--> Skip to main content

Kabupaten Subang Punya Tugu Leuit / Lumbung Padi

Sampurasun ... Rampes.

Blog Mang Yono Kabupaten Subang adalah lumbung padi Jawa Barat, terlihat di daerah subang ada tugu Leuit / Lumbung padi. Saya acungi jempol deh buat bapak pemerintah Kabupaten Subang.

Apalagi kalau disediakan / dibangun lumbung padi beneran untuk menyimpan padi di tiap Desa / Kecamatan.  hehehe, ditambah pemeritah menggalakan sistim menabung hasil panen padi melalui lumbung padi. Yang disimpan atau ditampung di tiap – tiap Desa / Kecamatan. Dan membangun Leuit / lumbung padi di Desa / Kecamatan. 

Tugu Leuit / Lumbung Padi Kabupaten subang.Tugu Leuit / Lumbung Padi Kabupaten subang. Poto jepretan kang Dodi Supardi Facebooker Subang ( FBS )

Mungkin lumbung menurut saya yang seorang petani tanggung ini lebih efektif untuk mengatasi masa paceklik atau gagal panen padi.

Nah, untuk menunjang itu pemerintah menyiapkan dana pendirian lumbung padi hehehe ... Dana lagi nih hehehe. Ya pembangunan leuit / lumbung padinya hanya dibangun di daerah sentra padi aja, percuma khan kalau ngebangun Leuit daerah sentra padi .
Leuit / Lumbung padi Mang Yono
Leuit / Lumbung padi Mang Yono

Setahu saya Lumbung padi, sebelumnya menjadi tradisi petani Indonesia. Tradisi itu akhirnya rusak setelah pemerintah memberlakukan kebijakan koperasi unit desa (KUD) yang menyingkirkan lumbung padi. Nah sekarang setelah KUD gak aktif apa gak sebaiknya tradisi Lumbung Padi di kembangkan kembali...
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Comments
0 Comments