Skip to main content

Panen buah mentimun pertama yang ditanam di sawah

Sampurasun .. Rampes ..

Blog Mang Yono.  Hari Rabu Tanggal 30 Juli 2014 cuaca Siang cukup panas, saya dan nenek saya, termasuk keluarga saya juga hehe, sedikit sibuk, pura - pura terlihat sibuk memanen buah mentimun buah pertama hehe.

Kebunnya sih tidak begitu luas, cuma dua petak sawah yang 12 petak lagi ditanami palawija lainnya, yaitu kacang tanah, kacang ijo, jagung, kacang gajih dan paria. Tapi semua mentimun ini kalau dikonsumsi sendiri hasilnya tidak akan habis hehehe. ya, kalau ada yang beli dijual saja, tapi menjualnya tidak dijajakan keliling, cukup di taruh dimeja warung 1 - 3 jam sudah habis ada yang beli hehehe. Cuaca sangat panas, karena memang siang itu sudah waktunya makan siang. Yu saya dan keluarga makan dulu hehehe, dan  membuka bekal makanan yang dibawa dari rumah. Ada nasi, ikan asin, sayur asam ( bukan sayur kemarin loh ) dan sambal. Pokoknya sangat menggugah selera makan. Sedang lalapannya ya timun yang habis dipanen ini sisa lalapannya dibawa pulang hehehe.

Panen buah pertama mentimun di sawah
Sekalian narsis dikit sambil metik mentimun heheh

Siang yang terik memang paling asik menyantap lalap mentimun dengan sambel. Timun juga bisa dibuat jus atau minuman dan sebagai bahan dasar acar atau Reuceuh . Dibeberapa buku pertanian, tanaman mentimun dalam bahasa latinnya Cucumis sativus L. termasuk dalam famili Cucurbitaceae

Panen buah pertama mentimun
Panen mentimun - Nenek saya juga saya jepret hehehe

Ada beberapa cara tanam yang dapat digunakan yaitu :


(1). Cara tanam baris dengan jarak tanam 30 x 40 cm dengan menggunakan rambatan tunggal atau ganda, lubang tanam berupa alur. 

(2). Cara tanam persegi panjang dengan jarak tanam 90 x 60 cm dengan menggunakan sistem rambatan piramida. 

(3). Cara tanam persegi panjang dengan jarak tanam 80 x 50 cm dengan menggunakan sistem rambatan para-para.

Kebun percobaan tanam mentimun
Kebun percobaan tanam mentimun

Panen pertama mentimun dapat dilakukan setelah tanaman berumur 75 sampai 85 hari. Sedangkan masa panen untuk tanaman mentimun dapat berlangsung 1 sampai 1,5 bulan. Panen/pengambilan buah mentimun  dilakukan setiap hari, umumnya diperoleh 1-2 buah atau tanaman setiap kali petik. Produksi buah mentimun sesuai yang saya baca yaitu bisa mencapai 12 - 30 ton/ha.  Tapi tanaman mentimun saya kag nyampai i Hektar, berarti gak panennya tidak sampa 30 ton juga hehehe.


Tanamannya sedikit panennya juga sedikit
Tanamannya sedikit panennya juga sedikit
Sawah yang lainnya ditanami palawija yang lain seperti kacang tanah, jagung, kacang ijo, kacang gajih dan pare / paria.


Tanaman palawija lain pada petakan sawah yang lain
Tanaman palawija lain pada petakan sawah yang lain

Sebelumnya saya memposting juga waktu menanam awal tanaman ini, karena di blok tegalsungsang dimana sawah saya berada sedang susah air, karena jebolnya tanggul leuwi nangka yang berada di hulu sungai, orang lain sih tetap pada tanam padi, kalau saya tidak ikutan menanam padi, tapi mencoba menanam palawija saja hehehe. Untuk lebih jelasnya pada postingan sebelumnya silahkan baca pada postingan : Karena susah air di Blok Tegalsungsang akhirnya saya menanam palawija
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar