Skip to main content

Panen Raya Buah Rambutan Di Kabupaten Subang, Jawa Barat Indonesia.

Panen Raya Buah Rambutan Di Kabupaten Subang, Jawa Barat Indonesia.

Sampurasun .... Rampes .. Daerah Subang terkenal dengan buah khasnya, yaitu Nanas Simadu yang mempunyai Rasa Khas, tetapi selain Nanas Simadu di daerah Subang, Jawa Barat terkenal juga dengan buah Rambutan, buah yang satu ini di daerah Kabupaten Subang sedang panen Raya, terutama di daerah kecamatan Kalijati, kecamatan Purwadadi, kecamatan Cikaum dan termasuk juga di kecamatan Pagaden Barat, dimana kecamatan Pagaden Barat ini daerah kelahiran saya dan Rumah saya juga di Pagaden barat ding... heheheh.  

Sebelumnya saya pernah menulis tentang Rambutan Kabupaten Subang sedang berbuah, petani tinggal menghitung hari, dan sekarang tipa sa'atny panen Raya Buah Rambutan Di Kabupaten Subang, Jawa Barat Indonesia. Di daerah Kabupaten Subang, banyak sekali rambutan yang sedang di panen, namun karena kurang pengetahuan dan cara mengolahnya para petani cuma hanya berbentuk buah seharusnya ada cara - cara baru untuk mengolah rambutan menjadi  manisan ataupun makanan kecil supaya awet dan tidak cepat busuk, seperti misalnya dibuat keripik, sale atau wajit Rambutan, atau makanan kemasan ... hehe.

 
Panen Raya Buah Rambutan Di Kabupaten Subang, Jawa Barat Indonesia.
Pohon Rambutan di kebun / tegal

Meskipun lahan buah-buahan di Kabupaten Subang tidak terlalu luas bila dibandingkan dengan lahan sawah tetapi buah – buahan daerah kabupaten Subang cukup terkenal di daerah lain.

Katanya sesuai data yang pernah saya dengar dari petinggi pemerintahan Kabupaten Subang, untuk lahan buah Rambutan di Kabupaten Subang seluas 7.000 ha, sementara nanas seluas 450 ha, manggis 4.000 ha dan mangga 3.000 ha, untuk lahan Rambutan berada di daerah Subang Tengah, sementara Nanas berada di Subang baian Selatan dan buah Mangga berada di Subang bagian Utara.


Panen Raya Buah Rambutan Di Kabupaten Subang
Mungkin data ini dari tahun ketahun luasnya akan berkurang, mengingat perkebunan Rambutan, sawah dan tanaman lainnya lahannya mulai dijadikan Pabrik = pabrik dan perumahan.

Nah kalau Rumah saya masuknya ke daerah Subang Tengah, karena bertetanggaan dengan kecamatan Purwadadi dan Kecamatan Cikaum. Meskipun daerah saya termasuk banyak Pohon Rambutannya tetapi saya mempunyai sedikit pohon Rambutan, biar dah yang penting asal punya saja heheheh... hehehe. Dan ternyata pohon Rambutannya sudah berbuah juga, jadi ikutan panen – kecil – kecilan dah. 

Panen Raya Buah Rambutan Di Kabupaten Subang, Jawa Barat

Yuk, kita panen buah Rambutan sekalian belajar metik dipohon, dan belajar membedakan buah rambutan yang sudah mateng dengan rambutan yang masih mentah, nah biasanya banyak tengkulak yang berdatangan kepara petani yang mempunyai pohon rambutan untuk membeli dan memborong buah Rambutan. 
Pohon Rambutan Cangkok - Panen Raya Buah Rambutan Di Kabupaten Subang, Jawa Barat Indonesia.
Pohon Rambutan Cangkok - Panen Raya Buah Rambutan Di Kab. Subang

Panen Raya Buah Rambutan Di Kabupaten Subang, Jawa Barat Indonesia. Harga yang di berikan para bandar atau Tengkulak sa’at ini berkisaran Rp. 7.500 ,- sampai dengan  Rp. 8.500,- per gedeng atau per dua ikat.
Kebun Rambutan Di Kabupaten Subang
Pohon Rambuatan, Biar Kecil tapi sudah berbuah

Silahkan para sobat untuk mencicipi buah Rambuatn sekalian Panen Raya Buah Rambutan Di Kabupaten Subang, Jawa Barat Indonesia. Nah sang mau ikutan metik langsung dipohon saya kasih discaunt deh.... heheheh
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar