Uwi atau ubi kelapa tanaman yang terlupakan

Sampurasun ... Rampess ..

Blog Mang Yono. Uwi atau ubi kelapa ( Hui bahasa sunda ) merupakan sejenis umbi - umbian yang pohonnya merambat. Panganan di perkampungan, seperti di kampung saya, meskipun sekarang sudah agak jarang juga hehehe. Saya kira di Kota sudah gak ada tanaman yang seperti ini, bahkan ada yang tak mengenalnya sama sekali.

Uwi / Hui adalah tumbuhan merambat dan memiliki banyak sekali jenisnya. Tanaman ini biasanya di tanam diladang atau ditanam di pekarangan.

Uwi atau ubi kelapa tanaman yang terlupakanUwi atau ubi kelapa meskipun cuma dikukus tapi bikin nikmat hehe 

Uwi kelapa mempunyai umbi dengan bentuk tidak beraturan dengan banyak akar kasar di bagian pangkal batang. Daging umbi berwarna putih, krem, atau ungu cerah. 

Batang muda bersegi empat dan bersayap. Daunnya berbentuk jantung, bertulang 5-7 termasuk tulang daun utama. Tangkai daun bersemu kemerahan di bagian pangkal dan dasar daun. 

Uwi kelapa merupakan tanaman melilit yang tumbuh pada musim hujan dan kemudian mengering pada musim kemarau, tapi setelah musim hujan akan kembali lagi bertunas serta tumbuh subur. 

Pohon ubi kelapa / uwi biasanya dirambatkan ke pohon atau dibuat tiang
 Pohon ubi kelapa / uwi biasanya dirambatkan ke pohon atau dibuat tiang

Tanaman uwi kelapa tumbuh dimulai pada awal musim hujan, dan selanjutnya mengering. Pada musim hujan berikutnya, tanaman muda akan tumbuh kembali dan kemudian kembali mengering pada musim kemarau.

Umbi uwi kelapa dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Cara paling sederhana adalah dikukus setelah umbi dikupas dan dipotong-potong. Umbi juga dapat digoreng atau bahkan dibuat kue
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar