Tanaman Ganyong bagus untuk tanaman hias

Sampurasun .... Rampes ...

Blog Mang Yono. Ganyong termasuk komoditas umbi-umbian. Tapi Ganyong belum sepopuler ubi kayu dan ubi jalar, apalagi ubi Cilembu yang berasal dari Desa Cilembu asli .. hehehe.

Katanya Ganyong merupakan salah satu bahan pangan yang bergizi cukup tinggi terutama kandungan karbohidratnya, disamping itu dapat dijadikan beranekaragam kue termasuk makanan bayi atau juga cuma direbus atau di kukus sebagai camilan menonton Bola hehehe. Rasa dari umbi ganyong ini cukup enak, rasanya manis, pulen, pokonya mantab deh. Tanaman Gayong ini cocok ditanam di lahan pekarangan, tegalan, pematang sawah ditumpangsarikan dengan tanaman palawija lainnya atau di taman kesayangan. Selain tanaman ganyong berfungsi sebagai tanaman penutup tanah, tanaman ganyong juga bisa dijadikan sebagai tanaman hiasan taman karena bunganya juga cukup menarik 

Tanaman Ganyong bagus untuk tanaman hias dipekarangan
Seperti yang saya lakukan, tanaman Ganyong saya tanam di pekarangan, sekaligus dijadikan tanaman hias. Nah untuk menanam Ganyong tidaklah terlalu sulit.  Untuk mencari bibit tanaman Ganyong yaitu dari umbi atau anakan dari rumpun indukan, sesuai yang saya ketahui, ganyong itu ada 2 jenis yaitu Ganyong putih dan Ganyong Merah, yang dapat dibedakan dengan warna batang dan Urat pada daun.

Umbi Ganyong
Yuk, kita simak cara menanam Ganyong ala saya hehehe:
  1. Pertama pilih bibit yang baik, yaitu bibit yang berasal dari ubi atau
    anakan yang sehat dan indukan yang tua.
  2. Buat lubang tanam secukupnya kalau saya biasa memakai alat kored yaitu cangkul yang kecil, ukuran lubang kira – kira 5 cm x 5 cm, atau terserah anda - andini
  3. Terus tanamkan bibit satu persatu kedalam lubang tanam dengan arah tunas menghadap ke atas, awas jangan terbalik ya hehe.
  4. Selanjutnya tutup (timbun) bibit dengan tanah galian tadi.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar