Tanaman daun berjari ini namanya Philodendron / Pohon Cinta

Tanaman daun berjari ini namanya Philodendron / Pohon Cinta 

Sampurasun … Rampes. Masih tentang Bunga di sekitar rumah saya nih, setelah kemarin - kemarin Blog Mang Yono menulis tentang Cara memperbanyak Bunga Donna Carmen / Aglaonema, Cara memperbanyak sirih merah atau sirih hijau, sekarang mau coba menulis tentang tanaman sejenis talas .. hehehe. Awal nanam tanaman ini saya tidak tahu namanya, eh setelah tumbuh dan besar banyak orang yang bilang nama dari Tanaman daun berjari ini namanya Philodendron / Pohon Cinta  dan untuk meyakinkan rasa penasaran, saya mencoba mencari di Google dan ternyata ini tumbuhan namanya Philodendron tumbuhan yang berasal dari suku Araceae, yang mempunyai banyak spesies salah satunya jenis yang saya tanam ini daunnya lebar dan seperti jari – jari, mungkin sobat – sobat pernah melihatnya tanaman ini di perkantoran, hotel – hotel atau di Mall. 

Tanaman daun berjari Philodendron / Pohon Cinta Ini anakannya di kasih teman sekantor di daerah Jakarta pada waktu 5 tahun yang lalu, waktu saya tanam sih tidak segede dan setinggi ini, tingginya kira – kira 15 Centimeter, saya langsung mengambil dari idukannya.

Tanaman daun berjari ini namanya Philodendron / Pohon Cinta
Tanaman daun berjari ini namanya Philodendron / Pohon Cinta

Menurut keterangan yang saya baca tanaman ini namanya berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata philo ("cinta") dan dendron ("pohon"), Philodendron banyak disukai sebagai tanaman penghias ruangan atau taman.


Tanaman daun berjari Philodendron / Pohon Cinta adalah tumbuhan yang banyak dijumpai di hutan tropis seperti di Indonesia. Biasanya tumbuh di tempat-tempat yang lembap di daerah selangkangan … # Semprul eheheh, yang betul biasa tumbuh  di rawa, tepi sungai.
Tanaman Philodendron / Pohon Cinta
Tanaman Philodendron / Pohon Cinta  - Mang Yono
Berikut ini adalah beberapa cara yang biasa dilakukan oleh peng-hobby tanaman hias dalam memperbanyak philodendron / pohon cinta secara vegetative dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu :

Cara yang paling sederhana dan mudah dilakukan dalam memperbanyak philodendron adalah dengan Menunggu Indukan bertunas dan memisahkan anakan, tetapi sayangnya tidak semua jenis philodendron tumbuh merumpun. Ada beberapa jenis philodendron yang tumbuh tunggal sehingga tidak memiliki anakan yang bisa dipisahkan. Maka di lakukan lah cara Stek batang atas, Stek batang bawah.


Apabila anda menemukan philodendron anda tumbuh anakan dan anda ingin memisahkannya, maka anda perlu menunggu sampai anakan itu memiliki setidaknya 4 helai daun, dan perakaran sudah cukup.


Cara memisahkannya adalah dengan memotong bagian pangkal batang anakan, upayakan agar akar-akar yang masih muda jangan sampai putus. Kemudian oleskan fungisida pada luka bekas potongan. Tanam anakan philodendron yang baru dipasahkan tadi di media baru, dan letakkan di tempat yang teduh.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar