gotong royong hanya kuat setahun, sekarang dikhawatirkan jika beronjong tidak secepatnya diperbaiki akan berpengaruh kepada petani di wilayah Pagaden Barat dan sekitarnya.

Bronjong yang terbuat dari batu yang di ikat memakai tali kawat tidak kuat lagi menahan gerusan air Sungai Ciasem yang alirannya sangat deras sekali.

Bronjong tersebut dibuat secara gotong royong oleh petani sekitar, sebagai bendungan sementara pengganti bendungan leuwi nangka yang jebol sebagian.

Katanya pihak dari pemerintah Kab. Subang sudah meminta bantuan kepada staf presiden dan rencananya akan diberi bantuan sebesar 30 miliar untuk membangun waduk Cinangka tersebut yang dananya diambil dari dana bencana alam pusat. Tapi itu baru katanya.. katanya... dan katanya. Buktinya sampai saat ini belum kunjung datang, dan para petani cuma bisa berharap bantuan itu datang, harapan yang entah masih berada dimana, karena belum kelihatan batang hidungnya... hehehe. 

Apakah waktu itu karena kampanye pemilihan Bupati Subang, dan salah satu calon supaya dapat simpatik dari para petani termasuk saya... Jempol dah buat anda yang di pemerintahan ide anda memang cemerlang, dan sekarang para petani akan menagih janji anda, karena anda menang dalam pemilihan Bupati Subang.,,, Betul tidak wahai para petani ?..... Betulll... Setujuuu.... Turunkan harga Kedelai ... Hidup Petani... Hidup subang... Naikan harga Gabah... hehehe ngawur ah si Mamang.

Mungkin sekarang masih sibuk karena baru saya pemilihan Bupati Subang, jadi harap maklum saja, dan bersabar wahai para petani... Sabar sih sabar tapi kalau kekeringan dan gagal panen dan dampaknya pada isi perut apakah bisa sabar...  Meskipun para petani seneng mainan lumpur dan berteman dengan lumpur, tapi belum bisa kalau harus BERNAPAS DALAM LUMPUR. ... Betul Tidak?.





  Salam dari Mang

   Yang Jempol... 

Situ Cijambe di Desa Balimbing Kec. Pagaden Barat seluas 80 hektar sekarang lagi dinormalkan kembali dengan dikeruknya lumpur dan perluasan situ, sebelumnya area situ menyempit karena di pakai sawah warga. Sebentar lagi para petani Kecamatan Pagaden Barat termasuk mamang dapat pasokan air yang melimpah dari Situ ini ... 

Tetapi aliran air dari hulu atau dari Bendungan Leuwi Nangka, Dangdeur, Kab. Subang  tersendat karena Jebol... mungkin nanti juga diperbaiki ding ... tapi sampai kapan? ya tunggu saja tanggal mainnya....Mungkin sekarang lagi diproses .. kok prosesnya lama ya?.







Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

39 komentar

Mang, kalau nggak pakai pecut, pemerintah nggak bakal jalan kayaknya ya...harus disambit dulu...


Semoga lekas diperbaiki dan para petani bisa menanam padi dengan hati yang riang, tentrem dan bahagia

Balas

Saya pernah dapat informasi bahwa PUNCAK itu masuk dalam wilayah hukum atau wilayah kabupaten SUBANG. Bukan Bogor. Benarkah demikian?

Balas

perlu diitik-itik nih si pembuat kebijakan, biar makin memperhatikan Mamang.

Balas

harus dipecut dan di korek kupingnya ya mbak hehehe.

mudah - mudahan secepatnya diperbaiki... sama pemerintah.. mumpung mau ada pemilihan capres... siapa capres yang mau memperbaiki nanti saya coblos hidungnya eheheh

Balas

wah sayang banget ya mang, padahal ini penting dan menyangkut hajat hidup orang banyak, semoga cepat ada perhatian

Balas

pertamax diamankan.

Balas

hehehe mas, setahu saya PUNCAK masuk dalam wilayah perbatasan Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur. tapi ndak tau dalam wilayah hukumnya eheheh... mungkin bisa tanya mas Zack yang tinggal di Bogor eheheh

Balas

betul mas, dan harus menagih janji sesui yang dijanjikan .. tapi apakah masih ingat janji itu, apa sudah lupa? hehehe

Balas

iya mas, mudah - mudahan para pemerintah ingat janjinya...

Balas

silahkan sob mumpung ndak naik harganya hehehe

Balas

kasian mamang yang sudah siap dengan caping, pacul dan arit mau mengairi sawah tidak jadi, harus mencari jalan air dulu...
kaur urusan air tingkat desanya mungkin lagi ngopi mang di warung kelupaan, hhehe

Balas

iya mas kasian ya saya heeheh..

kaur air nya atau ulu - ulunya sebulan yang lalu meninggal dunia mas, hanyut dan tenggelam waktu buka balok di bendungan.

Balas

pemerintah sih kadang peduli. tapi cuma bendungannya saja yang dipikirin. hulu sungai yang gundul yang jadi sumbernya tetap ga disentuh. jadilah bendungan bolak balik rusak atau cepat dangkal

apa sengaja ya biar selalu dapat proyek..? :D

Balas

Menurut saya pemerintahan pak Soeharto lebih baik dari pemerintahan yang sekarang....

Balas

mungkin begitu mas.. sengaja dari pada jadi petani kan kotor lumpur heheh

Balas

iya mas.. tapi sekarang kan ndak ada pak Soeharto... ada juga di kampung saya yang namanya pak Soeharto tukang gembala munding... hehee

Balas

wah sayang sekali ya bendungan tersebut nggak diperbaiki. padahal manfaat dari bendungan tersebut banyak banget loh. terutama untuk keperluan irigasi pertanian :)

Balas

semoga lekas di perbaiki ya mang bendungannya. kalo bendungannya tidak di perbaiki ya semoga pemerintahnya saja yang di perbaiki :)

Balas

mungkin tu jelmaannya mang hehehe

Balas

ojo pake bahasa yang di kenal luas toh

Balas

jangan terlalu berharap, usahakan apa yang bisa di usahakan mang...

Balas

betul sekali mbak, karena airnya masih bersih dan jernih banyak warga yang menggunakan air sungai ini untuk mencuci, mandi dan lainnya

Balas

hahaha.. mungkin sahabat Yono harus turun tangan dan menjadi presiden di republik ini biar masalah bendungan bisa cepat teratsi..

Balas

heheh mungkin pemerintahnya dulu yang harus diperbaikin mas eheheh...

Balas

udah nggak mapu mas, ini saja membuat tanggul beronjong dari gotong royong petani dan TNI Angkatan darat.. tapi karena derasnya aliran air maka jebol lagi, namanya juga pakai beronjong ndak bertahan lama.

Balas

Mungkin begitu mas Pay..

haha boro - boro jadi persiden mas Adjie, Jadi RT saja ndak ada yang ngedukung heheh

Balas

mugi mugi seng merintah kui gek disamber hati ne men gek sadar akan kebutuhan rakyat nya

Balas

Hmmm ...yang sabarr aja yahh Mang Mogaa Bendungan Trsbt Bisa Segera Diperbaiki ^_^
Aminnn

Balas

mudah - mudahan begitu mas..

Balas

Amiin... mudah - mudahan segera ya... biar bisa nyawah lagi heheeh

Balas

semoga bisa cepat diperbaiki

Balas

semoga pemerintah cepet memperbaiki bendungan yang jebol Mang. Jangan sampai Mang Yono sendiri yang memperbaiki..hehe

Balas

kenapa yah urusan yang penting seperti ini nggak cepat-cepat diurus atau diperbaiki, jangan sampai nanti memakan korban baru pemerintah mulai bekerja, cape deh....

Balas

Apa sengaja biar mamang kebagian proyek terus ya..?
Hahah

Balas

mudah mudahan begitu, sesuai harapan para petani, kan kasihan petani termasuk sayah

Balas

mudah - mudahan begitu Bli, karau saya yang memperbaiki asal ada uangnya saya bangun deh jembatan dan bendungannya malah seneng Bli dapat proyek ehehehe

Balas

mungkin nanti Mas, nunggu pemilihan Capres kan lumayan sekalian blusukan hahahah

Balas

nah mungkin begitu mas, biar proyeknya deket rumah hehehe

Balas

dengar nama leuwi nangka,jadi ingat puluhan tahun lalu.ketika sy sekolah di sekolah dasar hegarsari tahun 1970-1975.dan sy tnggal bersama orangtua yang menjadi guru kimia di STM pertanian subang...haturnuhun mang yono...wasalam

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger