Heurap / jaring lempar alat penangkap ikan tradisional

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono.  Alat-alat penangkap ikan tradisional masih tetap digunakan secara  luas di daerah- daerah perairan yang airnya tidak dalam, di kolam, danau, rawa, sungai dan  garis pantai. Alat penangkap ikan tradisional, misalnya  jala, bubu rambang, heurap / jaring pancal / lempar, jaring angkat dan sebagainya.

Heurap atau jaring pancal / lempar merupakan alat penangkapikan yang dibuat anyaman jaring, berbentuk limas, ukuran mata jaring sama, tetapi jumlah mata jaring semakin banyak dari puncaknya sampai dasar jaring. 

Heurap / jaring lempar alat penangkap ikan tradisionalHeurap / jaring lempar alat penangkap ikan tradisional

Bahan heurap / jaring pancal / jaring lempar  terbuat dari nylon dan senar, tetapi jaring nylon jauh lebih kuat dari jala konvensional yang terbuat dari bahan senar.
Cara menggunakan heurap / jaring lempar alat penangkap ikan tradisional

Pemberat heurap / jaring pancal terbuat dari rantai timah yang dijalin dengan rapat & rapi. menjadikan distribusi berat yang merata di sepanjang bibir jala dikombinasikan dengan bobot rantai timah +/- 3kg, sehingga saat dilempar jala dengan cepat langsung turun ke dasar sungai/kolam tidak memberikan ikan cukup kesempatan untuk lolos dari jaring.
Share:

1 komentar: