Tumbuhan yang bisa dijadikan lalapan mentah

Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Sebagai orang Sunda yang hidup diperkampungan,  saya tidak asing lagi dengan lalapan mentah, baik  yang sudah biasa ditanam atau tumbuhan liar  diperkebunan dan sawah  

Banyak orang bilang "ngasih makan orang sunda itu gak sulit, cukup ajak mereka di kebun atau ladang juga sudah bisa bertahan hidup", hehehe. Mungkin itu maksudnya, karena mayoritas orang - orang kampung yang tinggal di sunda menyukai lalapan, tapi tidak semuanya suka lalapan, seperti keluarga saya juga tidak suka lalapan daun mentah, kalau direbus sih suka hehe. Kalau saya sih hayu asal segala macam tumbuhan yang sekiranya tidak beracun akan dijadikan makanan. Seperti tumbuhan dibawah ini tidak semuannya sengaja ditanam, tetapi tumbuhan tersebut tumbuh liar begitu saja di kebun, halaman rumah, petak sawah, atau di semak - semak.  Siapapun bisa memetiknya dengan bebas tanpa ada yang melarang.

Tumbuhan yang bisa dijadikan lalapan mentah  

Beberapa tanaman yang bisa di konsumsi dan sudah dikenal yaitu misalnya daun  kemangi, kangkung,Kol, kobis, kobak dan lain - lain beberapa jenis yang mungkin belum biasa dikonsumsi sebagai lalapan. Tapi Saya sendiri sering memakan lalapan dari daun-daunan tersebut.

Berikut ini beberapa dedaunan yang masih asing dikonsumsi mentah tapi saya sudah sering mengkonsumsinya, namanya mungkin berbeda dengan nama tumbuhan ditempat Anda - andini. Beberapa lalapan mungkin pernah saya posting di blog ini.

Pohpohan
Daun pohpohan (Pilea melastomoides) rasanya anget - anget dan wangi seperti  daun mint.  Katanya kandungan kalsiumnya cukup tinggi bila dibandingan dengan sayuran – sayuran atau lalapan yang lain. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca di postingan saya tentang Manfaat dan Khasiat dari daun pohpohan (Pilea melastomoides)

Daun pohpohan (Pilea melastomoides)
Daun pohpohan (Pilea melastomoides)
Tespong

Lalap Tespong ini lalapan yang tidak asing lagi, karena sudah banyak disediakan di warung makan sunda atau di pasar, daunnya bergerigi menyerupai daun seledri namun agak kaku bila dibandingkan dengan daun seledri. Rasa dari lalapan Tespong yaitu anget - anget smriwing hehehe. Mau baca tentang lalapan tespong silahkan baca di Tanaman Tespong, lalapan orang Sunda


Antanan
Mungkin Anda – andini sering melihat tumbuhan yang satu ini. Tumbuhan merayap dengan daun bulat-bulat. Paling banyak ditemukan di petak sawah, parit – parit sawah atau kolam secara liar. Rasa dari Antanan agak pahit atau peuheur kata orang sunda, tapi rasanya bikin ketagihan apalagi dicocol sambel tomat. Khasiat dari Antanan ini katanya, bisa untuk proses penyembuhan luka habis operasi. 

Antanan Tumbuhan merayap dengan daun bulat-bulat
Antanan Tumbuhan merayap dengan daun bulat-bulat


Genjer
Nah, Anda – andini mungkin lalapan yang satu ini sudah pada tahu kan. Genjer, Genjer biasa tumbuh di petak – petak sawah atau parit – parit sawah. Genjer bisa diolah menjadi oseng-oseng, atau direbus lalu menjadi lalapan yang dicocol sambel pedas. Atau bisa juga diurap dengan sayur lainnya. Tapi saya lebih suka dimakan mentah. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca di postingan saya tentang Tanaman Genjer adalah gulma yang enak dikonsumsi dan banyak manfaatnya.

Genjer biasa tumbuh di petak – petak sawah atau parit – parit sawah
Genjer


Eceng Sawah
Tanaman ini biasa tumbuh di petak sawah atau parit sawah,  Lalapan ini adalah gulma atau pengganggu tanaman padi. rasanya seperti genjer saya lebih suka memakan lalapan eceng dalam keadaan mentah. Kalau direbus atau dimasak lalapan ini susah dicerna di mulut. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca di postingan saya tentang Eceng Sawah Gulma Yang Bermanfa'at.


Sintrong
Tumbuhan ini tumbuh begitu saja di kebun atau semak - semak, Rasanya, ya seperti lalapan lainnya hehehe. Yang bisa dijadikan lalapan hanya daunnya saja, atau pohon yang muda.

Daun Putat
Warna daun mudanya coklat tua, Pohon ini bisa tumbuh besar di pinggir – pinggir sungai. Untuk lalapan dipilih pucuk daunnya saja (bagian daun yang muda), dicuci, lalu dicocol sambal. Tidak perlu diolah dulu.

Lalapan Daun putat
Lalapan Daun putat

Kenikir
Kenikir biasanya ditanam di kebun atau belakang rumah Biasanya yang dipilih untuk lalapan yaitu kenikir yang mempunyai bunga berwarna ungu,  Lalapan ini biasanya di buat urap atau pecel, tapi saya lebih suka dimakan mentah bersama sambal kacang hehehe. Tanaman ini Malaysia disebut Ulam Raja.

Lalapan daun Kenikir
Lalapan daun Kenikir

Gunda
Pohon Gunda biasanya tumbuh di sawah di antara tanaman padi yang berumur 2 bulan, gak lebih dari umur tanaman padi segitu, karena umur padi dua bulan merupakan waktunya penyiangan, ngarambet atau ngagurul, jadi gundanya juga ikut dicabut, kadang pas waktu penyiangan itu gunda – gunda dipisahkan untuk dibuat lalapan. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca di postingan saya tentang Gunda adalah gulma disawah yang bisa dikonsumsi utuk pecel atau lalapan mentah.

Lalapan daun Gunda
Pohon Gunda diantara pohon padi

Daun kacang panjang
Mungkin Anda – andini jarang sekali melihat orang yang makan daun kacang panjang dibuat lalapan, tapi saya sering loh.. heheh. Nah untuk lalapan mentah daun kacang panjang yang dipilih yaitu daun kacang panjang tua, bukan pucuknya, tapi tidak daun yang menguning juga ding ... heheheh.

Daun kacang panjang
Daun kacang panjang

Daun Jambu Mete
Nah untuk lalapan daun jambu mete itu yang diambil bukan daun yang sudah tua apalagi sudah menguning, tetapi yang di buat lalapan adalah daun jambu mete yang masih muda / pucuk, daun jambu mete mentah paling mantab di gabungkan atau berduet dengan daun pepaya mentah langsung dicocol ke sambel kacang. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca di postingan saya tentang Lalapan mentah dan lalapan matang.

Daun Jambu Mete
Daun Jambu Mete

Daun Pepaya
Nah, untuk lalapan daun pepaya ini dipilih daun yang masih muda, kebanyakan orang sih daun pepayanya dimasak dulu, dioseng, malah rasa pahitnya juga dihilangkan. Tapi saya lebih suka makan daun pepaya mentah atau bunga pepaya gandul yang mentah. Untuk menghilangkan rasa pahit bila dimasak, silahkan baca di postingan saya tentang Cara menghilangkan rasa pahit pada daun atau bunga pepaya

Daun Mangga
Daun yang dipilih sama seperti daun pepaya, yaitu daun yang masih muda. Kalau keluarga saya biasanya merebus dulu daun mangganya. Tapi saya lebih suka lalapan daun mangga mentahnya hehehe.


Daun Jengkol
Daun yang dibuat lalapan sama seperti daun pepaya dan daun Mangga, yaitu daun yang masih muda, nah untuk daun mangga dan daun jengkol lebih mantab lagi bila makannya disatukan dengan pepes udang kali atau rawa, langsung dicocol ke sambal kacang.

Cukup segitu dulu aja ya, mungkin masih banyak yang tidak tertuliskan oleh saya disini.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar