Skip to main content

Cara Menanam Bakalan Bonsai Serut (streblus asper)

Sampurasun ...  

Cara Menanam Bakalan Bonsai Serut (streblus asper)

Blog Mang Yono. Cara Menanam Bakalan Serut (streblus asper). Pohon Serut adalah salah satu jenis tanaman liar yang biasa tumbuh di hutan-hutan, tebing-tebing batu atau di kebun - kebun. Di alam serut bisa tumbuh mencapai ketinggian 5 meter dengan diameter batang mencapai kurang dari satu meter, sebelumnya Blog Mang Yono pernah menulis tentang Cara membuat Bonsai Asem Jawa

Dulu sekitar tahun 1990-an, Tren Tanaman Hias tanaman hias atau bonsai serut pernah sangat populer sebagai bahan bonsai di Indonesia banyak orang yang pergi kehutan hanya untuk mencari bakalan bonsai dari pohon serut termasuk saya yang waktu itu masih ABG hehehe.

Saya ini mulanya cuma ikutan temen merambah hutan, dan diawali rasa kagum plus penasaran, pada tanaman kerdil yang cantik, kini saya mencobanya kembali.

Cara Menanam Bakalan Serut (streblus asper)

Mungkin Anda terpesona saat melihatnya. ‘’kenapa tidak??’’ melihat pohon kecil bak pohon tua berumur ratusan tahun, bertengger manis diatas meja atau didepan umah atau pun di depan Perkantoran. Begitu cantik,unik dan pastinya sangat menarik.

Memang tak mudah menanam bonsai pohon serut  karena sa’at pertama kali saya mencoba tahun (90-an saya  menanam, 5  yang tumbuh Cuma 1 pohon, dan sekarang diminta saudara saya yang di Banten. Empat pohon serut yang saya tanam, mati. dikarenakan pembusukan pada akar dan kebetulan juga saya merantau ke daerah Purwakarta ( sekolah). Keunggulan dari bonsai Serut ini, daun serut bisa tampil sangat kecil, perantingannya mudah serta mempunyai karakter kuat pada garis-garis ranting.

Kata orang atau para Pakar Bonsai, untuk membesarkan cabang agar proporsi dibutuhkan waktu yang lama. Pohon ini memiliki beberapa manfaat. Seperti bahan baku dalam pembuatan kertas di Thailand. Hampir semua dokumen Thailand kuno yang masih ada ditulis di atas kulit pohon ini. Teks-teks Buddhis dan catatan resmi dari sebelum abad kedua puluh di Thailand.

Berhubung kemarin Hari Minggu Tanggal 30 Maret saya pergi ke kebun dan melihat Pohon Serut, langsung saja saya dongkel hehehe.

Cara untuk  menanam bakalan Bonsai serut yang baru saja di dongkel atau diambil dari Hutan atau Kebun, ada beberapa tips yang akan saya berikan sesuai dengan pengalaman saya.
(i). Siapkan Gula dan Kopi lalu seduh dengan Air Panas, ini untuk menemani saat penanaman bakalan serut, biar tidak mengantuk hehehe

(ii).Buang semua daun dan ranting yang tidak berguna yang menempel pada bakalan serut kalau ini yang saya praktekan malah semua ranting saya buang, nantinya biar cabang dan ranting yang baru saja yang akan di buat bonsai..

Buang semua daun dan ranting yang tidak berguna

Buang semua daun dan ranting yang tidak berguna

(iii).Akar yang kurang bagus, dan kali ini saya malah memotong semua akarnya eheheh.

(iv).Kalau para master biasanya mengoleskan dengan perangsang akar , kalau saya ini tanpa menggunakan obat perangsang akar hehehe.

(v).Siapkan media tanam yaitu tanah campur pasir, jangan mencampur pupuk dalam media , karena pupuk akan membuat media menjadi panas sehingga akar akan sulit tumbuh.

(vi).Tanam bakalan serut tadi dalam media yang telah dipersiapkan.

Tanam bakalan serut tadi dalam media yang telah dipersiapkan.

Tanam bakalan serut pada pot.


(vii).Setelah tanaman ditanam dalam media, siram media tanah tersebut sampai basah.

(viii).Setelah disiram taruh / tempatkan tanaman Serut ditempat yang teduh.


Tempatkan tanaman Serut ditempat yang teduh.
 Tempatkan tanaman Serut ditempat yang teduh.

(ix).Biasanya para master menggunakan penutup pelastik pada ujung batang Serut biar tidak mongering atau menutupnya semua batang serut dengan Pelastik, berdasarkan pengalaman saya tunas akan muncul 2 sampai 3 mingguan 

Untuk melihat vidionya silahkan DI SINI


Baca juga :
Cara mengambil bakalan bonsai Serut (streblus asper) dari alam bebas
Vidio : Cara mengambil bakalan bonsai serut dihutan 
Cara Menanam Bakalan Bonsai Serut (streblus asper) 
Vidio : Cara Menanam Bakalan Bonsai Serut
Bakalan Bonsai Serut saya mulai tumbuh tunas dalam minggu ke 4
Cara memindahkan bonsai serut dari pot ke tanah langsung 
Cara membentuk bonsai serut bagi pemula 
Cara Mengkerdilkan Bonsai Serut - Streblus Asper
Vidio : Pemangkasan bonsai Serut menggunakan pisau
Pohon serut di taman mungil saya
Cara pemangkasan bonsai serut dengan pisau - umur 2,5 tahun
Pohon Serut Untuk Dunia Mistis
Khasiat dari Pohon Serut untuk pengobatan
Jangan Kaget Kalau Pohon Serut Merontokan Daun
 

Bonsai Serut Di Pojok Taman Batangnya Mulai Membesar

 

 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar