Mengelola banyak blog, membuat Blogger tidak produktif, Benarkah?

Mengelola banyak blog, membuat Blogger tidak produktif, Benarkah?

Mengelola banyak blog, membuat Blogger tidak produktif, Benarkah? Artikel inimerupakan kiriman yang ke 2 dari  Patrick Prasetyo dari Surabaya. 

Selama ini kebanyakan blogger mengelola satu blognya saja, paling banyak mungkin dua atau bahkan tiga saja. Namun, beberapa blogger lainnya memiliki lebih dari itu, seiring perkembangan tahun ada komentar-komentar miring bahwa memiliki Blog  banyak tanda bahwa Bloggernya tidak produktif, tidak selalu rajin mengupdate konten blognya, karena memang mengurusi blog yang lain juga. Benarkah pendapat demikian, tapi kelihatannya memang ada benarnya juga, meski persentasenya sedikit dengan jumlah yang salah.

 Mengelola banyak blog, membuat Blogger tidak produktif, Benarkah?. Gambar by Patrick Prasetyo 
Mengelola banyak blog, membuat Blogger tidak produktif, Benarkah?. Gambar by Patrick Prasetyo

Mengapa timbul anggapan demikian, beberapa pihak bisa saja ingin menjatuhkan lawan mainnya agar bisa mencapai apa yang diinginkan, misalnya mencapai rangking pertama di Google. Dengan begitu, mereka berlomba-lomba untuk bisa saling menjatuhkan melalui komentar miring mereka. Namun bila diambil dari segi positifnya, mereka memberikan perhatian bahwa manusia memiliki waktu yang terbatas, jangan sampai mencurahkan waktunya untuk mengurus seluruh blognya hingga meninggalkan aktivitas rutin, sehingga kesannya menjalani hidup seperti biasa saja, jangan terlalu ekstrem.

Memiliki banyak Blog, terkesan Serakah. Ini juga cukup banyak yang menyebut, karena banyaknya blog dengan beragam niche memang membuat banyak topik disedot pada masing-masing alamat blog dengan satu pemilik. Tentu tak ada masalah selama bisa menguasai dan tidak melanggar ketentuan dalam kontennya, misalnya salin-tempel (Copy paste). Karena bisa saja mereka memang terdiri dari beberapa kelompok tertentu dan menangani sesuai bidang kemampuannya. Bukankah ini memiliki banyak keuntungan, yakni hadirnya konten-konten berkualitas dan tentunya bisa menjadi bahan referensi untuk blogger lain yang mungkin ingin menulis dengan kategori yang sama.

Apa keuntungannya memiliki banyak Blogger ?Kiranya sebagai cadangan, khususnya dibidang penghasilan. Bila anda menjadikan Blog Anda sebagai sumber penghasilan, itu artinya Anda harus memiliki cadangan. Karena Google Adsense siap memblokir Anda sewaktu-waktu. Bila Anda tidak memiliki Cadangan, bagaimana kelanjutan penghasilan Anda? Hal ini juga sempat diungkapkan oleh Blogger yang tak asing namanya, Eka Lesmana. Kak Eka pernah mengutarakan bahwa dalam blog, kita harus memiliki sarang pada banyak pohon, sehingga bila ada sarang yang jatuh, kita bisa tetap menjaga telur pada sarang lainnya. Kurang lebih begitulah ungkapan yang tepat sebagai gambaran penghasilan di Blog. Namun, direkomendasikan hanya memiliki 3 blog pada masing-maising akun Google (Bila menggunakan Blogspot).

Bila kita memang belum mampu untuk produktif mengelolanya kita bisa menyuruh orang-orang yang kita percayai untuk mengurusnya. Direkomendasikan yang bisa mengelola Blognya juga, dengan begitu blog tetap berjalan seperti biasa. Mulai dari mengalirnya traffick hingga penghasilan yang menjadi dampaknya. Anda bisa menuruh keluarga Anda atau memberikan pelatihan khusus pada orang-orang yang Anda perintahkan.

Mengurus Blog dalam jumlah banyak kelihatannya memang merepotkan, namun bila keseluruhan atau sebagian besar dapat dikelola dengan baik, tentu akan banyak sekali pudi-pundi dollar yang mengalir ke rekening Anda. Mengelola banyak Blog lebih direkomendasikan pada blogger yang memahami betul pengoptimalan sebuah Blog. Mulai dari Pemilihan Niche hingga bagaimana menarik pengunjung yang melimpah. Semuanya memang terlihat banyak, namun bila mengingat hasilnya yang menumpuk membuat beberapa blogger tak menganggap waktunya cukup sia-sia.

Jadi kesimpulannya, mengelola banyak Blog boleh-boleh saja asalkan tetap produktif pada masing-masing Blognya. Tidak hanya sekali posting dan menghilang begitu saja, tapi tetap memperhatikan perkembangan Blognya. Misalnya dengan membuat Jadwal tentang hari-hari apa sajakah harus mengupdate setiap artikelnya dan tentu menjawab komentar pengunjung maupun kotak chat mereka. Mengelola banyak Blog dengan Niche yang sama maupun berbeda lebih dikhususkan pada Blogger yang professional.

Bila tidak bisa mengelola, alangkah baiknya bila konsentrasi hanya kepada dua Blog saja. Setidaknya ada cadangan yang bisa diandalkan bila terjadi masalah pada satu web yang kiita kelola. Baiklah, Selamat ngeblog.

Penulis      :  Patrick Prasetyo 
Dari          :  Surabaya 
Google+    :  +patrick prasetyo Prasetyo 
Website    :  patrick-prasetyo.blogspot.com

"Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik. Kirimkan tulisan anda ke e-mail (blogmangyono@gmail.com)." 
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar