Skip to main content

Pengerukan Situ Cijambe atau situ Kukulu, Subang


Sampurasun.... Rampes.

Cerita pengalaman Mang Yono  kali ini mau nulis tentang Pengerukan Situ Cijambe atau situ Kukulu, Subang. Sebentar lagi sawah pertanian di daerah mamang suadah bisa nyawah atau menanam padi dan tanaman lainnya, karena Pengerukan Situ Cijambe atau situ Kukulu, Subang sudah dilakukan oleh  PJT II, dengan sabar menunggu sepuluh tahun akhirnya di keruk juga pada tahun ini dan katanya ada pengerukan tahap ke dua juga loh... 


Untuk memeperluas danau karena sebelumnya danau ini makin dangkal dan mengkerut bagaikan kakek - kakek yang kedinginan... hahaha. 

Luas situ Cijambe  15 hektare yang berada di Pintu Seng, Kampung Kukulu 




Situ Cijambe atau Kukulu
Poto dok. Mang Yono

Desa Balingbing, Kecamatan Pagaden Barat, itu data dulu sebelum mengalami pendangkalan dan penyempitan oleh lahan-lahan pesawahan yang digarap warga, malahan sebagian sudah diperjual belikan.

Para petani di Empat desa lainnya yakni Desa  Bendungan, Mekarwangi, Margahayu  dan Munjul termasuk di sawah mamang hehehe... merasaa senang meskipun sekarang belum boleh nyawah karena sekarang dilaksanakan pengerukan situ Cijambe, dengan pengerukan menggunakan alat berat. Tapi sebentar lagi air akan sedikit melimpah, apalagi kalau bendungan leuwi nangka sudah di perbaiki...

Dan permintaan para petani yang belum dipenuhi yaitu pemerintah supaya secepatnya memperbaiki bendungan leuwinangka, yang beronjongnya berkli – kali jebol karena tidak kuat menahan dersnya aliran sungai ciasem.

 
Warga penggarap di area situ tersebut rela untuk dinormalisasi kembali, dengan adanya ganti rugi kepada penggarap meskipun itu tanah negara, Demi kepentingan hajat hidup orang banyak, saya yakin jika mereka sadar dan rela, akan menjadi amal ibadah kelak dikemudian hari... Amiin..... .
Gadis Pagaden Barat
Poto dok. Mang Yono




Semoga maju dan sejahtra untuk para petani di area Situ Cijambe setelah sekarang
Pengerukan Situ Cijambe atau situ Kukulu, Subang. Di lakukan
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar