Cara untuk merawat bunga Soka (Ixora Sp.) biar berbunga terus.

Cara untuk merawat bunga Soka (Ixora Sp.) biar berbunga terus. 

Sampurasun .... Rampes, Cara untuk merawat bunga Soka (Ixora Sp.) biar berbunga terus. Soka merupakan tanaman hias yang cukup populer di kalangan hobiis tanaman hias termasuk saya. 

Bentuknya unik dan menarik sih hehehe, Bunga soka bentuk dan jenisnya pun beragam kalau soka yang saya punya malah saya tidak tahu namanya dan asalnya dari mana hehehe.  


Cara untuk merawat bunga Soka (Ixora Sp.) biar berbunga terus.
Bunga Soka didepat Rumah saya
Kata master tanaman hias soka itu ada yang asli berasal dari dalam negeri yaitu Soka Jawa (Ixora javanica), ada pula yang berasal dari luar negeri, dan kini hadir soka baru yang disebut soka hibrida. Nah tanaman bunga ini tidak hanya untuk tanaman hias saja loh, tetapi bagus untuk pembatas pagar, seperti sebelumnya Blog Mang Yono pernah membahas juga tentang bunga soka ini.

Tanaman soka lebih suka terhadap penyinaran matahari penuh teruatama untuk merangsang pembungaan.

Nah sesuai pengalaman saya yang sedikit tahu tentang bunga soka ini, ya sudah, yang sedikit ini saya bagikan lagi aja ya biar ada yang menambahkan hehehe.

Bunga Soka biar berbunga terus :

Yang utama dan diutamakan tanaman Soka apabila sudah berbunga sebaiknya dijaga jangan sampai tuh bunganya dimakan kambing tetangga ataupun binatang belalang yang hinggap di tanaman bunga soka.
Binatang belalang yang hinggap di tanaman bunga soka.
Binatang belalang yang hinggap di bunga soka.

Potong ranting – ranting atau cabang yang tidak berguna atau setelah soka tersebut bunganya pada gugur,  pemotongan ini bertujuan agar segera muncul tunas baru lainnya.


Bila bunga soka ditanam di pot dan diletakan di dalam rumah, maka 2 kali dalam seminggu bunga tersebut harus dikeluarkan untuk mendapatkan sinar matahari. Tapi tanaman soka lebih suka di tanam diluar ding dan memperoleh sinar matahari penuh sepanjang hari. Lokasi yang terbuka sangat cocok, jadi kesimpulannya tanaman bunga soka ini lebih suka panas – panasan dibawah sinar matahari, apa tidak takut hitam ya?.  #Semprul hehehe.


Biasakan pemupukan rutin, gunakan pupuk untuk merangsang pembungaan baik melalui tanah maupun diaplikasikan melalui daun.


Pada tahap awal gunakan pupuk yang mengandung kadar nitrogen yang tinggi untuk membentuk tunas cabang lebih banyak kalau tidak paham bisa tanya ke abang – abang yang jual tanaman hias ya hehehe.


Berikutnya diberikan pupuk yang merangsang pembungaan yaitu pupuk yang memiliki kandungan fosfor yang tinggi supaya pucuk-pucuk yang sudah terbentuk tersebut menghasilkan kuntum – kuntum bunga.


Untuk memperbaiki struktur tanah, bisa ditambahkan pupuk sekam padi dan kompos supaya tetap gembur.


Nah, yang terakhir tanaman soka atau tanaman bunga yang lainnya juga tidak bisa dipaksa untuk terus menerus berbunga. Jika sedang enggan berbunga, berikanlah vitamin yang kandungannya lebih lengkap yaitu yang mengandung unsur utama mineral tambahan.
Nah kalau untuk tanaman bunga Bugenvile atau lebih tenarnya dengan nama bunga Kertas  akan lebih rajin dan penuh bunganya jika dibiarkan kering tanpa disiram.



Share:

1 komentar:

  1. Terima kasih.engkau telah membantuku dalam perawatan bunga adoka

    BalasHapus