Jeruk Purut

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO. Jeruk purut di beberapa daerah di Indonesia dikenal dengan beberapa nama berbeda. Seperti di Minangkabau disebut lemao puruik di daerah saya Sunda biasa disebut jeruk purut, atau di daerah daerah lain pasti beda namanya.

Tumbuhan dan buah jeruk purut mudah dikenali. Yaitu mempunyai Ranting berduri. Daun khas seperti angka 8 yang tersusun vertikal. Daun ini mempunyai aroma harum yang khas ketika diremas.

Buah jeruk purut. Poto jepretan AdminBuah jeruk purut. Poto jepretan Admin

Bunganya berbentuk bintang, berwarna putih kemerah-merahan atau putih kekuning-kuningan. Buahnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau dengan permukaan kulit yang bergelombang dan kasar.
Daun jeruk purut seperti angka 8 yang tersusun vertikal. Daun ini mempunyai aroma harum yang khas ketika diremas. Poto jepretan Admin
 Daun jeruk purut seperti angka 8 yang tersusun vertikal. Daun ini mempunyai aroma harum yang khas ketika diremas. Poto jepretan Admin


Penggunaan yang paling banyak dari Jeruk Purut ini justru adalah daunnya. Jika kita melihat daun jeruk dijajakan di pasar ataupun di tukang sayur, maka kemungkinan besar itu adalah daun jeruk purut.

Buahnya berbentuk bulat tak beraturan akibat kulit buahnya yang berkerut kerut mirip kulit orang tua hehehe.  
Jeruk purut umumnya dimanfaatkan sebagai rempah atau bumbu masakan.

Jeruk purut umumnya dimanfaatkan sebagai rempah atau bumbu masakan. Baik daun maupun buahnya biasa digunakan sebagai penetral bau amis daging atau ikan. Juga untuk menambahkan aroma harum pada sejumlah masakan seperti gado-gado, ketoprak dan pecel.

Buah jeruk purut bisa juga di gunakan untuk mengobati Flu:: Caranya yaitu, 2 buah jeruk purut diperas airnya campurkan dengan ½ gelas air hangat, lebih bagus lagi ditambahkan madu lalu minum sekaligus.

Ternyata buah jeruk purut juga bisa untuk menghilangkan Ketombe: Caranya yaitu, Air jeruk purut, Air nanas dan Santan kelapa perbandingannya sama, terus campurkan bahan menjadi satu campran ini bisa digunakan untuk shampoo 2-3 kali seminggu
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar