Semai Cempedak Atau Nangka Beurit Di Minggu Kedua Dan Ketiga

Sampurasun ...... Rampes ........ 


Semai Cempedak Atau Nangka Beurit Di Minggu Kedua Dan ketiga. Sudah 3 Minggu saya menyemai Biji Cempedak atau yang biasa disebut Nangka Beurit, sebelumnya tentang Cara menyemai biji cempedak saya tulis juga di Blog Mang Yono.  Setelah terlihat biji cempedak tumbuh, seharusnya penutup semaian biji / bedengan yang sebelumnya saya menggunakan pelastik di buka.

 

Penutup pelastik dibuka supaya tunas - tunas / kecambah dari biji cempedak cukup leluasa pertumbuhannya dan tidak terhalang oleh pelastik.

Semai Cempedak Atau Nangka Beurit Di Minggu Kedua
Ini biji cempedak dipersemaian waktu minggu kedua

Poto diatas saya jepret pada persemaian cempedak pada minggu kedua, terlihat biji cempedak mulai terbelah dan berkecambah, perlu di ketahui bahwa biji cempedak ini tidak memiliki kulit keras seperti biji nangka, jadi untuk menyemainya akan mudah bertunas dalam 2 - 3 minggu, lebih cepat bila dibandingkan dengan menyemai Nangka yang memiliki kulit keras pada bijinya.

Nah, berikut ini saya jepret dipersemaian biji cempedak pada minggu ketiga, terlihat biji - biji cempedak tersebut mulai mengeluarkan tunasnya dengan tinggi sekitar 5 - 10 Cm.
 
Semai Cempedak Atau Nangka Beurit Di Minggu Ketiga
Ini persemaian cempedak pada minggu ketiga
 Terlihat Biji cempedak mulai tumbuh tunas sekitar tinggi 5 - 10 Cm belum berdaun, saya melakukan penyiraman pada semaian biji cempedak yaitu seminggu sekali, maklum sayanya ada dirumah pada hari minggu hehehe.




Semai Cempedak Di Minggu Ketiga



Apabila ada kekurangan mohon ma’af saja ya, maklum saya baru pertama kali semai cempedak, dan ini merupakan semaian yang pertama pada biji cempedak, caranya juga menggunakan cara saya sendiri hehehe.

Mungkin tanggal 7 April 2014, semaian cempedak saya ini sudah siap dipindah ke polybag atau pot - pot kecil. Nanti saya tulis juga di Blog Mang Yono ini tentang kelanjutannya. 

Biji cempedak sangat enak bila direbus atau di goreng, lebih pulen dan gampang bila dibandingkan dengan biji Nangka hehehe.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar