Pesugihan Babi Ngepet dan Tuyul

Ngepet dan Tuyul

Sampurasun... Rampes.... Cerita pengalaman Mang Yono kali ini mau menuliskan tentang Penganut Pesugihan 'Babi Ngepet' Atau ' Bagong Bodas'  biasanya ini dialami orang  bila sedang jatuh pailit, kemudian dililit banyak utang, bisa membuat seseorang gelap mata ditambah lagih yang Iman kurang ditambah iman sedang goyah. 

Agar tidak lebih terpuruk lagi, terus mencari jalan pintas untuk memecahkan persoalan dengan  mencari Pesugihan Babi Ngepet dan Tuyul atau kecit.

Pesugihan Babi Ngepet dan Tuyul

Mungkin mikirnya daripada masuk  bui/penjara karena tertangkap korupsi, nipu, maling dan merampok, bisa mencari cara yang lebih aman dan halus ... hehehe.. Tapi cepat kaya dengan pesugihan, juga tak bisa dibilang aman. Kadang akibatnya malah lebih mengerikan! Sebab kebanyakan, harus meminta tumbal nyawa segala... sesuai yang mamang ketahui sih begitu. Ada sih yang tidak memakai tumbal, tapi harus puasa mati geni. ... ckckckck.

 Banyak tersebar tempat pemberi pesugihan. Makam keramat, gua angker, pohon kramat, sendang sering dianggap jadi 'pemberi' harta.
Tapi tempat mencari pesugihan yang paling kondang di Indonesia adalah Gunung Kawi! Begitu populernya tempat ini, maka peziarahnya datang dari seantero Nusantara.

Ada juga yang disebut 'babi ngepet'. Pesugihan ini untuk menggasak harta tetangga, si pelaku minta bantuan celeng jadi-jadian. Biasa beroperasi malam. Tapi risikonya juga berat. Kalau tertangkap penduduk bisa digebuki hingga tewas.


Ada cerita menarik tentang pesugihan Bagong bodas/Babi Ngepet, dialami warga Pagaden Barat, sebut saja namanya Datam orang ini semula hidup sederhana bersama keluarga.

Tanpa diawali cerita ini-itu, Pak Datam lalu membuka usaha warung bubur ayam. Dalam tempo relatif singkat. Warung jadi gede.
 

Lalu muncul rumor negatif tentang kehidupannya. Isu paling santer, Pak Datam cepat kaya karena punya pesugihan 'Bagong Bodas'. Kalau semula hanya satu dua yang percaya, lalu berubah makin banyak.

Suatu kali ada warga memergoki ada 'Bagong Bodas' masuk kampung. Kemudian, 'Bagong'-nya selalu menghilang di rumah Pak Datam.Dan suatu malam nahas pun menimpa . 'Bagong Bodas' itu bisa di lempar batu ramai-ramai termasuk dilempar kored/atau cangkul kecil, katanya untuk  merubah bagong ke wujud manusia ... hehehe. Karena tidak berhasil ditangkap akhirnya Babi Ngepet itu menghilang,mungkin dirumahnya ditiup tuh lilinnya.. kata orang sih pada ngomong begitu.. hehehe. Menariknya, bersamaan dengan itu, Pak Datam geger babak belur dan benjut - benjut di rumah dan langsung dibawa kerumah sakit oleh keluarganya dan akhirnya pindah rumah entah kemana.

Nah sekarang ada kejadian lagi ditempat tinggal mamang, akhir - akhir ini warga sekitar rumah saya termasuk mertua saya sering kehilangan uang dirumah, padahal uang tersebut disimpan dengan rapih bahkan ada juga yang di simpan dibawah kasur atau bantal.... Tapi kejadian ini belum terungkap .. Apakah Pesugihan Babi Ngepet dan Tuyul.... kalau rampok sih ndak mungkin, masa ngambilnya cuma sedikit... apa mungkin rampoknya berbaik hati... hehehehe... orang yang di waspadain sih ada, tapi ndak mau berprasangka buruk sebelum tertangkap wayangnya.... ups dalangnya hehehe.
Gundul tapi bukan tuyul
Poto dok. Mang Yono



Share:

Tidak ada komentar: