Skip to main content

Seri 77 - Dongeng Wa kepoh - Si Rawing Kiwari

Sampurasun ...

MANGYONO.com – Ahmad Sutisna alias Wa Kepoh Tokoh pendongeng Sunda legendaris, tutup usia Pada hari Sabtu (28/12/2013). Penyiar yang terkenal dengan cerita radio 'Si Rawing' ini meninggal dunia pada usia 65 tahun.

Wa Kepoh Meninggal dunia di rumahnya di Kompleks Permata Indah Arcamanik Blok D No 9. Wa Kepoh meninggal dunia karena sakit yang dideritanya. Bagi masyarakat Jawa Barat generasi tahun 80-an, nama Wa Kepoh bukalah nama yang asing. Saat itu, hampir disemua  radio di daerah Jawa Barat menyiarkan dongeng Wa Kepoh dengan jam yang berbeda dan judul yang sama .




Seri 77 - Dongeng Wa kepoh - Si Rawing Kiwari
 Seri 77 - Dongeng Wa kepoh - Si Rawing Kiwari 


Wa Kepoh pandai membuat berbagai karakter suara untuk menciptakan sebuah cerita hingga begitu menarik. Karakter kakek-kakek, nenek-nenek, bapak-bapak, ibu-ibu, pemuda, remaja hingga anak kecil bisa ia tirukan seolah terdapat banyak tokoh di dalam mulutnya.

Untuk mengenang Wa Kepoh sang pendongeng Sunda legendaris, saya akan posting tentang dongeng Sirawing Kiwari Bagian Ke 77.

Dalam cerita dongeng Bagian ke 77 ini di ceritakan :

Si Rawing dan Banteng Wulung berhasil mencegah Untari yang bermaksud bunuh diri menceburkan ke Laut pantai Selatan yang kabur dari rumah karena tau orang tuanya di santet oleh kakak kandungnya yang ingin menguasai harta orang tuanya.

Untari bermaksud mencari obat untuk menyembuhkan orang tuanya yang sedang sakit, tapi sampai saat itu pun belum nemu obatnya akhirnya putus asa untuk bunuh diri dapi untungnya ada si Rawing dan Banteng Wulung.
Akhirnya Untari meminta si Rawing dan Banteng Wulung untuk ikut kerumahnya, pikirnya Untari siapa tau bisa mengobati orang tuanya. 


Sesampainya di Rumah orang tua Untari si Rawing dan Banteng Wulung di hadang anak buah kakaknya Untari, yaitu anak buahnya Subala. Tapi Sirawing tidak bermaksud untuk bertarung dengannya tapi menyerahkan kedua anak buahnya Subala ke Banteng Wulung.
 

Nah, biar gak penasaran silahkan lihat vidio DISINI atau dibawah ini ....

Lihat juga : 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar