logo blog
Selamat Datang Di Blog Mang Yono
Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,
Blog Mang Yono adalah Blog Pribadi yang menulis tentang Cerita dan pengalaman Mang Yono serta Artikel dan Budaya.
Semoga apa yang saya tulis di Blog ini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Asik Mangga Golek dan Mangga Manalagi Mang Berbuah

Sampurasun.... Rampes... 

Ngomong – ngomong soal mangga, sekarang kan musimnya mangga berbuah, kok tau mang?. Ya tau dong, kan sayah punya pohon mangga di belakang rumah, Asik Mangga Golek dan Mangga Manalagi Mang Berbuah.

Meskipun cuma satu dua pohon, di sebut satu dua pohon karena 1 pohon terdri 2 jenis mangga, yaitu pohonnya  mangga si mana lagi termasuk satu cabang dan cabang lainnya ada jenis mangga goleknya dengan memakai tehnik stek tunas satu mata, hebat khan mamang... hehehe.

Asik Mangga Golek dan Mangga Manalagi Mang Berbuah
Mangga Manalagi


Awalnya mangga golek sayah ambil dari pohon mangga golek yang agak jauh dari rumah sayah, tapi masih punya sayah pohonnya.

Ciri – ciri mangga golek dan mangga manalagi kalau gak salah seperti ini:

(!). Mangga Golek. 

Jenis mangga yang satu ini mudah dikenali karena bentuknya yang khas. Ia tidak bulat buah seperti mangga lainnya. Si golek ini justru terlihat sedikit lain dari pada yang lain.

Buah mangga golek bentuknya panjang, ujungnya meruncing.
Mangga Golek mamang
Warna buah muda hijau, sedangkan yang tua berwarna kuning pada pangkalnya dan kehijauan pada ujungnya. Kulit tidak begitu tebal, halus dan terdapat bintik -bintik kelenjar yang berwarna putih kehijauan dan berubah menjadi cokelat setelah buah tua, seperti terlihat pada poto di bawah ini, anak sayah paling suka makan mangga ini. 


Daging buah tebal, berwarna kuning tua, lunak, tak berserat, dan jika diiris tidak banyak mengeluarkan air. Rasanya sangat manis dan aromanya harum tajam. 

Panjang buahnya kira – kira 15 cm, dan kebetulan pada musim mangga sekarang ini berbuah lebat dan tengkulak berani membeli 1 juta mangga golek mamang yang terlihat gambar di atas dengan sistim borong di pohon.

(!!). Mangga Manalagi

Mangga Manalagi Mamang
Mangga yang satu ini memiliki rasa yang serupa dengan perpaduan mangga golek dan mangga arumanis. 

Ketinggian pohon mangga manalagi punya sayah sekitar 2,5 meter. Buah ini saat masih muda memiliki kulit hijau muda sedangkan pada saat matang, kulit tersebit hijau tua dan dilapisi lilin sehingga terlihat kelabu. 
Jenis mangga manalagi mempunyai bintik-bintik putih pada  kulit buahnya, anak sayah tidak suka jenis mangga ini, katanya gak berasa makan mangga... hehehe.
Mangga Manalagi masih muda

(!!!). Mangga Mertua

Nah kalau yang ini mamang gak tau namanya mangga apa coba?, sayah biasa menyebut dengan mangga mertua, karena pohon mangga ini punya mertua sayah... hehehe.
Mangga Mertua / Mangga Colong

Tapi kalau melihat seperti di photo ini adalah mangga colong, karena ada anak yang mau nyolong mangga hehehe.. 

Pohonnya kira - kira 1 meter, orang – orang biasa menyebutnya dengan Mangga Fa Lan ini mangga indi berasal dari negeri seberang, memiliki rasa manis renyah. Bentuknya panjang sedikit meruncing dan berwarna hijau.

Mangga Mertua atau mangga Colong ini menurut sayah adalah mangga paling enak, karena tidak menanam tidak memelihara tapi ikut makan mangga, enak kan?.... hehehe.

Terimakasih pada pembaca yang membaca Asik Mangga Golek dan Mangga Manalagi Mang Berbuah sampai habis atau baca judulnya doang...

Terima kasih atas kunjungan Anda di Blog Mang Yono,..... "Anda Berminat menulis di Blog Mang Yono?. Punya pengalaman unik, menarik, curahan hati. Kirimkan tulisan anda ke e-mail: blogmangyono@gmail.com atau Contact Us
Enter your email address to get update from Mang Yono.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

35 komentar

aku mau juga mangga mertua alias mangga colong :-)

Balas

gimana kalau kita barter mangga mana lagih nyah dengan ubi cilembu mang

Balas

Asyiik Makan Mangga lagi, baru kemarin makan mangga dari Mas Budi
Jangan repot-repot Mamang Yono? kalau mau ngasih mangga
Gak apalah Mangga Mertua juga hkhkhkhkkh.. nice artikelnya Mang?

Balas

Saya juga boleh lah di kasih mah. Makan mangga siapa takut? hhh
Mas Hari, buah mangga simana lagi namanya di ganti jadi mangga
Mertua oleh Mang Yono, pada protes gak nantinya tkg buah? hhh

Balas

pohon manggaku ada 3..ntah jenis apa aja aku ga tau..
dulu ditanam karena rumah baru dibangun dan biar ga gersang maka ditanamlah pohon mangga tersebut...
waktu berbuah semua tetangga kebagian, sebelumnya sering ada yang menawar untuk membeli pohon mangga yang berbuah, tapi daripd dijual kan lebih enak dikasih ke tetangga..
dan semua rasa ketiga pohon mangga di rumahku manissssss....kayak yang punya....hahahaha..

Balas

jangan lupa jatah preman yak...!

Balas

wah bisa kali mangga nya dikirim ke saya. ^^

Balas

mau jga manganya mang

Balas

Mangga colong sajah he... iklas ko.
(Mangga Hasil Nyolong)

Balas

lihat gambarnya saja gigiku mulai merasa segernya
apalagi setelah mencium aroma mangga

sayang aku ga punya pohon mangga
jadi kalau pengen harus ke pemiliknya

hehehe

Balas

serasa di surga ya mang, buahnya bisa langsung dipetik tanpa harus cape naik pohon

saya paling suk amangga harum masis mang, sudah harum ya manis lagi....

Balas

daitunggu mang buah goleknya di wera :D

Balas

Wah mba Ay Sagira jadi preman
Wow super sekali

Balas

Mangga golek emang terkenal mang, selain ciri-cirinya yang khas mangga golek juga terkenal dengan buahnya yang besar trus rasanya juga pulen kalo kata orang Banten mah hehee :D

Balas

saya mau mamangnya aja dah

Balas

mantap mang, cing babetkeun kasaya hiji sakilo mah, hehhehhe

Balas

saya coba praktekkan stek tunas satu matanya deh,
nggak kayak bajak laut kan?

Balas

ane baru tau ada mangga mertua :D

Balas

mangga mertua memang enak... hehehe

Balas

barter sama ubi boleh kang, jadat premannya pakai mangga mertua eheheh

Balas

mangga mertua mangga yang paling enak kang... barter aja deh hehehe

Balas

wah mantab juga deh dikasih tetangga, sayah mau kasih tetangga, eh tetangganya pada punya pohon mangga... ya sudah dijual sajah, kalau dimakan sendiri kan gak habis tuh satu pohon juga.

kalau mangga dirumah sayah kecut... makanya padak gak mau, kalau bilang manis nanti diserbu orang sekampung heheheeh

Balas

ditunggu yah... hehehe

Balas

mangganya gak geratis, kalau sayahnya geratis, asal dikasih makan hehe

Balas

kalau mangga colong pasti kecut, ini mangga manis heheeh

Balas

kalau begitu kesini aja mbak anisnya, silahkan geratis 2 kilo kalau beli 10 kilo heheheh

Balas

iya kang anak kecil juga bisa metik buahnya, makanya harus di pasang setrum ... ehhehe.

mangga harum manis memang mangga yang sering dicari....

Balas

nanti diserbu sama pasukan 312, mangganya gimana kang?, hehehe

Balas

iya kang mangga golek memang besar panjang dan mudah dikenali... hehehe

Balas

hahah moal kaliwat kitu ngalungkeuna kang... hehehe

Balas

silahkan mas... hahaha bajak laut pakai satu mata juga yah heheeh

Balas

hehehe mungkin ini mangga varietas baru, jadi belum banyak dikenal hehehe

Balas

Mao panen y Mas Yono
hehhee

Balas

sekarang dah habis mangganya mas... ehheeh

Balas

saya teh masih rada hese ngebedakeun mangga manalagi sareng mangga arumanis, kumaha ngabedakeuna sih kang/

Balas

Silahkan berkomentar... Nanti akan saya kunjungi balik

Copyright © 2013. Blog Mang Yono - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger