Terasi Bangka Belitung.

Terasi Bangka Belitung.


Sampurasun .... Rampes ... Orang Bangka biasa menyebutnya Belacan dan Caluk namun masyarakat Indonesia termasuk saya mengenalnya dengan nama Terasi / Tarasi, Terasi ini tidak bisa di-klaim sebagai salah satu produk panganan khas Bangka Belitung, lantaran hampir setiap masyarakat pesisir  ini biasa memproduksi terasi. 


Tetapi Terasi Khas dari Bangka Belitung atau Makanan Khas Bangka Belitung ini sangat populer. Nah, jika anda bermaksud mencari terasi dengan KUALITAS SUPER dan Nomor 1, maka TERASI BANGKA lah namanya. Harganya berkisaran antara Rp. 20.000, per kemasan.

Terasi Bangka Belitung.
Terasi Bangka Belitung.

Terasi Bangka ini merupakan industri Rumahan dengan turun temurun dari generasi ke generasi. “Tradisi”

Tradisi adalah metode pembuatan terasi yang dilakukan langsung diatasbagan sehingga kesegaran dan mutu udang rebon tetap terjaga.

Nah, berhubung Rekan atau teman saya pada kerja di Bangka dan ada juga Orang Bangka sana yang kadang kirim Paket Terasi dan makanan khas Bangka via Pos, jadi saya pernah merasakannya kelejatan Terasi Bangka tersebut, Terasi Bangka ini meskipun kita bawa ke Pesawat baunya tidak tercium, karena pengemasanya rapih.

Terasi yang paling terkenal di Bangka Belitung yaitu terasi buatan dari daerah Bangka Selatan, yaitu daerah Toboali dan sekitarnya. Tetapi, terasi dari daerah lain di Bangka Belitung juga tak kalah enaknya. Apalagi Terasinya GERATIS .... #Semprul hehehe.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar