Skip to main content

Anak – anak Subang pasti sudah pernah naik Sisingaan.

Sampurasun... Rampes... 

Blog Mang Yono.  Hampir semua anak kecil di wilayah Subang pernah naik Sisingaan, yang merupakan kesenian khas dari wilayah ini,yang kemudian di kenal juga dengan Odong-odong.

Ada yang pernah main ke kota  Subang?, itulah kota kelahiran Saya dan merupakan tempat tinggal saya. Sebuah kota yang memiliki luas sedang-sedang saja (tidak besar, tidak kecil). 

Anak – anak  Subang pasti sudah pernah naik Sisingaan. 
Anak saya " Gigin " Nangis pengen dibelikan Sisingaan

Kota yang memiliki motto BERSERI (Bersih, Sehat, Rapih, Indah) ini merupakan sebuah kabupaten yang terkenal dengan julukan “Kota Nanas”, mungkin karena banyak yang jualan nanas, atau mungkin juga penduduknya kebanyakan punya kebon nanas ya.

Baca Sisingaan dari kabupaten Subang atau odong - odong


Selain terkenal dengan buah nanasnya kota Subang juga terkenal dengan Sisingaannya.

Jadi begini ya sodara-sodara sebangsa setanah air yang baik hati.. Sisingaan merupakan sebuah kesenian yang menggunakan sebuah alat yang berbentuk singa kayu yang digotong oleh empat orang. biasanya Sisingaan ini diadakan oleh orang subang bila anaknya mau di Khitanan atau dengan kata lain disunat.

Semoga sisingaan menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke Indonesia . Kesenian Sisingaan / gotong singa merupakan warisan nenek moyang yang patut kita lestarikan keberadaannya supaya tidak tergerus oleh trend musik-musik barat yang sekarang sedang di gandrugi sekali oleh anak muda.

Odong-odong……..!! ini juga termasuk kesenian negeri yang tak ada di negara lain looh.. silahken dicoba… siapkan saja uang seribu rupiah.. dijamin Puaaaas. Dan rasa penasaran anda pun tentang bagaimana enaknya naik sisingaan akan terobati.

Lihat Full Episodes Vidio Kesenian Sisingaan Kabupaten Subang.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar