Emping dan Keceprek Makanan Khas Pandeglang, Banten

Sampurasun ,.. Rampes 

MANGYONO.com - Emping dan Keceprek Makanan Khas Pandeglang, Banten. Kalau berkunjung ke Banten saya teringat pada beberapa makanan yang menurut saya cuma ada di Banten ... tapi mungkin aja ada di daerah lain pun, tapi gak setenar yang dari Banten. Salah satunya makanan yang terbuat dari tangkil / melinjo, saya ambil disini yaitu Emping dan Kaceprek.

Di Pandeglang, Pohon melinjo kaya pohon sakral, selain katanya sering ditempatin kuntilanak ... Ih sereeeem min. Semua bagiannya bisa di olah buat dimakan. Emping ini terbuat dari buah melinjo, yang di tumbuk nyampe gepeng. Beuh .... Kalau sudah makanan pasti deudeuieun / ketagihan, sampai – sampai nasinya lupa gak dimakan gegara asik ngemilin emping atau keceprek

Emping dan Keceprek Makanan Khas Pandeglang, Banten. Ini empingnya masih mentah loh, belum di goreng.
 Emping dan Keceprek Makanan Khas Pandeglang, Banten. Ini empingnya masih mentah loh, belum di goreng.

Baca juga :
Suku Baduy Propinsi Banten
Blusukan ke Malingping, Kab. Lebak, Banten Selatan 
Pantai Bagedur dan Binuangeun Malingping Banten

Nah, bagi yang belum tau perbedaan Emping dengan Keceprek yaitu, kalau emping bentuknya gepeng dan lebar, sedangkan keceprek bentuknya lebih kecil dan agak gemuk alias agak tebel,. Bahannya sama, dari buah melinjo yang di tumbuk  atau digepengk Kecamatan Menes merupakan daerah penghasil emping dan keceprek melinjo di Kab. Pandeglang, Banten. Di kecamatan Menes terdapat puluhan usaha skala rumah tangga yang memproduksi emping melinjo. Banyak tanaman melinjo yang terpelihara dengan baik di pekarangan rumah hingga pematang sawah.

Pembuatan Emping atau keceprek melinjo diawali dengan menyangrai melinjo, kemudian dikupas dan ditipiskan dengan sejenis palu dari batu.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar