Skip to main content

Usaha bibit tanaman adalah usaha pertanian yang menjanjikan juga

Sampurasun … Rampes… 

Saya teringat Guru saya jaman SD, katanya usaha dalam bidang pertanian itu tidak hanya dalam hal bercocok tanam saja. Akan tetapi banyak celah yang bisa kita tekuni asalkan kita jeli melihat dan menekuninya. Salah satunya yaitu dalam hal menyediakan bibit yang siap tanam atau istilah kerennya Jual bibit hehehe. Karena tidak semua para petani bisa dan selalu ada waktu untuk menyediakan bibit yang bagus dan berkualitas.


Karena bibit tanaman merupakan kebutuhan utama bagi petani tidak ada bibit tidak bertanam, la mau nanam apa coba kalau tidak ada bibitnya hehehe. Karena tergantung dari bibit awalnya yang akhirnya akan menentukan hasil produksi. Kalau bibitnya bagus kemungkinan besar panennya atau penghasilannya akan bagus juga.

Usaha bibit tanaman adalah usaha pertanian yang menjanjikan juga



Berawal dari bibit yang unggul, terus ditunjang  dengan perawatan yang bagus dan cermat maka diharapkan hasilnya akan maksimal. Kebutuhan bibit sangat besar sekali karena semua para petani butuh bibit. Hal ini merupakan peluang usaha bagi siapa saja yang mau menekuninya. Termasuk saya mungkin ya ehhehe.




Usaha bibit tidak hanya untuk para petani saja, tetapi untuk semua kalangan, ya karena sekarang khan sudah mulai digalakan penghijauan yang bertujuan untuk meredam Panas bumi, sudah banyak tanaman buah – buahan atau sayur sayuran ditanam di pekarangan Rumah sebagai taman, karena dengan adanya tanaman di pekarangan Rumah suasana Rumah menjadi Sejuk, tentrem, ayem nggelenggem hehehe. 


Jadi tidak ada salahnya khan kalau mau mencoba pembibitan tanaman ditambah dengan pembibitan bunga – bunga. Karena tanaman hias sangat popular di kalangan masyarakat, umumnya hampir di setiap pekarangan rumah memiliki tanaman hias seperti kamboja, bonsai Donna carmen dan lain – lain, yang bertujuan untuk penghijauan dan juga penghias taman.


Budidaya tanaman semakin bayak berkembang meningkat dan cukup diminati, ini terlihat hampir di sepanjang jalan dan juga toko bunga di kota-kota besar banyak yang menjual tanaman hias. Oleh karena itu bisnis bibit tanaman hias bisa menjadi peluang besar bagi anda termasuk saya yang sedang mencari peluang usaha.



Usaha di bidang bisnis tanaman tidak hanya tanaman hias saja, saat ini bibit tanaman, bibit tanaman buah dan tanaman bunga juga sangat popular. Tidak sulit untuk memulai usaha di bidang ini, yang perlu anda lakukan adalah ketekunan dalam menjalaninya.... Betul tidak?.


Berikut ini yang berkaitan dengan pembibitan yang perlu dipersiapkan dengan matang.
 

Lahan atau tempat usaha.

Karena Lahan atau tempat usaha  sangat berperan penting dalam bisnis tanaman, seperti factor kesejukan dan terbuka untuk sinar matahari juga dapat terlihat langsung oleh orang - orang sehingga memudahkan usaha anda untuk bisa di temukan oleh pengunjung. 


Buatlah susunan tanaman serapi mungkin agar terlihat menarik bila perlu tuliskan nama tanaman atau bibit.

Jika tidak memiliki lahan di tempat yang dekat dengan jalan umum, pekarangan rumah juga bisa menjadi alternatif untuk memulai usaha Jual bibit tanaman atau bunga... Betul tidak?.




Koleksi bibit atau tanaman yang banyak dicari  atau sedang populer.

 
Nah, untuk mengetahui populer atau tidaknya tanaman atau bibit tanaman, kita wajib survey tentang jenis tanaman apa saja yang popular saat ini, agar mengerti minat pasar. Pilihlah bibit dan tanaman yang unik atau berbunga indah yang paling banyak dicari seperti bibit tanaman buah dan juga bunga-bunga indah seperti anggrek. Caranya kita tidak perlu berkeliling kerumah – rumah, tetapi bisa mencari informasi lewat internet , gampang khan hehehe.


Cara perawatan tanaman

 
Perawatan tanaman atau bibit tanaman itu penting, karena untuk tumbuh kembangnya tanaman, seperti penyiraman, pemupukan . Pemeliharaan tanaman tiap tumbuhan bisa berbeda-beda, sebaiknya mempelajari cara-cara merawat tanaman agar usaha tersebut berjalan lancer.

Iklan  atau  Promosi


Iklan merupakan faktor pendukung dalam usaha anda agar mudah menarik pelanggan. Buatlah media iklan dan promosi usaha anda semenarik mungkin, anda juga dapat mempromosikan lewat website, Blog Mang Yono dan juga jejaring sosial agar usaha anda cepat dikenal oleh masyarakat luas.



Selamat mencoba ya....
 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar