Skip to main content

Jeruk Nipis - Citrus Aurantifolia

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM Sebelumnya saya menulis tentang jeruk juga yaitu Jeruk Purut. Nah sekarang saya mau coba menulis tentang Jeruk Nipis ( Citrus Aurantifolia )

Nah, ciri dari daun Jeruk Nipis, daun jeruk nipis merupakan daun tunggal, berbentuk jorong, dengan tulang daun menyirip. Permukaan daun licin dan mengkilat (meskipun gak pakai minyak sayur hehe), tepi daun bergerigi.

Jeruk Nipis - Citrus Aurantifolia. Poto jepretan admin 15/11/2014Jeruk Nipis - Citrus Aurantifolia. Poto jepretan admin 15/11/2014

Buah Jeruk nipis biasanya dipakai untuk memasamkan makanan, seperti pada soto. Bisa juga sebagai pengganti cuka. Perasan airnya biasa digunakan untuk menghilangkan amis ikan, sebagai obat batuk atau sebagai obat balur/pijat saat seseorang demam, bisa juga untuk minuman bagi yang suka, kalau yang gak suka jangan maksain ya heheh.

Dulu waktu Remaja atau ABG .. hehehe, saya sering menggunakan Jeruk nipis untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi kadar minyak pada kulit untuk mencegah timbulnya TELUR CINTA ( Jerawat ) .. heheheh.
Untuk mengobati jerawat
Caranya : Ambil / beli / minta tetangga 1 buah jeruk, jangan lupa dicuci dulu terus di iris. Gosokkan pada kulit wajah. Bisa juga untuk memutihkan kulit secara alami, dengan menggosokan potongan jeruk nipis ke seluruh tuhuh dengan rutin

Jeruk Nipis bisa juga untuk mengobati Batuk.
Caranya : Ambil / beli / minta tetangga 1 buah jeruk, jangan lupa dicuci dulu terus diperas, campur dengan 1,5 sendok kecap, tambah garam dikit, aduk rata, saring. Langsung diminum.
Cara Pengembangbiakannya dapat dilakukan melalui hasil semaian biji, bibit cangkokan atau okulasi.

Baca juga : 
Musim Jeruk Bali ( Pamelo ) Tapi Jeruk Bali Akan Berbuah Sepanjang Tahun
Ubar kokoloteun / obat awet muda dari kulit jeruk bali.
Cara Mencangkok Pohon Jeruk Bali Ala Mang Yono.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar