Dapat oleh – oleh kerupuk ikan tenggiri khas Karimun.

Sampurasun .... Rampes ....

Blog Mang Yono. Tanggal 22 Juli 2014, teman – teman saya dari Proyek Pulau Topang, Riau, sampai di Kantor, teman saya ini kebanyakan dari Surabaya, Solo, Klaten, tapi ada juga yang dari Bangka yang suka kasih oleh - oleh Terasi Bangka. Orang Bangka sana yang kadang kirim Paket Terasi dan makanan khas Bangka via Pos, jadi saya pernah merasakannya kelejatan Terasi Bangka tersebut, Terasi Bangka ini meskipun kita bawa ke Pesawat baunya tidak tercium, karena pengemasanya rapih. Ada juga temen saya yang dari Purwokerto, yang kasih bingkisan pohon lengkeng


Seperti biasa kalau yang datang dari Proyek luar Kota, suka membawa oleh – oleh meskipun tidak banyak, ya lumayan dah daripada nggak sama sekali, katanya.

Dapat oleh – oleh kerupuk ikan tenggiri khas Karimun, Kep. Riau.
Kerupuk ikan tenggiri khas Karimun, Kep. Riau.

Silahkan baca juga : Terasi Bangka Belitung.

Seperti hari itu, Kang mandornya yang bernama “Kus” memberi saya oleh – oleh Kerupuk ikan tenggiri produksi dari Kabupaten Karimun, bentuknya ada yang bulat dan ada juga yang lonjong. Katanya kerupuk ikan tenggiri ini rasanya memang khas. Rasa ikan Tenggiri sangat gurih, garing dan bumbunya sangat terasa di lidah. Setelah saya cicipi eh ternyata betul juga hehehe. Ya udah nanti saya bukanya di rumah saj itung – itung buat oleh – oleh keluarga heheheh. Kalau teman – teman saya yang lain bemberi saya mentahnya saja hehehe. Karena katanya gak sempet beli oleh – oleh. Jangankan buat beli oleh – oleh, untuk mencari tiket pesawat saja was – was takut kehabisan hehehe. Ya sudah gak apa – apa mentahnya juga, saya ucapkan terimakasih. “Saya gak minta loh, kalau dikasi ya saya terima dengan senag hati, lumayan buat beli baju dulag, sisanya buat beli Hape ... hehehe, maksud saya buat bayarin Hape yang saya beli dari temen saya yang kerja di proyek Pulau Topang, harganya murah – murah loh, meskipun Hapenya Setengah pakai dan Kw – Kw-an”.

Silahkan baca juga : Dapat Bingkisan Pohon Lengkeng / Kelengkeng dari Purwokerto
Kerupuk ikan tenggiri bulat khas Karimun, Kep. Riau.
Kerupuk ikan tenggiri bulat khas Karimun, Kep. Riau.
 
Yang saya ketahui, ada juga sih kerupuk ikan Tenggiri yang warnanya putih dengan bentuk menyerupai lempengan bulat dengan berbagai jenis ukuran. Dulu saya pernah melihat cara pengolahan kerupuk ikan tenggiri yang ini, Kalau gak salah cara membuatnya.

Pertama, tepung dimasak dan dicampur dengan bumbu. Lalu daging ikan Tenggirinya digiling. Setelah itu, baru dicampur dengan bumbunya seperti garam, penyedap, dan setelah itu baru dicetak.
Kerupuk ikan tenggiri lonjong khas Karimun, Kep. Riau.
Kerupuk ikan tenggiri lonjong khas Karimun, Kep. Riau.

Setelah dicetak selanjutnya dikukus, dipotong dan dijemur sampai kering. Setelah kering, lalu  digoreng dan dibungkus serta siap dipasarkan. Harganya juga beraneka ragam mulai dari ukuran yang paling kecil dengan harga Rp6.500. Sedangkan, ukuran sedang hingga ada yang paling besar dengan harga Rp30.000 perbungkus. Tapi yang seperti pada poto ini, yang dikasihkan kesaya harganya Rp12.000 perbungkusnya,”.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar