Skip to main content

Kost untuk melatih supaya mandiri

Sampurasun .. Rampes .

Blog Mang Yono. Alasan adik ipar saya ini kost di daerah Subang Kota , bukan karena dia diusir orang tua atau lari dari kejaran warga kampung yang dikira mencuri pakaian dalam wanita ... hehehe, tapi supaya bisa belajar hidup mandiri dan tidak terbawa pergaulan dengan anak – anak muda di kampung saya, yang kurang baik dimata masyarakat, karena sering tawuran dan hal – hal yang kurang baik lain.

Jadi ceritanya, hari minggu tanggal 3 Agustus 2014 Adik saya “ Jae” sudah diantar / jajap ke kosan, menempati kosan milik salah satu Warga di belakang sekolahannya yang tak jauh dari Rumah sakit Ciereng Subang. Kontrakan atau kosan ini adalah rekomendasi temen sekelasnya yang ngekos didepannya. Adik ipar saya tahun ini baru masuk ke SMK dan ini merupakan pengalaman yang pertama ngekos baginya, ngekosnya pun sendirian.

Kost untuk melatih supaya mandiri
Dengan mengendarai Chevrolet Camaro ZL1 Tanpa Atap hehehe

Berangkat dari rumah sekitar jam 7,00 WIB, berangkat pagi - pagi dipilih supaya di perjalanan agak adem ayem, gak kepanasan, mengingat kendaraan yang di bawa yaitu Chevrolet Camaro ZL1 Tanpa Atap hehehe. Yang ikut jajap banyak juga sekitar 15 orang laki - perempuan, tua - muda dan anak - anak.

Sengaja dari rumah tidak makan dulu, maksudnya belum makan nasi, kalau ngopi dan goreng pisang, goreng tempe dan lontong sih sudah habis lima, tapi namanya orang sunda, kalau belum makan nasi di bilang belum makan, meskipun sudah makan lontong tapi khan beda sama nasi ...  hehehe
 
Kostan adik ipar saya
Dengan perjalanan 1 Jam akhirnya sampai juga di Kost-an adik ipar

Gak berapa lama diperjalanan, akhirnya sampai juga ke kost adik ipar saya. Tapi lama juga sih, namanya satu jam diperjalanan ya lama ya?.

Sesampainya di kost, langsung deh saya ambil tempat yang nyaman dan buka bekal, saya makan duluan karena saya kalau makan lama sekali, kalau bareng - bareng pasti deh saya ketinggalan jauh hehehe. Gak apa ya saya makan duluan, yang lain ngeliatin aja dulu hehehe. Sambil juprat - jepret, pura - pura moto, padahal dah gak tahan ingin ikutan nimbrung makan. 

Mohon maaf bapa - bapa, ibu - ibu, eteh - eteh, akang - akang saya makannya duluan hehehe

Nah sekarang boleh deh dimulai gelombang keduanya, giliran saya yang jepret - jepret sambil makan juga. Soalnya saya belum selesai makan  hehehe. Tapi anehnya saya paling suka makan dan nyemil, tapi kenapa gak gemuk - gemuk, katanya yang suka ngemil itu suka gemuk. # ah mitos ya hehehe.

Nah sekarang boleh deh dimulai gelombang keduanya, giliran saya yang jepret - jepret sambil makan juga
Sekarang boleh deh dimulai gelombang keduanya, giliran saya yang jepret - jepret sambil makan juga hehe
Kalau makannya bareng - bareng memang nikmat ya, meskipun lau dan lalapannya alakadarnya dan asal ada, asal ada opor, asal ada pepes ikan, asal ada karedok, dan asal ada yang lainnya hehehe

Kita kembali lagi ke cerita ngekos adik ipar saya. Mungkin meskipun baru mulai ngekost juga kalo masalah nyapu, nyuci, ngepel, nyetrika sendiri masih bisa dia lakukan. Nah kalo masalahnya masak – memasak mungkin bisa beli diwarung hehehe, ini ni yang susah. Satu dua hari pertama belum mungkin belum kerasa, tapi pas hari ketiga dan seterusnya, mungkin baru nyadar betapa berharganya seribu rupiah itu bagi anak kost hehehe. Dulu waktu saya sekolah di STM Purwakarta juga pernah ngalamin yang beginian.

Berikut ini ada Tips dari saya tentang menghemat uang di Kosan atau dikontrakan bagi anak sekolah, maha siswa dan karyawan atau kuli seperti saya.
(1). Catat semua keperluan sehari-hari sebelum belanja, prioritaskan untuk belanja sesuai catatan yang kita buat. Belilah yang kamu butuhkan, bukan kamu ingingkan.

(2). Jangan terlalu terpengaruh mode, periksa kembali lemari baju, padupadankan pakaian lama kita, tanpa harus beli yang baru.

(3). Belanjalah pakaian dengan model, motif dan warna yang netral, biar bisa di padupadankan dan bisa dipakai sehari - hari

(4). Makanlah secukupnya dan jangan berlebihan karena yang berlebihan itu akan menyebabkan kanker alias kantong kering kerontang hehehe.

(5). Jagalah kesehatan. Usahakan berjalan kaki sekitar 20 - 30 menit setiap hari untuk memperlancar peredaran darah biar tidak gampang sakit. Anak kost dilarang sakit hehehe).

(6). Jangan biasakan menyimpan uang cash terlalu banyak di dalam dompet, ini akan membuat kamu merasa ”punya uang” dan kemudian membeli barang-barang yang sebetulnya tidak kamu perlukan, sediakan uang secukupnya di dompet.

(7). Jangan biasakan ngutang… nanti malah kebiasaan, kalau kepepet sih gak apa - apa ding hehehe.

(8).Jangan lupa zakat, infaq, dan sodaqoh nya yah… Insya Allah kamu gak bakal kekurangan deh. Setidaknya selalu merasa cukup dan bersyukur.

Silahkan baca juga Cara Membuat Nasi Liwet khas Sunda di Saung Sawah

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar