Bermain Kelereng atau Gundu

Sampurasun... Rampes....  

Blog Mang Yono. Permainan Daerah, Bermain dunianya anak-anak. Tiada yang lebih menggembirakan selain bermain. Salah satu bentuk pembelajaran untuk menghargai pendapat orang banyak dan bertoleransi. Bermain Kelereng  atau Gundu kalau di sunda Kaleci biasanya dalam permainan ada saja yang curang dan suka ngibulin, jadi bersabar lah.

Main kelereng, atau gundu , salah satu permainan Anak Mamang. Permainan kelereng suatu mainan yang bahannya terbuat dari gelas kaca. Ukurannya  dan warnanya bermacam - macam  ,bundar seperti buah duku atau buah lengkeng.  Warna dan coraknya bermacam-macam. Yang paling banyak bercorak belimbing warna-warni.

Bermain Kelereng  atau Gundu


Bertambah banyak  menambah gaya dan bangga pemiliknya. Sebagai tanda  menunjukkan dia seorang pemenang bukan pecundang!.
Anak Mamang sangat menyenangi permainan kelereng selain dari permainan permainan yang lain seperti Permainan Gangsing atau pangal. Agar tidak kalahan maka tiap ada waktu luang  berlatih sendiri dihalaman depan rumah. Berbagai trik dan situasi permainan melatih sendiri dengan tekun. Bagaimana menembak dengan jari telunjuk kanan  agar hasilnya keras dan jauh  serta bagaimana menggunakan jari tengah agar bisa membidik tepat dan halus.

Kelerengnya cukup banyak juga, ada dua Toples, padahal kalau di kasih uang jajan kalau berangkat sekolah malah suka di tabungkan semua dan di sekolahannya malah gak pernah jajan, kalau pengen jajan ya pas pulang sekolah itu juga ke warungnya mertua... hehehe, tapi kalau adiknya ngambil pasti ketauan, mungkin dihitung apa gimana saya gak ngerti.

Bermain Kelereng  atau Gundu 1

Bermain Kelereng  atau Gundu berbeda dengan waktu Mamang masih kecil sebelumnya pernah mamang posting juga Permainan kelereng permainan yang terlupakan, sekarang permainannya yaitu  membuat garis lurus terus di pasang kelereng, dari tiap pemain memasang dua kelereng dan membuat garis lagi didepannya sekitar satu meter terus dengan  posisi membelakang, melepar kelereng, siapa yang paling jauh itu yang duluan main, seterusnya  menembak ke arah kelereng yang di pasang tadi, kalau kena dan bergeser satu jengkal lebih maka itu kelereng yang bergeser menjadi miliknya dan apabila kelereng yang kena dan bergeser kurang dari satu jengkal, maka gagal mendapatkan kelereng, seterusnya  digantikan oleh pemain berikutnya sampai  semua pemain dapat giliran, kalau sudah dapat giliran dan kelereng yang dipasang belum habis maka dilakukan pelemparan kembali.
Bermain Kelereng  atau Gundu 2

Biar dah anak Bermain Kelereng atau Gundu dengan teman – temannya, tapi ada aturan yang tidak dapat ditawar , paling lambat jam lima sore harus sudah berada dirumah. Kalau saya melarang  tetap tidak boleh dilanggar. Kalau dilanggar, harus siap mendapat sanksi. Sanksi  kuping di jewer.... hehehe. 

Baca juga :
Gasing / Gangsing / Panggal adalah permainan Nusantara, Indonesia
Permainan Egrang Atau Jajangkungan
Permainan Tradisional Gatrik
Permainan Engklek Atau Emprak 
Permainan Kelereng Permainan Yang Terlupakan
Permainan Perepet Jengkol
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar