Skip to main content

Menanam Sereh / Serai di kebun

Sampurasun ... Rampes

MANGYONO.com – Sereh ( Bahasa sunda ) atau Serai adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang sering dimanfaatkan untuk bumbu dapur untuk mengharumkan makanan, kalau saya biasanya untuk memasak tutut ... Hehe. Minyak serai banyak dijual dipasaran atau toko obat, apotek yaitu minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir dari gigitan nyamuk atau serangga lainnya.

Sesuai yang saya ketahui ada 2 jenis sereh, yaitu sereh dapur (lemongrass) dan sereh wangi (sitronella). Keduanya memiliki aroma yang berbeda. Minyak sereh yang selama ini dikenal di Indonesia merupakan minyak sereh wangi (citronella oil) yang biasanya terdapat dalam komposisi minyak tawon dan minyak gandapura.

Menanam Sereh / Serai di kebun
Menanam Sereh / Serai di kebun. Foto jepretan admin di kebun

Sereh dapur juga ada 2 varitas, yaitu sereh flexuosus(Cymbopogon Flexuosus) dan sereh citratus (Cymbopogon Citratus).

Tanaman sereh memiliki akar yang besar. Akarnya merupakan jenis akar serabut yang berimpang pendek dan pohon sereh merumpun. Batang tanaman sereh bergerombol dan berumbi, serta lunak dan berongga. Isi batangnya merupakan pelepah umbi untuk pucuk dan berwarna putih kekuningan. Tanaman sereh memiliki batang yang berwarna putih. Namun ada juga yang berwarna putih keunguan atau kemerahan. Selain itu, batang tanaman sereh juga bersifat kaku dan mudah patah. Batang tanaman ini tumbuh tegak lurus di atas tanah.

Daun tanaman sereh berwarna hijau dan tidak bertangkai. Daunnya kesat, panjang, dan runcing, hampir menyerupai daun alang - alang. 

Nah, biar jelas bisa dilihat pada poto – poto ini. Tanaman sereh saya tanam di kebun yang jauh kerumah, dulu sih pernah nanam di belakang rumah...Tapi, banyak orang tua yang bilang ...

“Mang, tong melak sereh di buruan imah ... Ke, bakal boga anak loba siah ... “

Kalau di terjemaahkan mungkin seperti ini  ... 

“ Mang, jangan menanam serai di pekarangan rumah ... Nanti akan punya banyak anak loh” 

Rumpun tanaman sereh / serai di kebun admin
 Rumpun tanaman sereh / serai di kebun admin

Mitos ... Tapi daripada setiap orang pada bilang begitu, ah saya tanam di kebun saja, kalau perlu tinggal ngambil kekebun yang jarak dari rumah cukup jauh juga sekitar 1 Km... Lumayan khan kalau jalan kaki ... hehe

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar