Mangga Manalagi

Sampurasun ... Rampes.

MANGYONO.COM - Mangga yang satu ini Mangga manalagi adalah salah satu varietas mangga dari jenis Mangifera indica, keluarga Anacardiaceae (mangga-manggaan).

Rasanya sayang kalau memiliki pekarangan namun dibiarkan begitu saja. Rumah terasa gersang dan tidak nyaman. Makanya saya juga menanam mangga mana lagi dan pohon – pohon buah lainnya disekitar rumah, yang terpenting menanamnya dipekarangan sendiri hehehe. Sebelumnya saya pernah menulis juga tentang buah mangga manalagi di tulisan saya tentang Asik Mangga Golek dan Mangga Manalagi Mang Berbuah

Mangga Manalagi di kebun belakang rumah saya sedang berbuah 
Mangga Manalagi di kebun belakang rumah saya sedang berbuah, meskipun gak banyak... Tapi lumayan deh daripada gak sama sekali hehehe

Sampai saat ini pohon mangga manalagi punya saya ketinggian pohonnya sekitar 3 meter. Meskipun tahun ini buahnya gak lebat, tapi lumayan deh ada buahnya hehehe.

Buah ini saat masih muda memiliki kulit hijau muda sedangkan pada saat matang, kulit tersebit hijau tua kelabu karena dilapisi lilin sehingga terlihat kelabu. Kalau sudah matang buah mangga manalagi pangkal buah berwarna kuning, sedangkan ujungnya masih tetap hijau. Kulit buah tebal, berbintik-bintik keputihan, cokelat di tengahnya.

Anak – anak sayah tidak suka jenis mangga ini, katanya gak berasa makan mangga... Tapi bapaknya anak – anak suka mangga yang satu ini ... hehehe. Daging buah manalagi tebal, seratnya amat halus sehingga dapat dikatakan hampir tidak berserat. Warna daging buah kuning dan kandungan airnya sedikit. Rasanya yang manis dan aromanya yang harum, membuah buah mangga manalagi ini terasa lezat dan segar. Bahkan buah yang belum matang pun (tetapi sudah tua) banyak diminati termasuk saya ... heheh. Rasanya enak dan manis.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar